Manfaat Seledri Untuk Kesehatan

manfaat seledri untuk kesehatan

manfaat seledri untuk kesehatan

Seledri atau terkadang disebut daun sop memiliki nama ilmiah Apium graveolens. Seledri sering digunakan sebagai bumbu tambahan dalam masakan hampir di seluruh dunia.

Selederi sudah dikenal sejak lama dan tidak diketahui secara pasti dimana tumbuhan ini berasal. Di Indonesia, seledri dibawa oleh orang Belanda di jaman penjajahan. Dan sejak jaman itu, selederi sering dimanfaatkan sebagai bahan tambahan untuk membuat sup.

Maka dari itu, banyak orang Indonesia menyebut daun seledri dengan nama daun sup. Selain untuk sup, seledri juga sering dipakai untuk bahan tambahan salad, bahan campuran dalam makanan maupun digoreng.

Disamping untuk kegiatan memasak, ternyata daun selederi juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Tidak banyak yang tahu, bila seledri juga bisa digunakan untuk mendetoks racun dalam tubuh kita.

Seledri mengandung banyak nutrisi yang baik sekali untuk kesehatan kita. Salah satu cara yang baik untuk proses detoks, kita bisa mengkonsumsi jus seledri. Dalam beberapa penelitian, daun seledri dapat menjaga kesehatan organ ginjal.

Seperti yang kita ketahui bersama, organ ginjal merupakan organ yang penting yang berfungsi untuk menyaring darah sehingga tubuh kita terbebas dari racun-racun yang dihasilkan oleh tubuh kita. Selain itu fungsi lain dari ginjal adalah mengatur volume darah, mendaur ulang air, mineral glukosa serta nutrisi yang masuk ke dalam nefron dan mengembalikannya ke sirkulasi darah.

tanaman seledri

tanaman seledri

Daun seledri kaya akan vitamin A, sedangkan batang seledri kaya akan kandungan vitamin B1, B2, B6, serta vitamin C dengan berbagai mineral yang baik, seperti potassium, folat, kalsium, magnesium, fosfor, besi, natrium serta berbagai asam amino esensial yang penting bagi tubuh kita.

Berbagai nutrisi tersebut akan bekerja secara optimal ketika seledri kita buat menjadi jus. Natrium atau garam alami yang terkandung dalam seledri cukup aman untuk dikonsumsi serta penting sekali bagi kesehatan tubuh kita. Orang-orang yang mengidap gangguan kestabilan darah seperti hipertensi akan tetap aman ketika mengkonsumsi natrium atau garam yang terdapat dalam seledri.

Jus seledri memiliki banyak sekali manfaat yang baik untuk kesehatan. Jus seledri akan semakin baik bila anda tambah dengan berbagai sayuran yang lain seperti wortel. Di bawah ini adalah beberapa manfaat dari jus

  • Untuk meringankan sembelit

Jus seledri akan membantu meringankan sembelit karena seledri memiliki efek pencahar yang alami. Selain itu jus seledri akan membantu mengendurkan urat serta saraf pencernaan yang bekerja terlalu keras.

  • Menormalkan suhu tubuh

Anda bisa mengkonsumsi segelas jus seledri untuk menormalkan suhu tubuh anda. Selain itu juga dapat mengontrol nafsu makan anda.

  • Menggantikan elektrolit
jus seledri

jus seledri

Jus seledri dapat menggantikan elektrolit yang hilang dalam tubuh kita. Maka, jus seledri baik sekali untuk diminum setelah berolahraga untuk menggantikan eletrolit yang hilang. Seledri mengandung potassium serta sodium yang dapat menggantikan elektrolit yang hilang dalam tubuh. Ketika kita berolahraga, tubuh kita akan kehilangan banyak cairan melalui keringat. Maka dari itu, minum segelas jus seledri setelah berolahraga akan mengembalikan cairan dalam tubuh. Selain itu mineral yang terdapat dalam jus seledri akan membantu menambah energy yang hilang setelah berolahraga.

  • Mencegah kanker

Seledri mengandung zat antikanker di dalamnya. Dengan mengkonsumsi jus seledri akan mencegah terjadinya berbagai kanker seperti kanker tenggorokan, kanker lidah, kanker liver, kanker usus bahkan kanker kulit. Seledri juga mengandung berbagai zat yang dapat mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas. Aktivitas sel darah putih akan semakin meningkat dengan cara minum jus seledri, sehingga tubuh anda semakin kebal dari penyakit.

  • Mencegah pertumbuhan tumor

Seledri mengandung acetylenic serta phenolic yang diketahui mampu mencegah pertumbuhan sel0sel tumor dalam tubuh kita. Dua zat ini akan menekan prostaglandin yang dapat memicu pertumbuhan sel tumor.

  • Menurunkan tekanan darah

Seledri mengandung senyawa phtalide yang dapat membantu menenangkan otot di sekitar pembuluh darah. Dengan begitu, mengkonsumsi jus seledri dapat menurunkan tekanan darah. Minum jus seledri secara rutin akan menurunkan tekanan darah serta mengontrol tekanan darah.

  • Menurunkan kolesterol

Mengkonsumsi jus seledri akan menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL dalam darah. Hal ini dikarenakan oleh adanya senyawa yang dapat meningkatkan jumlah sekresi cairan empedu dalam tubuh kita yang berperan dalam menurunkan kadar LDL.

  • Mengurangi nyeri sendi

seledri thumbnailNyeri sendi seperti artritis maupun rematik akan berkurang dengan cara mengkonsumsi jus seledri. Mengkonsumsi jus seledri setiap hari akan membantu meredakan rasa sakit maupun nyeri pada sendi yang anda rasakan. Selain itu, jus seledri juga dapat mengurangi peradangan otot.

  • Meningkatkan gairah

Seledri juga dikenal sebagai jenis makanan aprodisiak yang memiliki fungsi untuk meningkatkan gairah. Jus seledri juga dapat meningkatkan energy serta membuat anda lebih bergairah.

  • Mengurangi insomnia

Bagi anda yang memiliki masalah tidur seperti insomnia, anda bisa mengkonsumsi jus seledri untuk mengurangi masalah insomnia yang anda alami. Dengan mengkonsumsi jus seledri secara rutin, maka masalah insomnia yang anda alami perlahan-lahan akan hilang.