Manfaat Silika Gel

Bila anda sering membeli produk sepatu, tas ataupun barang-barang yang dikemas di dalam kardus maka anda pasti sering melihat adanya bungkusan kecil yang terlihat seperti teh celup… ya itulah yang dinamakan dengan silika gel.

Pihak produsen produk tidak sembarangan menyisipkan benda ini ke dalam kemasan produk mereka karena benda ini memang penting untuk memberikan perawatan terhadap produk benda yang anda beli.

Manfaat Silika Gel

Sebagian orang mungkin akan menyepelekan keberadaan silika gel bahkan tidak jarang begitu membuka kemasan produk maka mereka akan langsung membuang silika gel ke dalam tempat sampah.

Silika gel ini biasa dijual di pasaran dengan harga sekitar Rp 200,- untuk setiap bungkus kecil atau sekitar Rp 30.000,- untuk kemasan silika gel yang berisi 1 kg.

Berikut ini adalah manfaat silika gel diantaranya :

1.Supaya biji-bijian atau bibit tanaman tidak berkecambah

Tingginya kandungan air atau kelembaban yang tinggi pada daerah sekitar biji bisa memicu tumbuhnya calon batang atau kecambah.

Dengan menyelipkan silika gel pada biji tanaman anda maka anda bisa membuat biji-bijian tersebut tidak bisa mengeluarkan kecambah.

Fungsi dari silika gel adalah untuk menyerap air di sekitarnya sehingga lingkungan sekitarnya menjadi tidak terlalu lembab.

 

2.Silika gel mencegah karat pada peralatan pertukangan

Jika anda memiliki banyak perabotan atau peralatan pertukangan yang terbuat dari besi dan bisa berkarat seperti obeng, gergaji, bor, tang dan sebagainya maka tambahkan silika gel pada peralatan tersebut maka anda sudah tidak perlu merasa khawatir lagi jika perabotan tersebut akan menjadi berkarat di masa mendatang.

Silika gel bisa mencegah terjadinya proses oksidasi, mengurangi kelembaban dan menyerap air di sekitarnya sehingga alat-alat pertukangan tersebut terhindar dari proses berkarat dan tidak mudah rusak.

 

3.Mencegah tumbuhnya jamur pada koleksi buku kesayangan jamur pada buku

Anda bisa menyelipkan beberapa bungkus silika gel pada koleksi buku kesayangan anda untuk mencegah munculnya jamur pada lembaran kertas buku anda.

Meskipun buku anda termasuk buku-buku lama namun dengan adanya bungkusan silika gel di dalamnya maka buku-buku kesayangan anda akan tetap awet, tidak mudah rusak dan aroma buku tidak lagi menyengat selama bertahun-tahun lamanya.

Atau bisa juga dengan menaruh bungkusan silika gel di dalam lemari yang berisi buku atau rak buku.

 

4.Silika gel untuk mengeringkan bunga

Anda bisa menggunakan silka gel untuk mengeringkan dan mengawetkan bunga sehingga bunga pemberian dari orang tercinta tidak akan mudah layu dan bisa bertahan lama.

Caranya cukup mudah yakni siapkan wadah besar kemudian masukkan silika gel ke dalamnya kemudian masukkan bunga dan usap secara merata dengan menggunakan silika gel hingga masuk ke dalam sela-sela permukaan bunga.

Yang harus anda perhatikan adalah anda harus melakukannya dengan perlahan dan gunakan silika gel yang halus.

Kemudian tutup wadah tersebut dengan rapat kemudian simpan di tempat yang sejuk selama sekitar 4 hari lamanya.

Setelah melewati 4 hari anda bisa menata bunga kering tersebut di vas kemudian taruh di dalam ruangan rumah atau bisa juga dijadikan hiasan ruang tamu.

 

5. Mencegah munculnya bercak jamur pada handuk

Handuk anda sering terlihat adanya jamur pada saat disimpan di dalam lemari ?

Atau tiba-tiba handuk anda timbul bau yang tidak sedap padahal baru saja dicuci ?

Jika jawabannya ya itu artinya lemari tempat penyimpanan handuk anda termasuk lembab sehingga jamur mudah tumbuh disana.

Untuk mengatasi hal tersebut anda bisa menggunakan silika gel caranya yaitu siapkan 2 bungkus silikia gel lalu taruh di dalam lemari tempat penyimpanan handuk.

Bilamana anda melihat bahwa silikia gel di dalam lemari sudah terlihat berubah warna maka anda bisa segera menggantinya dengan bungkusan silikia gel yang baru, dengan demikian handuk anda akan senantiasa selalu terasa nyaman ketika dipakai dan tidak ada bercak jamur lagi.

 

6. Untuk menjaga cita rasa kelezatan makanan anjing atau kucing

Two Pitbull puppies eating out of one dish --- Image by © Tetra Images/Tetra Images/Corbis

Two Pitbull puppies eating out of one dish — Image by © Tetra Images/Tetra Images/Corbis

Jika anda memiliki hewan peliharaan kucing atau anjing di rumah maka anda bisa memberikan kasih sayang terbaik dengan memberikan makanan yang lezat.

Makanan anjing atau kucing ada kalanya bisa mudah busuk karena lingkungan sekitarnya lembab, maka dari itu anda bisa mengatasinya dengan menambahkan beberapa bungkus silika gel pada tempat penyimpanan makanan anjing atau kucing.

Supaya bungkusan silika gel tidak termakan oleh hewan kesayangan anda maka bungkus silika gel dengan kertas yang berukuran agak besar.

Silika gel bisa membuat makanan hewan menjadi tetap renyah, tidak mudah busuk namun cita rasa kelezatan tetap terjaga dengan baik.

 

7. Menghilangkan bau tidak sedap pada sepatu bau sepatu tidak sedap

Jika anda sering berolahraga dan menggunakan sepatu olahraga maka mungkin anda sering merasa kesal karena bau yang tidak sedap yang berasal dari sepatu olahraga anda.

Karena peralatan olahraga biasanya tidak langsung dicuci setelah baru saja digunakan maka biasanya akan mudah muncul jamur dan aroma yang tidak sedap.

Masukkan beberapa bungkus silika gel ke dalam peralatan olahraga anda untuk menyerap air bekas keringat sehingga hal ini akan mencegah munculnya aroma yang tidak sedap.

 

8.Untuk menjaga kondisi album foto kenangan

Dengan menggunakan beberapa bungkus silika gel maka album foto kenangan anda akan tetap terjaga dengan baik.

Pastinya anda akan merasa kecewa setelah melihat bahwa foto kenangan anda menjadi rusak karena faktor kelembaban lingkungan.

Untuk mencegah terjadinya hal ini maka anda bisa mengandalkan silika gel yaitu dengan menyisipkan beberapa bungkus silika gel kecil ke dalam album foto.

Beberapa bungkus silika gel tersebut bisa menyerap air sehingga bisa mencegah terjadinya kerusakan pada foto, dengan demikian anda masih bisa menikmati kenangan album foto kesayangan tersebut bersama dengan keluarga di masa mendatang.

 

9.Silika gel untuk menjaga kondisi peralatan make up

Anda bisa menggunakan beberapa bungkus silika gel untuk menjaga kondisi peralatan make up dari resiko munculnya jamur dan aroma yang tidak sedap.

Caranya cukup mudah yakni masukkan beberapa bungkus silika gel ke dalam tas berisi peralatan make up, sehingga peralatan make up bisa selalu diandalkan untuk menunjang penampilan anda.

Maka dari itu jangan pernah sepelekan manfaat dari silika gel walaupun harganya setara dengan permen.

Produk silika gel biasanya ditawarkan melalui toko online sehingga anda tidak perlu repot-repot mencarinya jika anda sedang membutuhkannya.