Manfaat Yoghurt Untuk Kesehatan Tubuh Kita

yoghurt buah

yoghurt buah

Yoghurt merupakan hasil dari olahan yang berasal dari susu, baik itu susu kambing, sapi, kerbau maupun dari susu kedelai, yang telah melewati proses fermentasi dengan bantuan bakteri. Biasanya, yoghurt lebih banyak menggunakan bahan baku susu sapi daripada menggunakan bahan baku dari susu kedelai.

Fermentasi sendiri merupakan suatu proses untuk mengubah energi suatu zat menjadi bentuk yang lain. Dalam proses fermentasai biasanya dibutuhkan zat-zat tertentu serta tidak melibatkan oksigen atau anaeorob.

Zat-zat tertentu yang dibutuhkan dalam proses fermentasi susu agar menjadi yoghurt, adalah dengan menggunakan bakteri serta fungi.

Dalam pembuatan yoghurt dibutuhkan bakteri untuk merubah susu yang dalam bentuk cair menjadi bentuk padat dan memiliki aroma yang sangat khas.

Susu yang pada mulanya berbentuk cair akan berubah menjadi padat seperti jeli. Bakteri yang lazim digunakan dalam proses fermentasi susu menjadi yoghurt adalah Lactobacillus delbrueckii subsp. Bulgaricus dan Streptococcus Salivarius subsp.

Dengan teksturnya  yang lembut serta rasa perpaduan rasa manis dan asam, membuat yoghurt menjadi salah satu jenis makanan yang nikmat serta bergizi yang sangat disukai oleh segala kalangan baik tua maupun muda.

Yoghurt terbagi dalam tiga jenis sesuai dengan teksturnya, yaitu:

  • Set yoghurt, yaitu yoghurt yang kental sekali
  • Stir yoghurt, yaitu yoghurt yang tidak begitu kental
  • Drink yoghurt, yaitu yoghurt cair yang bisa diminum secara langsung

Kualitas dari sebuah yoghut ditentukan oleh asa-asam organik yang terkandung didalamnya. Asam organik ini dipengaruhi oleh banyaknya mikroorganisme yang digunakan dalam proses fermentasi yoghurt itu sendiri. Jadi, semakin banyak mikroorganisme yang terdapat didalam sebuah yoghurt, maka kualitas yoghut tersebut akan semakin bagus.

yogurtBila masih ada mikroorganisme yang hidup dalam produk terakhir tersebut, maka itulah yang diberinama yoghurt. Bila sudah tidak ditemukan lagi adanya mikroorganisme yang masih hidup di dalamnya, maka produk tersebut diberinama susu pasteurisasi.

Yoghurt memiliki banyak sekali kandungan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Nutrisi penting seperti protein, kalsium, karbohidrat serta potasium dan tanpa adanya kandungan lemak, membuat yoghurt merupakan jenis makanan yang sangat aman bagi siapa saja.

Yoghurt juga merupakan makanan olahan yang baik bagi orang-orang yang alergi terhadap susu. Bahkan, yoghurt memiliki kadar gula yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan  susu, sehingga aman serta sangat bermanfaat nagi kesehatan karena mudah sekali diserap oleh tubuh kita.

Yoghurt juga baik sekali bagi ibu-ibu yang sedang dalam masa kehamilan, khusus yoghurt jenis plain yoghurt. Plain yoghurt merupakan yoghurt tawar yang sama sekali tidak diberi tambahan gula maupun zat pewarna.

Ada banyak sekali manfaat yoghurt untuk kesehatan tubuh kita, meliputi:

  • Antimikroba

Disamping menghasilkan asam laktat, yoghurt juga menghasilkan asam asetat serta hydrogen peroksida yang merupakan zat yang memiliki sifat sebagai antimikroba.. Selain itu juga menghasilkan beberapa jenis bakteri yang dapat membantu dalam proses pembuatan antibiotika alami dalam tubuh yang memiliki kemampuan dalam mencegah penyakit yang disebabkan oleh bakteri.

  • Mencegah munculnya vaginitis

Vaginitis merupakan penyakit kelamin yang terjadi pada wanita yang lebih disebabkan oleh adanya sejenis jamur yang bernama Candida Albicans. Vaginitis dapat menyebabkan rasa gatal serta rasa tidak nyaman pada bagian alat kelamin wanita. Yoghurt serta prebiotik yang dikonsumsi dapat mengendalikan pertumbuhan jamur Candida Albicans.

  • Mencegah osteoporosis

Asam laktat yang dihasilkan oleh yoghurt akan memproduksi metabolit yang berhubungan dengan penyerapan kalsium serta fosfor dalam tubuh. Selain itu, yoghurt juga akan membantu proses produksi dari vitamin K pada tubuh yang berperan penting dalam metabolisme tulang-tulang dalam tubuh kita. Dengan mengkonsumsimaka kita akan terhindar dari osteoporosis.

  • Membantu proses pencernaan

Yoghurt serta minuman fermentasi yang lain akan lebih mudah untuk dicerna jika dibandingkan dengan susu biasa yang tidak melewati proses fermentasi. Yoghurt juga dapat dijadikan pilihan bagi orang-orang yang menderita lactose intolerance atau ketidakmampuan dalam mencerna laktosa dalam tubuhnya.

  • Mencegah pertumbuhan kanker maupun tumor

Beberapa jenis bakteri Lactobasillus bulgaricus serta Lactobasillus achidophilus telah menunjukkan bahwa memiliki efek sebagai anti tumor. Selain itu, yoghurt juga memiliki kemampuan dalam mengurai nitrosamin yang merupakan zat yang dapat menyebabkan kanker. Bakteri-bakteri tersebut akan menghambat pertumbuhan sel-sel kanker. Yoghur juga mengandung asam folat serta seng yang dapat mencegah terjadinya kanker rahim maupun kanker prostat.

  • Sumber protein

Protein sangat penting sekali artinya dalam membentuk metabolisme tubuh, memperkuat otot serta dapat membuat anda merasa tetap kenyang dalam waktu yang lebih lama. Dengan mengkonsumsi yoghurt, maka anak-anak akan tetap sehat dan kuat.

  • Melancarkan sistem pencernaan

Yoghurt mengandung probiotik yang berfungsi untuk membantu kelancaran sistem pencernaan, sehingga perut tidak cepat menjadi buncit. Selain itu mengkonsumsi juga dapat membantu proses penyembuhan infeksi pada saluran pencernaan.

  • Mengurangi berat badan
plain yoghurt dengan buah

plain yoghurt dengan buah

Dengan mengkonsumsi yoghurt secara rutin akan dapat mempercepat proses pembakaran lemak serta makanan lebih cepat dicerna dan diserap oleh tubuh kita. Jadi perut akan selalu dalam keadaan langsing.

  • Meningkatkan mood

Bakteri-bakteri baik yang bersifat probiotik dalam tubuh kita akan ikut serta dalam menin gkatkan kadar serotonin yang merupakan hormon yang berfungsi untuk mengatur mood kita dalam sehari-hari. Dengan mengkonsumsi yoghurt setiap hari, maka anda akan terhindar dari depresi serta jauh dari stres.

Dengan begitu banyaknya manfaat yoghurt untuk kesehatan tubuh kita, maka tidak adalahnya bila kita rajin mengkonsumsi yoghurt setiap hari. Bagi anda yang suka dengan rasa asam, anda bisa mengkonsumsi yoghurt secara langsung seperti makan es krim biasa.

Selain itu anda bisa menambahkan stir yoghurt ke dalam jus buah dan langsung dinikmati setiap hari. Jus buah yang ditambah dengan yoghurt merupakan menu sarapan pagi yang baik sekali.