Masalah Kesehatan Yang Dapat Diatasi Dengan Olahraga

berolahraga

berolahraga

Olahraga mampu membuat tubuh kita tetap bugar. Olahraga memberikan banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh kita secara menyeluruh.

Melakukan olahraga secara rutin mampu mengatasi beberapa masalah kesehatan yang sering anda alami. Selain berolahraga anda juga harus tetap menjaga pola makan serta gaya hidup anda, agar tubuh anda selalu dalam keadaan sehat dan prima.

Ada begitu banyak masalah kesehatan yang bisa anda atasi hanya dengan berolahraga. Semakin rutin berolahraga maka semua masalah kesehatan tersebut akan berkurang dan akan memperbaiki kondisi anda.

Berbagai masalah kesehatan yang bisa diatasi dengan berolahraga, adalah:

  • Kecemasan

Bila anda sering merasa cemas, cobalah untuk melakukan olahraga kardio, seperti lari. Olahraga lari akan membuat jantung anda bekerja lebih cepat serta meningkatkan produksi hormone yang berfungsi untuk menenangkan tubuh anda. Lari selama 30 menit juga efektif untuk mencegah stress berlebihan. Bila anda melakukan olahraga lari secara rutin, anda pasti akan terhindar dari kecemasan, stress maupun depresi.

  • Mengantuk
tanda kurang tidur

tanda kurang tidur

Anda pastinya pernah merasa sangat mengantuk saat bekerja. Dan pastinya anda akan segera minum kopi untuk menghilangkan rasa kantuk. Hal itu percuma saja. Beberapa jam setelah minum kopi anda akan merasa kantuk yang lebih berat lagi. Saat anda mengantuk, cobalah untuk menggerakkan badan anda atau melakukan olahraga ringan. Berolahraga setiap hari mampu mengurangi rasa kantuk di siang sebanyak 65%.

  • Sakit punggung

Biasanya sakit punggung terjadi karena anda terlalu lama duduk. Sebenarnya anda tidak perlu minum obat macam-macam untuk mengurangi sakit punggung. Ganti obat-obat tersebut dengan berolahraga. Cobalah untuk melakukan olahraga beban maupun sit up untuk memperkuat otot tubuh anda. Semakin kuat otot dalam tubuh anda, maka anda akan terhindar dari sakit punggung.

  • System kekebalan tubuh yang lemah

Olahraga mampu memperbaiki system kekebalan tubuh yang lemah. Berolahraga secara rutin akan meningkatkan system kekebalan tubuh kita. Dengan semakin kuatnya system kekebalan tubuh, maka tubuh kita akan selalu dalam kondisi sehat dan tidak mudah terserang penyakit. Olahraga yang baik untuk meningkatkan system kekebalan tubuh, meliputi bersepeda, lari, latihan beban, berenang maupun aerobic.

  • Mengurangi gejala menopause

Salah satu gejala menopause adalah hot flash yang ditandai dengan rasa panas pada bagian tubuh tertentu serta detak jantung yang tidak menentu. Tentunya hal seperti ini akan menimbulkan perasaan tidak nyaman pada wanita paruh baya. Anda tidak perlu melakukan olahraga yang berat. Anda cukup berjalan kaki selama 30 menit secara rutin di pagi hari. Jalan kaki selama 30 menit setiap hari mampu menurunkan berbagai gejala menopause hingga 74%.

  • Masalah kognitif
olahraga jalan kaki

olahraga jalan kaki

Olahraga juga ikut merangsang aliran darah ke organ otak. Otak yang sehat berasal dari jantung yang sehat. Olahraga mampu memperlancar aliran darah ke otak, menjaga kesehatan otak serta meningkatkan fungsi otak. Anda bisa melakukan olahraga apapun untuk memperbaiki masalah kognitif yang anda alami.

  • Mengurangi insomnia

Sebaiknya kurangi penggunaan obat tidur untuk mengurangi masalah seperti insomnia. Insomnia bisa dikurangi bahkan dihilangkan dengan mengkonsumsi makanan sehat serta berolahraga secara teratur. Orang-orang yang berolahraga secara teratur memiliki kualitas tidur yang lebih baik. Ada banyak hal yang dapat menyebabkan seseorang mengalami insomnia. Dan insomnia sendiri juga mampu menyebabkan berbagai gangguan pada kesehatan kita. Melakukan olahraga lari, bersepeda maupun berenang dapat mengurangi insomnia. Selain berolahraga, anda juga bisa melakukan yoga maupun tai chi untuk memperbaiki masalah insomnia.

  • Asma

Asma merupakan salah satu gangguan yang terjadi pada paru-paru. Kebanyakan orang yang mengidap asma akan berpikir, bernapas dengan baik saja terkadang susah apalagi melakukan olahraga. Anda memang harus beradaptasi dengan kondisi dan olahraga yang anda lakukan. Sebenarnya, semakin sering anda melakukan olahraga, maka penyakit asma yang anda alami akan semakin berkurang. Olahraga akan meningkatkan kesehatan jantung dan juga memacu paru-paru anda untuk bekerja. Hal ini nantinya akan membuat paru-paru anda menjadi semakin kuat. Selain itu asma semakin parah dengan adanya peningkatan berat badan, karena peningkatan berat badan menyebabkan munculnya peradangan. Salah satu cara untuk menurunkan berat badan adalah dengan berolahraga. Anda bisa melakukan olahraga lari maupun berenang secara teratur untuk memperbaiki kondisi tubuh anda.