Memilih Minuman Dan Minuman Yang Menyehatkan

air putih

air putih

Air merupakan sesuatu yang penting bagi kehidupan manusia. Jaman sekarang, kita memiliki banyak sekali pilihan untuk mengatasi rasa haus. Mulai dari air biasa bahkan sampai air yang sudah diberi berbagai macam zat yang dikatakan memiliki efek untuk mengembalikan stamina sampai mampu melangsingkan tubuh.

Sayangnya, banyak yang tidak sadar bahwa minuman-minuman yang telah dicampur dengan berbagai macam zat tidak hanya mengandung kalori dalam jumlah yang banyak. Selain itu, minuman-minuman yang dicampur dengan berbagai macam zat seperti ini bisa merangsang rasa lapar sehingga membuat kita terus merasa lapar dan terus makan.

Maka dari itu, untuk menjaga berat badan kita tetap stabil, kita tidak hanya dianjurkan untuk menjaga makanan, namun kita juga seharusnya bisa menjaga apa yang kita minum.

  • Minum air

Ketika kita mulai merasa pusing, lelah, daya konsentrasi berkurang maupun mood mulai kacau, sebaiknya kita langsung minum air putih. Kita misa minum air putih biasa maupun air mineral. Rasa seperti pusing, lelah, serta sering marah-marah umumnya lebih disebabkan oleh berkurangnya cairan dalam tubuh.

Bila anda ingin tubuh anda lebih langsing lagi, cobalah untuk minum dua cangkir air putih sebelum makan maupun sarapan.

Jika anda melakukan olahraga selama kurang dari 90 menit, anda tidak perlu langsung minum minuman khusus untuk olahraga. Berolahraga memang akan merangsang banyak cairan keluar dari tubuh dan menjadi keringat. Kekurangan cairan karena berolahraga kurang dari 90 menit cukup diatasi dengan air saja.

  • Minum teh

seduh teh hijauBila anda menginginkan kafein, anda bisa minum teh hijau. Secangkir kopi mengandung kafein sebanyak 100 sampai 190 mg, sedangkan teh hitam mengandung kafein sebanyak 50 mg. Jadi, kafein dalam teh setidaknya lebih aman daripada kopi.

Dalam metode pengobatan ala China, teh digunakan untuk menjaga sistem pencernaan serta dapat menetralisir asam dalam perut. Jadi, bila anda mulai merasakan gejala-gejala sakit perut, ada baiknya anda minum teh terlebih dahulu. Teh yang cocok untuk mencegah sakit perut, adalah teh oolong dan teh earl grey yang baik untuk menjaga sistem pencernaan.

  • Minum jus

Jika anda merasa sembelit, maka ada baiknya untuk minum jus sari buah dan sayuran untuk menyeimbangkan nutrisi saat anda makan pagi. Jus cocok sekali sebagai teman sarapan yang mengandung protein serta karbohidrat kompleks agar sistem metabolisme tubuh kita menjadi semakin optimal. Sebaiknya minumlah jus buah dan sayuran segar yang diolah sendiri. Jangan minum jus dalam kemasan karena biasanya mengandung gula dan kalori tinggi.

Minum jus seperti jus jeruk baik sekali setelah kita makan makanan yang berlemak. Cara seperti ini akan menetralisir gangguan yang disebabkan oleh lemak tinggi serta dapat mencegah terjadinya kerusakan pada pembuluh darah.

  • Minum kopi

Mengkonsumsi dua cangkir kopi dalam sehari baik untuk membantu tubuh kita dalam menggunakan hormon insulin. Cara seperti ini nantinya akan mengurangi dampak buruk seperti terjadinya penyakit diabetes. Namun, sebaiknya jangan beri tambahan seperti susu full cream, gula maupun sirup pada kopi.

Kafein dalam kopi akan memberi anda semangat, dapat mengurangi gejala depresi, baik pada pria maupun wanita serta mampu membuat tubuh menjadi lebih relax.

  • Minum susu

Untuk mendapatkan tulang yang kuat serta tambahan gizi saat diet, anda bisa minum susu. Sebaiknya minumlah susu yang rendah lemak. Selain dapat menyehatkan tulang, susu juga dapat mengurangi lemak.

  • Minum air lemon
air lemon

air lemon

Waktu yang baik untuk minum air lemon adalah bila anda mulai merasa tubuh anda mulai cepat terserang penyakit. Anda perlu minum air lemon untuk memperkuat daya tahan tubuh anda agar tidak mudah terserang penyakit.

  • Minum smoothie

Bila anda perlu untuk mengisi perut anda sementara anda masih memiliki banyak pekerjaan, anda bisa minum smoothie untuk mengisi perut anda dalam sekali minum. Namun sebaiknya, anda membuat sendiri smoothie  agar kandungan gula dalam smoothie tersebut tetap stabil. Buatlah smoothie buah maupun sayuran ditambah dengan susu rendah lemak maupun kacang-kacangan.

Saat tubuh anda mulai mudah terserang penyakit maupun mudah sekali mengalami stres yang disebabkan oleh berbagai masalah yang terjadi, anda perlu sesuatu untuk menyehatkan tubuh serta dapat mencegah stress yang terjadi.

Ada berbagai macam minuman yang dapat menyehatkan tubuh kita serta dapat meredakan dan bahkan bisa kita minum untuk mencegah terjadinya stress.

Berikut ini adalah berbagai macam minuman yang menyehatkan serta dapat mencegah timbulnya stress, meliputi:

  • Teh hijau

Teh hijau mengandung antioksidan alami yang dapat membantu kita terhindar dari berbagai jenis penyakit, dari yang ringan hingga yang berat. Selain mengandung antioksidan, teh hijau juga mengandung tanin yang berguna untuk menenangkan organ otak. Tanin juga memiliki kemampuan untuk menurunkan kecemasan sehingga kita terhindar dari depresi.

  • Valerian

Valerian banyak ditemukan pada ramuan teh. Umumnya banyak terkandung pada teh merah maupun teh hitam. Valerian memiliki nama ilmiah Valeriana officinalis. Valerin terbukti sangat baik sekali untuk meredakan kecemasan, ketegangan dan bahkan dapat mencegah insomnia.

  • Jus ceri

Jus ceri tidak dapat membuat tubuh anda merasa rileks dalam waktu yang cepat seperti teh hijau, namun mengkonsumsi jus ceri secara rutin sebanyak 30 ml per hari akan membantu anda untuk mendapatkan tidur yang lebih berkualitas serta memperbaiki durasi istirahat anda. Istirahat yang cukup dan lebih berkualitas akan membuat anda menjadi lebih rileks dan lebih kuat dalam menghadapi berbagai macam masalah yang dapat menyebabkan stres.

  • Susu

Susu mengandung asam amino yang bernama triptofan yang nantinya akan diubah menjadi neurotransmitter serotonin. Dengan adanya peningkatan serotonin, maka akan dapat memperbaiki mood anda. Selain itu, susu juga mengandung kalsium serta magnesium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah.

  • Teh chamomile
chamomile

chamomile

Seperti teh hijau, jenis teh yang lain yaitu teh chamomile juga menyehatkan serta dapat membantu kita untuk meredakan stress. Teh chamomile mengandung senyawa glisin yang berguna untuk menghilangkan berbagai ketegangan pada sel-sel saraf.

  • Air

Dengan minum air dalam jumlah cukup yaitu paling tidak 8 gelas setiap hari, maka tubuh kita akan lebih sehat serta dapat meredakan stress. Air memiliki kemampuan untuk mengeluarkan senyawa kimia endorfin. Endorfin memiliki fungsi untuk memperbaiki mood yang nantinya akan meringankan kecemasan serta meredakan stress.

  • Jus sayuran

Sayuran segar, seperti bayam, seledri maupun wortel akan memberikan magnesium serta kalsium yang berguna untuk mengurangi tekanan darah dan juga dapat memberikan efek menyehatkan dengan adanya kandungan vitamin. Dengan mengkonsumsi jus sayuran, selain anda mendapatkan tubuh yang sehat anda juga akan terhindar dari stress.