Memperhatikan Gizi Pada Masa Kehamilan Serta Makanan Untuk Mencerdaskan Anak

ibu hamil

ibu hamil

Setiap orang tua pasti menginginkan agar anaknya tumbuh sehat dan juga cerdas. Kecerdasan pada seseorang tidak akan timbul begitu saja dengan sendirinya melainkan dibentuk sejak saat masih kanak-kanak.

Sejak dalam kandungan, kecerdasan janin sudah terbentuk. Sekitar 80% organ otak telah terbentuk saat ibu mengandung janin dalam masa kehamilan. Proses pembentukan organ otak pada janin dalam kandungan ini tentunya akan membutuhkan asupan gizi yang baik.

Gizi yang baik ketika dalam masa kehamilan akan menentukan berat badan bayi yang cukup serta baik saat dilahirkan. Sebaliknya bila berat badan bayi kurang akan mempengaruhi sistem kekebalan bayi itu sendiri sehingga mudah sakit serta akan berdampak pada kecerdasan anak itu sendiri.

Anak-anak yang kekurangan gizi ketika dalam kandungan cenderung mudah mengalami penyakit degeneratif ketika anak tersebut berankaj dewasa, seperti obesitas, stroke maupun penyakit jantung.

Kecerdasan ditentukan oleh berbagai macam faktor, diantaranya:

  • Faktor keturunan dari kedua orang tua
  • Faktor epigenetik yaitu pengaruh lingkungan serta stimulasi dari orang tua maupun orang-orang disekitarnya
  • Faktor asupan gizi

Dengan memperoleh asupan gizi yang baik, maka akan terbentuk 100 miliar sel neuron pada organ otak anak-anak. Gizi pada masa kehamilan akan sangat menentukan berat badan bayi yang dilahirkan. Hindari jangan sampai mengalami bayi yang berat badannya rendah saat lagir karena dapat mengundang berbagai resiko, seperti gangguan pertumbuhan serta gangguan daya tahan tubuh.

anemiapadakehamilanMaka dari itu, pengetahuan akan pola makan yang sehat sangat penting artinya bagi ibu-ibu yang sedang dalam masa kehamilan agar tidak mengalami masalah gizi. Dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi nantinya juga akan mencegah masalah lain bagi kesehatan ibu hamil yaitu masalah penyakit anemia.

Ibu hamil yang mengalami kurang gizi serta mengalami anemia kronis akan mengalami kesulitan saat melahirkan. Kondisi seperti ini akan menurunkan tingkat kecedasan janin yang ada dalam kandungannya antara 5 sampai 10 poin.

Masa emas perkembangan anak dimulai sejak anak dilahirkan sampai berusia 2 tahun. Ada juga beberapa ahli kesehatan menyebutkan bahwa kualitas anak ditentukan sejak masa pertumbuhan janin sampai balita. Maka dari itu, penting sekali untuk memperhatikan angka kecukupan gizi ibu selama masa kehamilan sampai anak mencapai usia lima tahun disertai dengan pola asuh yang tepat.

Beberapa hal yang perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan dan kecerdasan anak, adalah:

  • Kebiasaan makan

Kebiasaan makan yang baik serta sehat harus dibentuk sedini mungkin pada anak-anak. Karena kebiasaan makan anak akan terus terbawa sampai ia dewasa dan nantinya akan menentukan kesehatannya kelak. Setelah mendapatkan ASI sejak anak berusia 0 sampai 6 bulan, maka perlu untuk memperkenalkan makanan pendamping ASI pada anak-anak anda. Pada masa ini lakukan pemberian makanan pendamping ASI secara bertahap sesuai dengan usia anak serta memperkenalkan berbagai jenis makanan. Dengan cara seperti ini, lidah anak-anak akan memiliki banyak referensi tentang rasa sehingga anak-anak terbiasa dengan berbagai macam rasa.

  • Berikan makanan yang bervariasi

Umumnya kita kita memperkenalkan suatu makanan pada anak-anak, anak-anak merasa enggan atau tampak tidak suka dengan makanan yang berikan. Jika terjadi hal seperti ini, sebaiknya terus mencoba serta jangan menghilangkan makanan tersebut dari dafter menu makanan untuk anak anda. Cobalah untuk terus diberikan agar anak anda menjadi terbiasa dengan sendirinya. Hal seperti ini perlu dimaklumi karena lidahnya masih belum terbiasa. Berikan makanan yang baru itu selama dua sampai tiga hari berturut-turut sampai lidah anak anda mulai terbiasa. Cara seperti ini perlu dilakukan agar anak tidak menjadi pemilih makanan. Lalu tetap kenalkan berbagai macam makanan sehingga kebutuhan gizinya tetap terpenuhi serta pertumbuhannya si anak tetap optimal.

  • Buatlah jadwal harian

Selain memperhatikan menu makanan yang bergizi sebaiknya perhatikan juga jadwal makannya. Dengan begitu, anak anda akan lebih teratur dalam hal makan dan membentuk kebiasaan makan yang baik. Buatlah jadwal dimulai dari waktu sarapan, makan siang sampai makan malam. Begitu juga dengan jadwal camilan. Sebaiknya pilihlah camilan yang sehat untuk anak-anak. Berikan penjelasan pada anak-anak tentang jadwal makannya dengan bahasa yang dapat dipahami oleh anak-anak. Libatkan anak anda dalam menyusun jadwal hariannya sehingga membuat anak anda jadi merasa dihargai dan lebih bertanggung jawab dalam menjalankan jadwal hariannya.

Selain melakukan tiga cara seperti diatas, asupan makanan untuk mencerdaskan anak juga perlu diperhatikan. Ada beberapa jenis makanan yang bagus untuk membantu kecerdasan anak-anak anda. Berbagai jenis makanan ini diyakini dapat merangsang pertumbuhan sel-sel otak, memperbaiki fungsi otak, meningkatkan daya ingat serta daya konsentrasi berpikir anak anda.

Berbagai makanan yang baik untuk mencerdaskan anak anda, meliputi:

  • Salmon
omega 3

omega 3

Ikan salmon merupakan salah satu jenis ikan yang mengandung lemak yang merupakan sumber makanan yang mengandung lemak Omega 3, DHA serta EPA yang sangat penting untuk perkembangan serta pertumbuhan dungsi otak. Riet telah menunjukkan bahwa orang yang memperoleh asupan asam lemak omega 3, DHA serta EPA dalam jumlah banyak memiliki daya pikir serta daya ingat  yang tajam. Ikan tuna juga mengandung asam lemak omega 3 namun jumlahnya lebih sedikit dibandingkan ikan salmon.

  • Telur

Telur dikenal sebagai sumper protein yang mudah sekali didapat karena harganya relatif murah. Bagian kuning telur mengandung kolin yaitu zat yang mampu membantu perkembangan memori atau daya ingat anak.

  • Kacang-kacangan

Berbagai jenis kacang-kacangan khususnya kacang tanah maupun selai kacang merupakan jenis makanan yang mengandung vitamin E. Vitamin E merupakan makanan yang mengandung antioksidan yang dapat melindungi membran sel-sel saraf. Vitamin E serta thiamin akan membentuk otak serta sistem saraf dalam penggunaan glukosa untuk kebutuhan energi anak-anak anda.

  • Gandum utuh

Otak membutuhkan suplai serta adanya cadangan glukosa dari tubuh yang sifatnya cepat. Gandum utuh memiliki kemampuan untuk mendukung kebutuhan tersebut. Serat yang terkandung dalam gandum utuh akan membantu pelepasan glukosa dalam tubuh. Gandum juga mengandung vitamin B yang fungsinya untuk memelihara kesehatan sistem saraf otak.

  • Oatmeal

Oatmel merupakan salah satu jenis sereal yang terkenal di kalangan anak-anak yang kaya akan nutrisi penting untuk otak. Oat dapat menyediakan energi  atau bahan bakar untuk otak yang sangat dibutuhkan oleh anak-anak untuk mengawali semua aktivitasnya. Oat kaya akan kandungan serat dan juga merupakan sumber vitamin V, E, potasium serta seng. Berbagai vitamin dan mineral tersebut membuat tubuh serta fungsi otak tetap dalam kondisi sehat.

  • Beries

Berbagai macam buah beries, seperti blueberry, strawberry, cherry, maupun blackberry umumnya semakin gelap warnanya maka kandungan nutrisi yang terkandung didalamnya semakin banyak. Buah berries mengandung kaya antioksidan, khususnya vitamin C yang fungsinya untuk menjaga daya tahan tubuh serta mencegah kanker. Dalam beberapa riset menunjukkan bahwa ekstrak blueberry serta strawberry dapat membantu perbaikan fungsi daya ingat.

  • Sayuran

Berbagai sayuran, seperti bayam, wortel, tomat dan lains ebagainya merupakan sayuran yang kaya akan nutrisi serta sumber antioksidan yang dapat membantu pertumbuhan dan menjaga kesehatan organ otak anak-anak.

  • Susu

Susu serta berbagai jenis makanan olahan susu banyak mengandung protein serta vitamin D. Kedua jenis nutrisi ini penting sekali untuk pertumbuhan jaringan otak, neurotransmitter serta enzim. Susu maupun yoghurt juga dapat membuat perut tetap kenyang karena kandungan protein serta karbohidratnya dapat dijadikan sumber energi untuk otak.

  • Daging sapi tanpa lemak

Daging sapi tanpa lemak merupakan jenis makanan yang mengandung zat besi. Zat besi merupakan jenis mineral yang membantu anak-anak tetap berenergi serta tetap berkonsentrasi di sekolah. Dengan cara mengkonsumsi 1 ons daging sapi tanpa lemak per hari maka kebutuhan tubuh anda akan zat besi akan tersukupi. Selain itu, daging sapi juga mengandung mineral seng yang baik untuk memelihara daya ingat.