Mencegah Dan Mengobati Diare Secara Alami

gejala diare

gejala diare

Umumnya diare disebabkan karena infeksi virus maupun bakteri yang masuk ke dalam perut atau system pencernaan melalui air maupun makanan yang terlah terkontaminasi. Diare terbagi menjadi dua jenis, yaitu diare akut serta diare kronis.

Ada dua metode dasar untuk mencegah diare, yaitu dengan menghindari konsumsi makanan yang dijual di jalanan serta dengan mencuci tangan sebelum makan. Cara lain untuk mencegah diare adalah dengan tidak menyimpan makanan dalam waktu yang terlalu lama.

Umumnya diare merupakan suatu bentuk dari masalah atau gangguan pada system pencernaan. Hal ini kebanyakan disebabkan karena adanya cairan yang berlebihan dalam usus serta mampu mempengaruhi pergerakan usus. Penyebab dari diare sangat bervariasi.

Biasanya diare akan sembuh sendiri selama 3 sampai 4 hari lamanya. Tergantung dari intensitas dampak yang disebabkan oleh penyakit maupun infeksi. Lamanya waktu serta tingkat keparahan tergantung pada riwayat kesehatan seseorang.

Sebaiknya jangan mengkonsumsi buah dan sayuran selama mengalami diare. Serat dalam buah dan sayuran nantinya justru akan memperparah kondisi diare. biarkanlah system pencernaan beristirahat sebentar saat mengalami diare. Jauhi juga produk susu, kecuali yoghurt. Produk susu kebanyakan mengandung lemak yang sulit untuk dicerna.

Terkadang mengubah pola makan juga mampu menyembuhkan diare. beberapa jenis makanan yang mampu mengobati serta mengurangi keparahan dari diare, meliputi:

  • Teh hijau

Teh hijau merupakan jenis minuman yang dapat menyembuhkan banyak gangguan kesehatan. Mengkonsumsi teh hijau secara rutin mampu meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga kesehatan kulit serta mencegah gangguan pada system pencernaan. Mengkonsumsi teh hijau juga mampu menenangkan perut, mengurangi tingkat keparahan dari diare serta mempercepat penyembuhan diare.

  • Yoghurt
yoghurt

yoghurt

Mengkonsumsi yoghurt juga mampu mempercepat proses penyembuhan dari diare. Yoghurt mengandung bakteri baik yang nantinya akan menjaga kesehatan system pencernaan. Dengan semakin banyaknya bakteri baik, maka bakteri jahat yang mampu menyebabkan infeksi akan semakin berkurang. Jadi system pencernaan kita akan semakin sehat.

  • Jeruk nipis

Air jeruk nipis merupakan salah satu minuman yang baik untuk menjaga kesehatan. Peraslah jeruk nipis lalu dicampur dengan air hangat dan tambahkan dengan madu. Cara seperti ini mampu mencegah berbagai macam infeksi yang ada di dalam tubuh, seperti infeksi pada system pencernaan. Selain itu cara seperti ini juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Selain mencegah infeksi, mengkonsumsi air jeruk nipis yang hangat juga mampu menenangkan usus.

  • Barley

Saat anda mengalami diare, cobalah untuk mengganti nasi dengan bubur barley. Bubur barley mampu membuat perut anda menjadi lebih kenyang dan mengurangi kadar cairan yang berlebihan dalam usus. Dengan begitu, maka perut anda akan menjadi lebih tenang.

  • Air kelapa

Air kelapa mampu mencegah dan mengobati infeksi dalam tubuh kita. Selain itu, diare mampu menyebabkan kita mengalami dehidrasi. Mengkonsumsi air kelapa akan mengembalikan cairan yang hilang dalam tubuh dan membuat kita menjadi lebih baik.

  • Jahe
minuman wedang jahe

minuman wedang jahe

Jahe memiliki banyak sekali manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Memarkan jahe dan seduh dengan air hangat. Tunggu beberpa saat dan minumlah. Minuman seperti ini mampu menenangkan perut, membuang gas yang berlebihan dalam perut serta mencegah infeksi.

  • Beras merah atau kentang

Nasi dari beras merah mampu membuat perut anda menjadi lebih tenang dan membuat anda merasa kenyang lebih lama. Selain itu anda juga bisa mengkonsumsi bubur kentang sebagai pengganti nasi selama mengalami diare.

Umumnya diare tidak begitu berbahaya . Namun bila diare terjadi dalam jangka waktu yang lama, maka akan menimbulkan masalah yang sangat berbahaya, yaitu dehidrasi. Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter ahli apabila anda mengalami diare dalam jangka waktu yang lama.