Mencegah Kanker Otak

Kanker otak merupakan salah satu jenis kanker yang sangat berbahaya, dimana tumbuh tumor di dalam otak dan perlahan-lahan berubah menjadi ganas.

Hingga saat ini masih belum ditemukan metode penyembuhan sel kanker tersebut selain mengangkat tumor tersebut dengan menjalani operasi pembedahan.

Maka, untuk itulah betapa pentingnya bagi kita untuk mencegah penyakit ini menghampiri kita dengan melakukan beberapa langkah pencegahan.

Meskipun kita belum mengetahui apa penyebab utama dari kanker otak, namun dengan cara menjalani pola hidup yang sehat serta menghindari beberapa faktor yang mengandung resiko terjadinya kanker otak.

Beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mencegah terjadinya kanker otak adalah sebagai berikut:

  • Menghindari pemakaian bahan kimia.

Paparan radiasi yang bersifat kimiawi serta bahan-bahan kimia memiliki potensi yang besar terhadap kerusakan pada otak seseorang, sehingga sangat disarankan untuk menghindari barang-barang yang bersifat kimia tersebut.

Bahan kimia yang kerap dipakai dalam kehidupan sehari-hari adalah vinil klorida yang umumnya digunakan dalam plastik, formalin yang umumnya digunakan sebagai pengawet, serta acrylontrile yang umumnya digunakan di dalam industri tekstil.

Paparan radiasi yang berasal dari reaktor nuklir juga dapat menyebabkan terjadinya kanker otak. Orang yang diharuskan bekerja serta berinteraksi dengan bahan kimia maupun nuklir, harus memeriksakan diri dan melakukan beberapa pengujian terhadap kanker otak pada dokter ahli secara rutin.

  • Mengkonsumsi makanan anti kanker

Konsumsi bawang putih serta makanan yang mengandung lemak omega 3 dapat membantu dalam mencegah terjadinya kanker otak. Bawang putih mengandung senyawa yang bersifat antikanker yang dapat membantu dalam mengontrol pertumbuhan sel-sel kanker dalam tubuh kita.

Kenari dan biji rami merupakan sumber lemak omega 3, yang dapat membantu tubuh anda dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta kemampuan tubuh dalam melawan sel-sel kanker.

  • Hindari alkohol serta rokok.

Penyebab utama semua jenis penyakit kanker adalah kebiasaan yang tidak sehat seperti konsumsi alkohol serta kebiasaan merokok. Dal yang sama juga telah dikemukaan oleh para peneliti dan ilmuwan dimana saja.

Kanker dapat menyebar ke setiap bagian tubuh tanpa terkecuali otak, contoh: sel kanker paru-paru juga mampu menyebar ke otak dan mengakibatkan kanker otak. Maka dari itu, hindarilah kebiasaan buruk seperti konsumsi alkohol dan merokok untuk menghentikan pertumbuhan kanker otak dalam tubuh anda.

  • Penggunaan ponsel

Para peneliti telah menunjukkan bahwa frekuensi panggunaan ponsel yang terlalu lama dapat menyebabkan kanker otak. Sehingga anda disarankan untuk tidak menerima panggilan telepon melalui ponsel selama lebih dari 15 menit tanpa menggunakan alat bantu seperti headphone yang dapat membantu menurunkan resiko terjadinya kanker otak.

  • Menghindari zat-zat karsinogenik

Makanan yang digoreng atau dibakar akan menghasilkan zat karsinogenik yang dapat menyebabkan kanker. Terlebih lagi makanan yang digoreng dengan menggunakan minyak goreng yang dipakai berkali-kali. Sebab itu sangatlah berbahaya sekali.

 

 

 

1 comment for “Mencegah Kanker Otak

  1. Pingback: clarence

Comments are closed.