Mencegah Munculnya Masalah Rambut Rontok

masalah rambut rontok

masalah rambut rontok

Rambut terbentuk dari protein yang biasa disebut keratin dan tumbuh dalam folikel yang terdapat di dalam kulit. Akar rambut merupakan satu-satunya bagian yang hidup pada rambut yang nantinya akan tumbuh serta mendorong tangkai rambut untuk keluar dari kulit sehingga memunculkan rambut baru.

Ada sekitar 30 sampai 100 helai rambut yang rontok dalam sehari, dan hal seperti ini masih bisa dikatakan sebagai hal yang wajar. Masalah rambut rontok bisa dikatakan serius bila rambut yang rontok sebanyak 200 helai dalam sehari dan terus terjadi selama berbulan-bulan.

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan munculnya masalah rambut rontok, seperti penyakit maupun infeksi pada kulit kepala, perubahan hormon serta stres. Umumnya, masalah rambut rontok pada pria lebih sering disebabkan karena faktor genetika.

Ada berbagai cara untuk mencegah munculnya masalah rambut rontok. Beberapa cara yang biasanya sering dilakukan adalah dengan menjaga kebersihan rambut serta pemakaian conditioner.

Namun, merawat rambut dengan cara menjaga kebersihan rambut serta pemakaian conditioner saja tidak akan cukup bagi anda yang ingin memiliki rambut yang sehat serta indah.

Cara lain untuk mencgah munculnya masalah rambut rontok adanya dengan memperhitungkan asupan nutrisi yang anda peroleh sehari-hari. Agar rambut dapat tumbuh dengan normal, maka rambut memerlukan nutrisi yang tepat. Bila kita mengkonsumsi makanan sehat, maka sel-sel dalam tubuh kita juga akan tumbuh dengan baik dan sehat, baik luar maupun dalam.

Dibawah ini adalah beberapa jenis makanan yang bisa anda konsumsi untuk mencegah munculnya masalah rambut rontok, seperti:

  • Sayuran hijau
semangkuk bayam

semangkuk bayam

Sayuran hijau seperti bayam, sawi, brokoli dan lain sebagainya merupakan sumber dari vitamin A serta vitamin C. Tubuh membutuhkan asupan vitamin A dan vitamin C untuk memproduksi sebum, yaitu sejenis minyak yang dihasilkan folikel rambut yang berfungsis ebagai conditioner alami untuk rambut anda.

  • Salmon

Ikan salmon kaya akan kandungan asam lemak omega 3 yang merupakan sumber protein yang tinggi sekali kualitasnya. Selain itu salmon juga mengandung vitamin B12 serta zat besi. Asam lemak omega 3 dibutuhkan oleh tubuh kita untuk memperkuat kulit kepala. Kekurangan asam lemak omega 3 akan menyebabkan kulit kepala menjadi kering sehingga rambut mudah rontok.

  • Kacang merah

Beberapa jenis kacang seperti kacang merah, kacang lentil maupun kacang polong; juga penting sekali artinya bagi kesehatan rambut kita. Kacang-kacangan akan memberikan asupan protein yang nantinya dapat merangsang pertumbuhan rambut. Selain itu kacang-kacangan juga mengandung seng, zat besi serta biotin.

  • Kacang almond

Kacang almond juga bisa anda konsumsi untuk mencegah munculnya masalah rambut rontok. Kacang almond mengandung selenium yang merupakan mineral yang penting untuk menjaga kesehatan kulit rambut. Selain itu anda juga bisa mengkonsumsi walnut yang mengandung asam lemak omega 3 yang berfungsi untuk memperbaiki kondisi rambut anda.

  • Daging unggas

Daging unggas, seperti ayam maupun kalkun merupakan jenis makanan yang kaya akan protein yang baik untuk menjaga kesehatan rambut anda. Selain itu, daging unggas juga mengandung zat besi yang sangat baik sekali untuk menjaga kesehatan tubuh serta kesehatan rambut.

  • Telur

Telur juga jenis makanan yang kaya akan protein yang baik sekali untuk mencegah munculnya masalah rambut rontok. Telur juga mengandung vitamin B12 serta biotin yang baik sekali untuk menutrisi akar rambut sehingga rambut anda menjadi lebih kuat dan tidak mudah rontok.

  • Gandum utuh

Gandum utuh merupakan jenis makanan yang menyehatkan. Umumnya gandum utuh lebioh sering diguakan sebagai bahan pembuatan sereal maupun roti. Gandum utuh mengandung zat besi, seng serta vitamin B.

  • Tiram

tiramKita sering mengenal tiram merupakan jenis makanan yang bersifat aphrodisiak. Ternyata, tiram juga baik sekali untuk menjaga kesehatan rambut kita. Tiram mengandung nutrisi yang penting yaitu mineral seng yang merupakan antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan akar rambut.

  • Susu rendah lemak

Susu rendah lemak seperti susu skim maupun yoghurt merupakan jenis makanan yang kaya akan kalsium. Selain penting untuk tulang dan gigi, kalsium juga penting sekali artinya untuk pertumbuhan rambut.

  • Wortel

Wortel merupakan jenis makanan yang kaya akan vitamin A yang selain untuk menjaga kesehatan organ mata ternyata juga berguna untuk memperbaiki kondisi kesehatan kulit kepala kita. Kulit kepala yang sehat merupakan faktor penunjang untuk mendapatkan rambut yang kuat dan berkilau. Untuk mencegah munculnya masalah rambut rontok anda bisa membiasakan diri untuk mengkonsumsi wortel secara rutin.