Mendeteksi Kesehatan Tubuh Dari Rambut

memeriksa rambut

memeriksa rambut

Ternyata ada cara yang lebih mudah untuk mendeteksi kesehatan kita yaitu melalui rambut. Rambut yang sehat merupakan cerminan dari tubuh yang sehat. Dengan cara melihat kondisi rambut kita maka kita dapat mengetahui kondisi tubuh kita hingga dua bulan terakhir.

Bahkan cara memeriksa kesehatan tubuh dari kesehatan rambut katanya lebih canggih dan lebih terpercaya daripada tes urin maupun tes darah karena dari kesehatan rambut saja kita bisa mengetahui berbagai mineral maupun racun yang terdapat dalam tubuh kita.

Ada seorang wanita eksekutif yang memiliki bekerja disebuah pabrik di kota Jakarta. Suatu ketika wanita tersebut tertarik untuk memeriksa kesehatan dari rambutnya di sebuah klinik di Jakarta.Rambutnya dipotong untuk dijadikan sampel serta diperiksa di laboratorium.

memeriksa kesehatan lewat rambut

memeriksa kesehatan lewat rambut

Dalam pemeriksaan di laboratorium tersebut, ditemukan banyak kadar merkuri. Kemungkinan banyaknya kadar merkuri tersebut berasal dari pencemaran pabrik tempat ia bekerja. Padahal wanita tersebut bekerja di bagian kantor serta jarang masuk ke lokasi pabrik. Akhirnya banyak teman dari wanita tersebut yang mencoba untuk memeriksa kesehatan tubuhnya dari rambut dan mereka terdeteksi telah tercemar logam berat.

Hidup di dunia modern seperti sekarang ini banyak sekali racun yang terdapat di sekitar kita. Ada racun yang berada di air minum yang tercemar dan bahkan ada racun yang berasal dari sayuran maupun buah-buahan yang disemprot dengan pestisida.

Setelah wanita tersebut mengetahui bahwa dirinya tercemar logam berat, maka ia menjalani program detoksifikasi untuk menghilangkan racun logam berat yang terdapat dalam tubuhnya. Dan wanita tersebut mulai merasalebih segar dan sehat. Segala keluhan sehari-hari seperti pusing serta tidak enak badan yang dulu sering dialaminya mulai berkurang.

Sebenarnya, pemeriksaan kesehatan tubuh dari rambut bukanlah hal baru di dunia medis belakangan ini. Lebih dari 200 tahun yang lalu, metode memeriksa kesehatan tubuh dari rambut sudah dilakukan khususnya untuk mengukur kadar arsenikum atau zat-zat kimia yang berbahaya dalam tubuh.

Bahkan pemeriksaan rambut jenazah Napoleon Bonaparte yang terkenal itu telah menunjukkan bahwa di dalam tubuhnya terdapat timbunan kadar arsenikum. Pemeriksaan tersebut memunculkan dugaan bahwa beliau telah dibunuh secara perlahan-lahan dengan cara diberi racun arsenic yang berbahaya.

hair_analysisDr. Kenneth Kang, ND, seorang perwakilan Texas Hair Analysis di Asia menyatakan bahwa, pemeriksaan rambut dapat menunjukkan kondisi kesehatan tubuh sampai dua bulan terakhir. Sedangkan pemeriksaan kesehatan lewat darah maupun urin hanya akan memperlihatkan kondisi kesehatan tubuh selama beberapa hari saja.

Ada tes urin yang cepat sekali untuk mendetksi cemaran logam berat dalam tubuh kita, tapi sayangnya hasil yang didapat kurang begitu akurat. Analisa rambut untuk mendeteksi kesehatan dapat secara akurat menunjukkan cemaran-cemaran logam berat yang terdapat dalam tubuh kita.

Selain itu, analisa rambut juga dapat mendeteksi secara tepat pola nutrisi dari seseorang. Dengan cara seperti ini, dokter ahli yang memeriksa kesehatan tubuh dari rambut akan memberikan cara dan solusi yang baik untuk membenahi pola makan seseorang.

Mendeteksi kesehatan dari rambut memang bersifat untuk mengukur kadar mineral serta elemen racun yang terdapat di dalam tubuh seseorang. Cara ini mampu untuk mendeteksi sampai 38 macam mineral dalam tubuh. Sedangkan pemeriksa kesehatan melalui darah hanya mencakup beberapa jenis mineral saja, seperti kalium, kalsium, fosfor, natrium serta magnesium.

Komposisi mineral yang seimbang dalam tubuh manusia akan sangat berpengaruh pada kondisi kesehatan manusia itu sendiri. Namun untuk mengukur seberapa tepat setiap jenis mineral atau nutrisi yang penting yang harus kita konsumsi pastinya bukanlah suatu hal yang mudah.

Padahal, kekurangan atau bahkan kelebihan suatu mineral tertentu saja di dalam tubuh, sama-sama berdampak menyebabkan munculnya gangguan pada kondisi kesehatan seseorang.

Misalnya mineral tembaga. Mineral tembaga diperlukan untuk pembuatan estrogen. Namun, bila kita kelebihan tembaga maka akan menyebabkan munculnya sakit kepala. Mineral seng juga sangat membantu dalam proses produksi hormone yang berfungsi untuk menangkal stress, namun bila kelebihan seng maka akan menyebabkan munculnya kanker prostat. Bahkan serangan jantung ternyata juga berhubungan dengan keseimbangan magnesium serta kalsium dalam tubuh kita.

Munculnya kasus kelebihan mineral bisa saja disebabkan oleh konsumsi suplemen makanan yang terlalu berlebihan. Kebutuhan serta kesesuaian mineral pada setiap orang itu berbeda-beda. Bila dikonsumsi terlalu banyak justru akan mengakibatkan ketidakseimbangan nutrisi.

analisa rambut thumbnailKondisi mineral yang tidak seimbang akan semakin berbahaya karena ditambah dengan adanya cemaran mineral berbahaya dari lingkungan sekitar kita yang semakin sulit untuk kita hindari. Seperti yang ada di Singapura, ada banyak sekali kasus anak-anak yang kelebihan kadar merkuri dalam tubuhnya. Akibatnya, anak-anak tersebut mengalami malnutrisi serta gangguan dalam proses belajar.

Di Indonesia sendiri sebagai Negara berpolusi terbutuk nomor tiga di dunia, para ahli kesehatan merasa yakin bahwa timbunan elemen beracun seperti merkuri, timbal, aluminium serta arsenic dalam tubuh masyarakat Indonesia tentunya cukup tinggi juga.

Telah ditemukan beberapa kasus seperti kelebihan kadar merkuri, timbal serta aluminium pada anak-anak di Jakarta. Namun saying jumlah pastinya masih belum kita temukan. Berbagai gangguan akibat keracunan elemen mineral pada anak-anak tidak hanya terjadi karena paparan dari lingkungan luar saja.

Ibu-ibu yang sedang dalam masa kehamilan yang terpapar mineral berbahaya juga akan melahirkan anak-anak dengan keterlambatan gerak motoric. Misalnya, pencemaran timbal yang berasal dari kendaraan bermotor akan membuat seseorang jadi lebih agresif.

Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk mendeteksi kesehatan tubuh dari rambut untuk mengurangi kadar mineral beracun yang berbahaya bagi tubuh kita.