Mengenal Berbagai Macam Penyakit Degeneratif

sel kanker

sel kanker

Penyakit degenerative adalah berbagai macam gangguan yang muncul serta mampu melemahkan serta menyakitkan diri kita.

Pada dasarnya semua penyakit degenerative muncul dengan adanya gejala, seperti memburuknya kondisi, peningkatan kerusakan pada jaringan, kerusakan pada organ serta tingkat kesehatan yang semakin memburuk secara bertahap.

Umumnya penyakit degenerative disebabkan oleh keausan system tubuh normal, kebiasaan atau gaya hidup, kurangnya olahraga, maupun karena konsumsi makanan yang tidak sehat secara terus menerus.

Penyakit degenerative dapat disebuhkan dengan cara menggunakan obat-obatan medis yang diberikan secara khusus oleh dokter ahli. Namun ada juga obat-obatan tradisional yang didukung dengan konsumsi makanan yang menyehatkan.

Berbagai macam penyakit degenerative yang paling sering terjadi, meliputi kanker, diabetes, atherosclerosis, multiple sclerosis, distrofi otot, Alzheimer, Parkinson, osteoporosis, rheumatoid arthritis.  

Berbagai macam penyakit degenerative tersebut telah mempengaruhi banyak orang di seluruh dunia. Tanpa perawatan medis yang cepat dan tepat, nantinya penyakit tersebut akan mempengaruhi kualitas hidup si pengidap. Selain itu, kebanyakan penyakit degenerative tersebut memiliki dampak yang sangat fatal.

Berbagai macam penyakit degenerative sebenarnya bisa dicegah maupun dikurangi gejala-gejalanya, dengan menggunakan obat medis maupun obat herbal dan ditambah dengan perubahan gaya hidup serta pola makan.

Berbagai macam penyakit degenerative serta cara pencegahannya secara alami, meliputi:

  • Kanker

Ada banyak solusi untuk mencegah terjadinya kanker, seperti mengkonsumsi anggur, brokoli, ginseng, lidah buaya, teh hijau, jamur maitake, kedelai, gandum serta buah dna sayur yang kaya akan lycopene. Berbagai macam makanan dan minuman yang kaya akan antioksidan sangat penting artinya dalam mencegah penyakit kanker. Kanker merupakan jenis penyakit yang terjadi karena adanya penumpukan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas akan menyebabkan sel-sel tubuh kita yang sehat bermutasi dan menjadi sel kanker. Dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan, maka kadar radikal bebas dalam tubuh kita akan ikut berkurang. Selain mengkonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan, kita juga harus tetap berolahraga. Olahraga mampu mengurangi resiko terjadinya kanker payudara pada wanita. Banyak penelitian yang menemukan bahwa pola makan yang sehat dan aktivitas fisik mampu mengurangi resiko terjadinya kanker.

  • Diabetes
gejala diabetes

gejala diabetes

Diabetes terjadi karena ketidak mampuan tubuh dalam mengendalikan kadar insulin serta glukosa yang ada di dalam tubuh. Hal ini akan sangat berbahaya sekali bagi kesehatan si pengidap secara keseluruhan. Untuk mencegah diabetes, sebaiknya konsumsi makanan yang kaya akan serat, seperti apel, bilberry, bit, apricot, wortel, jeruk, kemangi, dan beligo.

  • Atherosclerosis

Atherosclerosis merupakan suatu kondisi yang disebabkan oleh adanya penumpukan kolesterol dan plak pada arteri maupun pembuluh darah. Atherosclerosis mampu menyebabkan munculnya serangan jantung maupun strokesecara tiba-tiba. Untuk mencegah atherosclerosis sebaiknya kurangi makanan yang mampu meningkatkan kolesterol jahat atau LDL. Untuk mengurangi LDL, maka anda perlu konsumsi makanan yang mampu meningkatkan kolesterol baik atau HDL. Sebaiknya perbanyak makan sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, serta kecambah. Ganti minyak anda dengan menggunakan minyak zaitun maupun minyak biji rami. Kurangi gula, kopi, tembakau, makanan olahan, saus, tepung, garam serta acar. Konsumsi bawang putih, bawang merah, peterseli, jus bit serta berbagai makanan yang mengandung vitamin C juga mampu mencegah atherosclerosis.

  • Multiple sclerosis

Untuk mencegah multiple sclerosis, sebaiknya anda mengurangi asupan protein hewani serta menjauhi makanan yang mengandung susu. Perbanyak konsumsi makanan organic maupun makanan segar yang lebih menyehatkan. Anda bisa mengkonsumsi ikan, kenari, biji rame, jahe, kunyit, kedelai, minyak zaitun, minyak biji rami serta berbagai produk gandum. Selain itu anda juga harus berolahraga serta kurangi stress.

  • Distrofi otot

Distrofi otot merupakan suatu penyakit genetika yang ditandai dengan adanya gangguan yang mampu melemahkan otot rangka secara progresif. Pengidap distrofi otot tidak mampu mengendalikan gerak tubuh mereka secara optimal. Distrofi otot bisa terjadi pada bayi maupun anak-anak, sebagian lagi baru muncul pada usia pertengahan. Distrofi otot dapat dicegah dengan menjauhi kopi, alcohol, tembakau maupun minuman bersoda.

  • Penyakit Alzheimer
alzheimer

alzheimer

Solusi terbaik untuk mencegahan dan pengobatan alami untuk penyakit Alzheimer adalah dengan menggunakan ekstrak ginko biloba, akar valerian, sage, ekstrak bawang putih, vitamin B12, vitamin E dan juga asam folat. Sebaiknya hindari kebiasaan buruk, seperti merokok, minum minuman beralkohol, serta konsumsi makanan olahan. Hindari juga berbagai jenis makanan yang mengandung logam berat, seperti merkuri. Merkuri mampu menyebabkan penurunan fungsi kognitif. Merangsang otak dengan membaca, mengisi teka teki silang serta mengingat-ingat masa lalu mampu menunda terjadinya penyakit Alzheimer. Dalam sebuah penelitian, memanjat pohon serta bermain puzzle mampu meningkatkan ketrampilan kognitif.

  • Penyakit Parkinson

Penyakit Parkinson mampu menurunkan kualtias hidup seseorang, karena si pengidap tidak mampu mengendalikan aktivitas otot-otot dalam tubuhnya. Maka dari itu, Parkinson juga diklasifikasikan sebagai penyakit gangguan gerakan. Ada beberapa cara alami untuk mencegah terjadinya penyakit Parkinson, yaitu mengkonsumsi sayuran, buah-buahan, sereal, kacang-kacangan, ikan dan ungas, serta makanan yang tidak mengandung susu. Selain itu kita juga harus terap berolahraga serta melakukan terapi fisik. Sebaiknya kurangi stress maupun depresi secara berlebihan.

  • Osteoporosis

Osteoporosis merupakan penyakit degenerative yang terjadi karena tulang dalam tubuh kita mulai rapuh. Tulang yang rapuh membuat tubuh kita tidak mampu berfungsi secara normal. Untuk mencegah terjadinya osteoporosis sebaiknya perbanyak konsumsi makanan yang mengandung kalsium, magnesium, zat besi, seng, tembaga, selenium, serta mangan. Makanan yang boleh dikonsumsi adalah bayam, collard hijau, yoghurt, susu, keju, es krim, salmon serta sarden. Sebaiknya berhenti merokok dan lakukan olahraga secara teratur. Jangan lakukan olahraga dengan intensitas tinggi karena akan merusak tulang dan persendian.

  • Rheumatoid Arthritis

Rheumatoid arthritis adalah penyakit degenerative yang sering terjadi pada bagian persendian, tulang serta titik penghubung lain dalam tubuh kita. Rheumatoid arthritis juga berkaitan dengan nyeri. Cara yang paling baik untuk mencegah rheumatoid arthritis adalah dengan mengkonsumsi makanan yang bersifat anti-inflamasi, seperti makanan yang kaya akan mineral silicon, sayuran berdaun hijau serta makanan yang kaya vitamin C. Olahraga juga perlu dilakukan untuk melancarkan peredaran darah ddalam tubuh. Sebaiknya hindari konsumsi tomat, merica serta telur, yang diyakini mampu memperburuk kondisi rheumatoid arthritis.