Mengenal Berbagai Manfaat Dari Mineral Mangan

makanan yang mengandung mangan

makanan yang mengandung mangan

Mangan adalah mineral yang memiliki banyak manfaat, seperti menjaga struktur tulang yang sehat, metabolism tulang, serta mambantu pembentukan enzim penting untuk membangun tulang yang sehat.

Mangan bertindak sebagai co-enzim yang dapat membantu aktivitas metabolism dalam tubuh manusia. Selain itu, mangan juga berperan dalam proses pembentukan jaringan ikat, penyerapan kalsium, menjaga fungsi kelenjar hormone dan seks, regulasi kadar gula darah serta metabolism lemak dan karbohidrat.

Mangan adalah mineral alami yang ada dalam tubuh kita dalam jumlah yang sedikit sekali. Mangan sebenarnya merupakan komponen dari enzim oksida yang termutasi secara alami. Berbagai jenis makanan, seperti ikan, tiram, kacang-kacangan, biji-bijian, nanas, olahan kedelai, bayam, kale, gandum utuh dan teh hitam, merupakan jenis makanan dan minuman yang mengandung mangan.

Mineral mangan merupakan antioksidan yang kuat untuk menghancurkan dan mengeluarkan radikal bebas dalam tubuh kita serta menetralkan partikel yang mampu merusak sel-sel tubuh, sehingga dapat mencegah berbagai bahaya yang akan ditimbulkannya.

Tubuh kita kemungkinan mengandung sekitar 20 mg mangan dan semuanya terkumpul dalam ginjal, pakreas, hati serta tulang. Mangan sangat penting untuk fungsi normal otak serta aktivitas yang tepat dari system saraf kita di seluruh tubuh. Maka dari itu, para ahli mengatakan bahwa mangan merupakan suatu mineral yang penting sekali artinya bagi setiap bentuk kehidupan.

letak jantung

letak jantung

Berbagai gejala kekurangan mangan, meliputi tekanan darah tinggi, penyakit jantung, kontraksi otot, kelainan pada tulang, kolesterol tinggi, penglihatan yang buruk, masalah pada pendengaran, kehilangan memori yang parah, menggigil serta tremor.

Banyak ahli kesehatan yang berpendapat bahwa kekurangan mangan merupakan hal yang langka. Namun, lebih dari 35% dari populasi manusia diseluruh dunia dianggap mengalami kekurangan mangan. Kebiasaan mengkonsumsi makanan yang buruk bagi kesehatan adalah penyebab utama dari kekurangan mangan.

Dalam beberapa kasus kalsium serta zat besi dianggap sebagai pengganggu, sehingga menyebabkan terjadinya gangguan penggunaan yang tepat dari mineral mangan yang ada dalam tubuh kita.

Berbagai masalah, seperti berkeringat, penglihatan kabur, detak jantung cepat, kelemahan dan kram yang  parah, kemungkinan juga merupakan gejala dari kekurangan mineral mangan. Kekurangan mineral mangan yang berat dapat menyebabkan kemandulan pada wanita, kerusakan pankreas, penyakit jantung serta osteoporosis.

Ada begitu banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari mineral mangan untuk kesehatan tubuh kita, meliputi:

  • Menjaga tulang tetap sehat

Mineral mangan penting artinya untuk pertumbuhan struktur tulang manusia dan menjaga agar tetap normal. Mineral mangan merupakan mineral yang sangat efektif dalam meningkatkan kepadatan tulang belakang. Hal ini tentunya sangat berguna sekali bagi wanita pasca menopause. Sehingga dapat mencegah terjadinya patah tulang pada wanita pasca menopause. Meskipun belum ada penelitian yang pasti, namun para ahli yakin bahwa mangan akan ikut memperlambat kemajuan penyakit osteoporosis.

  • Mencegah pembentukan radikal bebas

Mineral mangan mampu memantau segala aktivitas radikal bebas dalam tubuh manusia. Radikal bebas mampu merusak sel-sel tubuh serta menyebabkan kanker dan penyakit-penyakit lain yang berbahaya. Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung mangan, akan membuat tubuh anda selalu dalam keadaan sehat.

  • Menjaga tingkat kadar gula

Mangan secara efisien mampu menjaga tingkat kadar gula dalam darah manusia. Kondisi seperti ini tentunya akan mencegah terjadinya penyakit diabetes. Untuk mengendalikan kadar gula dalam darah, mangan bekerja dengan cara menormalkan proses sintesis insulin serta sekresi gula. Dengan begitu, maka hormone insulin akan bekerja secara normal dan gula yang tidak berguna dalam tubuh dapat dikeluarkan, sehingga tidak menumpuk dalam darah.

  • Mencegah serangan epilepsy
transmiter saraf

transmiter saraf

Rendahnya kadar mangan dalam tubuh dipercaya sebagai pemicu terjadinya serangan epilepsy. Suplemen mangan mampu membantu mengendalikan kemungkinan terjadinya kejang epilepsy dalam skala kecil maupun besar. Masih belum diketahui secara pasti cara kerja dari mangan untuk mencegah serangan epilepsy, namun beberapa ahli kesehatan percaya bahwa mangan mampu digunakan sebagai anti-epilepsi.

  • Mengatur system metabolism tubuh

Fungsi terpenting dari mangan adalah mengatur system metabolism tubuh. Dalam tubuh, mangan akan dijadikan enzim untuk mengaktifkan serta ikut berperan dalam metabolism kolesterol, asam amino, serta karbohidrat. Selain itu juga untuk metabolism vitamin B1 dan vitamin E. Kemudian, mangan juga ikut membantu organ hati untuk bekerja dengan lebih optimal. Mangan juga ikut berperan dalam metabolism glutamin, berbagai asam amino yang penting dalam tubuh serta menjaga kesehatan DNA tubuh.

  • Mencegah peradangan dan terkilir

Mangan merupakan komponen yang sering digunakan untuk mencegah peradangan dan terkilir karena ikut membantu dalam meningkatkan superoksida dismutase. Peningkatan tersebut terjadi karena mangan memiliki sifat antioksidan. Superoksida dismutase biasanya banyak ditemukan dalam kadar yang rendah pada orang-orang yang mengidap arthritis. Superoksida dismutase memiliki sifat anti peradangan, sehingga dengan menambah mangan dalam tubuh akan meningkatkan fungsi dari superoksida dismutase yang akan menurunkan gejala dari peradangan dan terkilir.

  • Mengurangi sindrom pramenstruasi

Banyak wanita yang mengalami sindrom pramenstruasi. Dalam kondisi seperti ini, mangan akan membantu meringankan mood, depresi, sakit kepala serta mudah tersinggung pada wanita. Ada penelitian yang menunjukkan bahwa wanita yang mengidap sindrom pramenstruasi mengalami kekurangan mangan. Mangan mampu menjaga system hormonal dalam tubuh kita, sehingga akan ikut berperan dalam mengurangi sindrom pramenstruasi.

  • Menjaga kesehatan tiroid

Mangan juga berfungsi sebagai co-faktor penting untuk berbagai macam enzim dalam tubuh dan juga merupakan komponen penting dari tiroksin. Hormone tiroksin merupakan hormone yang penting dalam kelenjar tiroid. Kelenjar tiroid yang selalu dalam keadaan sehat akan mencegah terjaidnya masalah pada kesehatan, seperti mencegah peningkatan berat badan, menjaga nafsu makan, serta menjaga metabolism tubuh.

  • Membantu penyerapan nutrisi penting

Berbagai nutrisi penting, seperti vitamin B, E dan mineral magnesium akan semakin mudah diserap oleh tubuh, bila kebutuhan mangan dalam tubuh kita selalu tercukupi. Mangan diperlukan dalam berbagai reaksi enzimatik yang diperlukan untuk penyerapan berbagai nutrisi penting.

  • Menjaga fungsi otak dan system saraf
organ otak

organ otak

Mangan penting artinya untuk menjaga kesehatan fungsi otak serta mampu mengobati terjadinya gangguan pada saraf tertentu. Kemungkinan besar, hal ini disebabkan karena mangan ikut berperan dalam membasmi berbagai radikal bebas dalam tubuh, termasuk dalam jalur saraf. sama seperti organ tubuh yang lainnya, otak juga bisa terkena dampak negative dari radikal bebas yang berlebihan dalam tubuh.

  • Menjaga fungsi saluran pencernaan

Mangan merupakan mineral yang mampu menjaga fungsi saluran pencernaan. Sebab, mangan juga ikut berperan dalam meningkatkan penyerapan lemak dalam proses pencernaan serta mengurangi berbagai masalah, seperti usus yang tidak nyaman maupun sembelit. Mangan juga penting dalam pemanfaatan makanan secara lebih efisien serta ikut merubah makanan menjadi energy.

  • Mempercepat proses penyembuhan luka

Proses penyembuhan luka merupakan suatu hal yang kompleks dan membutuhkan peningkatan produksi kolagen. Mangan diperlukan dalam mengaktivkan prodilase, suatu enzim yang berfungsi untuk memproduksi prolin yang nantinya ikut berperan dalam pembentukan kolagen pada sel kulit manusia. Jadi, untuk mempercepat proses penyembuhan luka sebaiknya anda mengkonsumsi makanan yang mengandung mangan.

Meskipun mangan sangat penting bagi tubuh kita, namun tubuh kita membutuhkannya dalam jumlah yang sedikit sekali. Mangan merupakan salah satu dari tiga mineral yang mampu menyebabkan racun pada tubuh manusia.

Sebaiknya jangan mengkonsumsi suplemen mangan dalam jumlah yang berlebihan. Kadar mangan berlebihan dalam tubuh justru akan sangat berbahaya dan data menyebabkan terjadinya penyakit-penyakit yang sangat berbahaya.

Overdosis mangan dapat menyebabkan terjadinya gejala yang mirip dengan penyakit Parkinson, atau mungkin justru menyebabkan terjadinya Parkinson. Selain itu, orang-orang yang mengidap gangguan hati, sebaiknya jangan mengkonsumsi mangan secara berlebihan. Karena hati akan kesulitan dalam menyingkirkan kelebihan mangan yang nantinya justru akan menyebabkan munculnya psikosis, gangguan mental serta kejang-kejang.

Orang-orang yang mengidap anemia berat juga sebaiknya tidak mengkonsumsi mangan terlalu berlebihan. Konsumsilah makanan-makanan alami yang mengandung mangan secara bijaksana.