Mengenal Lebih Dekat Tentang Adenomiosis

gambaran adenomiosis

gambaran adenomiosis

Adenomiosis adalah pembengkakan pada rahim. Awalnya pembengkakan ini disebabkan karena jaringan endometrium atau jaringan yang seharusnya melapisi dinding rahim justru masuk dan tumbuh di dalam myometrium atau lapisan otot rahim. Hal ini sering disebut juga dengan nama endometriosis internal.

Jadi bisa dikatakan bahwa penyakit hampir sama dengan endometriosis. Adenomiosis bisa juga terjadi secara bersamaan dengan endometriosis eksternal.

Meskipun jaringan andometrium tembuh di tempat yang tidak seharusnya, namun ia akan tetap mengikuti siklus mestruasi. Jadi cenderung ikut mengalami pendarahan pada saat menstruasi.

Darah yang terkumpul akibat dari pendarahan pada endometrium tadi akan terkumpul dan menumpuk di dalam jaringan otot rahim, sehingga menyebabkan pembengkakan pada rahim. Ketika di periksa, maka ukuran rahim menjadi lebih besar dari ukuran normal.

Pembengkakan yang terjadi bisa merata atau bisa juga hanya terfokus di satu bagian saja dalam rahim. Bila pembengkakan hanya terfokus di satu tempat saja, maka hal ini disebut dengan nama adenomyoma. Hal seperti ini menyerupai tumor rahim biasa.

Umumnya adenomiosis sering disalah artikan sebagai fibroid rahim saat didiagnosa. Fibroid rahim atau pendarahan rahim lebih cenderung terjadi karena adanya pertumbuhan sel tumor yang abnormal. Pertumbuhan secara abnormal terjadi karena pengaruh dari hormone estrogen.

Tumbuhnya tumor pada rahim kemungkinan bisa menggeser serta menekan jaringan disekitarnya, namun tidak akan bisa menyusup ke jaringan otot rahim. Karena tidak menyusup ke jaringan otot rahim, maka tumor tersebut bisa diangkat seluruhnya tanpa mengganggu jaringan rahim. Operasi pengangkatan tumor di rahim disebut myomektomi.

Adenomiosis bukanlah tumor, namun lebih cenderung sebagai pembengkakan local dari dinding rahim sebagai akibat dari masuknya jaringan endometrium. Proses pengangkatannya juga lebih sulit. Sangat tidak mungkin untuk bisa mengangkat jaringan yang terkena adenomiosis tanpa mengangkat jaringan otot rahim yang dimasuki oleh jaringan endometrium.

Seseorang yang mengalami adenomiosis bisa saja tidak merasakan gejala apapun. Ada juga beberapa kasus lainnya yang menunjukkan beberapa gejala, seperti:

  • gejala adenomiosis

    gejala adenomiosis

    Perdarahan yang banyak sekali saat menstruasi

  • Adanya kram perut serta nyeri pada bagian perut saat menstruasi maupun tidak
  • Rasa nyeri ketika melakukan hubungan intim
  • Adanya gumpalan darah saat menstruasi
  • Rahim yang membengkak yang bisa dilihat bila perut bagian bawah tampak lebih besar

Adenomiosis kemungkinan bisa menyebabkan kesuburan menjadi semakin berkurang. Beberapa kasus adenomiosis terjadi pada wanita hamil yang usianya diatas 35 tahun. Kebanyakan kasus adenomiosis pada wanita hamil ditemukan saat operasi cesar maupun pada saat operasi pengangkatan rahim.

Adenomiosis bisa didiagnosa dengan melakukan pemeriksaan rontgen pada daerah panggul. Bisa djuga diagnosis melalui pemeriksaan MRI yang mampu mendeteksi adanya adenomiosis dan seberapa parah kondisinya.

Adenomiosis juga bisa dibantu dengan menggunakan herbal tertentu. Karena pertumbuhan dari adenomiosis juga membutuhkan hormone estrogen, maka gejala-gejalanya akan semakin berkurang ketika seorang wanita telah mencapai menopause.

Beberapa jenis obat-obatan tertentu, seperti obat anti-inflamasi maupun obat untuk manipulasi hormone juga mampu mengurangi efek dari adenomiosis.

Namun bagi orang-orang yang lebih suka dengan cara yang alami, ada beberapa herbal yang bisa digunakan untuk mengurangi efek dari adenomiosis, seperti:

  • Jahe

Jahe sering digunakan oleh orang-orang Asia dan telah popular di seluruh dunia. Jahe mengandung senyawa yang bersifat antioksidan yang bernama gingerol, yang mampu bertindak sebagai anti-inflamasi alami serta mampu menjaga fungsi normal dari rahim. Cara yang paling mudah adalah dengan mengkonsumsi teh jahe. Selain itu, jahe juga memiliki sifat analgesic, sehingga mampu mengurangi rasa sakit maupun nyeri saat menstruasi.

  • Kunyit
manfaat kunyit untuk kesehatan

manfaat kunyit untuk kesehatan

Campurkan kunyit kedalam segelas susu hangat dan diminum secara rutin. Hal seperti ini mampu mengurangi peradangan pada seluruh bagian tubuh. Umumnya ramuan seperti ini digunakan untuk mengurangi peradangan akibat arthritis. Kandungan kurkumin dalam kunyit mampu mengurangi peradangan dimana saja termasuk dalam rahim serta mengurangi jumlah darah saat menstruasi.

  • Kalsium serta magnesium

Kalsium serta magnesium marupakan mineral yang sangat erat kaitannya dengan proses menstruasi. Mengkonsumsi makanan maupun minuman yang mengandung kalsium serta magnesium selama masa menstruasi, mampu membantu meringankan gejala serta memperbaiki tingkat keparahan dari adenomiosis.