Mengenal Lebih Dekat Tentang Penyakit Fibrosis Kistik

gambaran fibrosis kistik

gambaran fibrosis kistik

Fibrosis kistik atau sering disebut fibrosis, adalah suatu kondisi peradangan akibat dari gangguan pada kanal klorida yang letaknya di lapisan epithelial. Umumnya, gangguan seperti ini disebabkan oleh perkembangan mucus yang berlebihan dan membuat bakteri lebih cepat berkembang biak, sehingga menimbulkan penyakit karena infeksi bakteri, seperti pneumonia dan juga fibrosis kistik.

Fibrosis kistik umumnya bersifat bawaan dari gen. bila kedua orang tua merupakan pembawa gen dari penyakit ini, maka salah satu anaknya akan mengidap fibrosis kistik. Penyakit ini timbul karena adanya mutasi pada salah satu gen yang bertugas untuk mengendalikan protein yang mengatur perpindahan klorida dan natrium melalui selaput sel.

Sehingga, terjadilah dehidrasi serta pengetalan sekresi yang menyerang hampir seluruh kelenjar endokrin atau kelenjar yang mengeluarkan cairan ke dalam saluran tertentu dalam tubuh kita.

Rendahnya kadar vitamin C dalam plasma darah maupun pada ASL atau Airway Surface Liquid, sering sekali ditemukan pada orang-orang yang mengidap fibrosis kistik, asma, penyakit paru obstruktif kronis, perokok, anak-anak yang terpapar asap rokok maupun gagal napas akut.

Vitamin C sebenarnya memiliki peranan yang cukup unik dalam mengatur aliran protein dalam tubuh. Asam askorbat dan garam ekstraseluler, mampu meningkatkan sekresi klorida transepitelial yang menyebabkan aliran mukus sepanjang permukaan ASL. Hal ini juga didukung dengan adanya fakta bahwa vitamin C dosis tinggi mampu menyebabkan diare, karena adanya peningkatan jumlah mucus dalam tubuh.

Fibrosis kistik merupakan kelainan genetic yang sangat mempengaruhi organ paru-paru, namun mampu memberikan dampak yang buruk juga pada beberapa organ lainnya, seperti usus, pancreas serta hati.

Gejala utama dari fibrosis kistik adalah adanya infeksi paru-paru kronis, seperti pneumonia serta gangguan paru lainnya yang melemahkan serta merusak kekuata dari organ paru-paru. Kondisi seperti ini akan memerlukan transplantasi paru-paru, karena susah sekali untuk diobati.

Namun belakangan ini sudah banyak penelitian tentang penyakit fibrosis kistik. Ada beberapa cara pencegahan agar kondisi penyakit ini tidak terlalu parah. Salah satu cara yang paling baik adalah dengan menghindari infeksi paru-paru yang mampu memperburuk kondisi paru-paru anda.

Selain itu ada beberapa jenis makanan alami yang bisa anda tambahkan dalam pola makan anda sehari-hari untuk melindungi diri anda dari penyakit fibrosis kistik, seperti:

  • Ginseng
ginseng China

ginseng China

Ginseng merupakan bahan alami yang baik sekali untuk pengobatan. Ginseng umumnya sering digunakan sebagai bahan antibakteri yang paling ampuh. Menambahkan bubuk ginseng dalam makanan anda maupun minum the ginseng secara rutin, merupakan cara yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh anda. Cara tersebut akan mencegah terjadinya infeksi bakteri yang menyerang paru-paru maupun anggota tubuh lainnya.

  • Omega 3

Mengkonsumsi makanan yang kaya akan asam lemak omega 3 akan meningkatkan system kekebalan tubuh anda, serta mencegah terjadinya infeksi pada paru-paru. Omega 3 juga mampu mencegah produksi lendir atau mucus yang berlebihan serta mengurangi peradangan pada biomarker, yang juga ikut berperan dalan munculnya penyakit kronis maupun infeksi paru-paru. Ikan merupakan makanan yang kaya akan omega 3. Jadi sebaiknya perbanyak konsumsi ikan.

  • Bawang putih

Mengkonsumsi bawang putih juga mampu mencegah terjadinya fibrosis kistik. Komponen volatile dalam bawang putih mampu memusnahkan bakteri yang menjadi penyebab utama dari infeksi paru-paru. Mengkonsumsi bawang putih juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap berbagai jenis infeksi. Buatlah pasta bawang putih dan gunakan untuk menggosok bagian dada. Cara seperti ini akan membuat anda selalu menghirup aromanya yang kuat saat anda tidur. cara seperti ini mampu melegakan pernapasan saat tidur.

  • Pepaya

Tanpa kita sadari, pepaya mampu mencegah perkembangan beberapa strain bakteri, seperti Staphylococcus dan Bacilus cereus yang snagat berhubungan dengan organ paru-paru. Mengkonsumsi pepaya 2 ampai 3 kali dalam satu minggu mampu menangkal berbagai bakteri yang berkembang dalam saluran pernapasan.

  • Cengkeh, kayu manis dan peppermint

Minyak esensial yang terkandung dalam cengkeh, kayu putih maupun peppermint, sama-sama memiliki aroma yang menyenangkan serta baik sekali efeknya untuk kesehatan. Minyak esensial dari 3 bahan tersebut mampu mencegah virus serta membunuh bakteri, sehingga mereka tidak mampu menyebabkan terjadinya infeksi yang serius terhadap paru-paru.

  • Licorice

Licorice mengandung banyak senyawa yang kuat sekali untuk mengurangi peradangan serta ampuh untuk membunuh bakteri yang dapat menyebabkan infeksi pada paru-paru.

  • Kunyit
bubuk kunyit

bubuk kunyit

Kunyit mampu mengurangi peradangan pada paru-paru serta ikut mencegah pertumbuhan bakteri yang berbahaya bagi kesehatan. Mengkonsumsi makanan yang diberi kunyit atau meminum sari kunyit secara rutin mampu mencegah terjadinya fibrosis kistik.

  • Gandum

Mengkonsumsi roti maupun sereal gandum baik sekali untuk kesehatan. Gandum mampu membantu memodifikasi metabolism serta mencegah berbagai penyebab dari penyakit fibrosis kistik.

  • Teh hijau

Teh hijau mengandung senyawa catechin serta senyawa lainnya yang sangat baik untuk kesehatan. Catechin dan berbagai senyawa tersebut nantinya akan meningkatkan system kekebalan tubuh karena memiliki sifat antioksidan yang kuat. Mengkonsumsi teh hijau akan ikut menenangkan system pernapasan serta mencegah peradangan. Peradangan pada paru-paru akan membuat paru-paru lebih rentan mengalami infeksi.

  • Vitamin D

Vitamin D mampu mencegah kemungkinan terjadinya pneumonia berulang. Sinar matahari pagi sangat baik sekali untuk kesehatan, karena juga mengandung vitamin D. Berjemur atau berolahraga di pagi hari serta mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin D akan sangat baik sekali untuk mengurangi kemungkinan kekambuhan infeksi pada paru-paru.

Sebaiknya lakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin untuk memantau kesehatan serta kondisi paru-paru anda. Masih belum ada obat yang baik untuk menyembuhkan penyakit fibrosis kistik. Jadi, cara yang paling baik adalah mencegah dengan pola makan dan gaya hidup sehat,  memperlambat  penyebaran serta menjaga tingkat keparahan dari penyakit ini.