Mengenal Lebih Dekat Tentang Penyakit Meniere

gambaran vertigo

gambaran vertigo

Apakah anda pernah mengalami vertigo yang disertai dengan gangguan pada bagian telinga anda? Bila anda pernah mengalaminya, sebaiknya segera periksakan kesehatan telinga anda.

Vertigo yang disertai dengan adanya gangguan pada bagian telinga, bisa saja merupakan tanda bahwa anda mengalami penyakit Meniere.

Penyakit Meniere merupakan salah satu jenis gangguan yang terjadi pada telinga bangain dalam , dimana anda akan mengalami vertigo atau sensasi gerakan berputar dan disertai dengan hilangnya kemampuan dalam mendengar.

Penyakit ini termasuk dalah satu penyakit kronis serta umumnya hanya terjadi pada salah satu bagian telinga saja. Penyakit Meniere bisa terjadi pada siapa saja, entah itu anak-anak maupun orang dewasa. Namun biasanya penyakit ini sering terjadi pada orang dewasa yang usianya 40 tahun ke atas.

Penyakit Meniere terkadang disebut juga dengan nama hydrops endolymphatic, merupakan suatu gangguan telinga bagian dalam yang dapat mempengaruhi pendengaran serta keseimbangan tubuh sampai tingkat tertentu.

Penyakit Meniere sering ditandai dengan adanya episode kejadian vertigo tinnitus serta gangguan pendengaran yang terjadi berulang-ulang. Hilangnya pendengaran terjadi secara tiba-tiba, bergantian antara telinga yang satu dan telinga yang lainnya, dan lama kelamaan akan menjadi hilangnya pendengaran secara permanen tanpa kembali ke fungsi normal.

Penyakit Meniere diambil dari nama seorang dokter berkebangsaan perancis, yaitu Prosper Ménière. Dokter Prosper Ménière menulis artikel yang diterbitkan pada tahun 1861. Dokter Prosper Ménière adalah ornag yang pertama melaporkan bahwa vertigo disebabkan oleh gangguang telinga bagian dalam.

Kondisi gangguan telinga sangat berbeda-beda. Ada kalanya 1 individu mengalami gangguan ringan saat mendengar dan hanya sebentar saja terjadi, ada juga yang mengalami gangguan pendengaran yang berat sampai seumur hidup.

Beberapa gejala yang penandai adanya penyakit Meniere, meliputi:

  • Vertigo

Anda akan merasa pusing yang snagat hebat di kepala. Rasa pusing terjadi seperti ada sedang berputar-putar dengan cepat sekali. Anda juga akan merasa seluruh ruangan seperti ikut berputar-putar. Keseimbangan tubuh juga ikut hilang. Hal seperti ini bisa anda rasakan selama 20 menit, 2 jam, bahkan bisa sampai 24 jam. Karena anda merasa seperti berputar-putar, maka anda akan merasakan mual serta muntah. Vertigo merupakan salah satu gejala dari penyakit Meniere yang pang berat. Karena, ketika anda mengalami vertigo anda tidak mampu melakukan kegiatan apapun serta akan menyebabkan anda mengalami stress secara emosional.

  • Gangguan dalam mendengar
gangguan pendengaran

gangguan pendengaran

Bila penyakit Meniere yang anda alami masih dalam tahap awal, umumnya anda akan mengalami gangguan pendengaran dalam sesaat serta akan pulih dengan sendirinya. Kebanyakan pengidap penyakit Meniere tahap akut, mengalami kehilangan kemampuan dalam mendengar secara permanen.

  • Tinnitus

Salah satu gejala penyakit Meniere adalah tinnitus atau telinga berdengung. Bila anda sering merasakan seperti suara berdengungdi dalam telinga anda, sebaiknya segera periksakan telinga anda ke dokter ahli.

  • Tekanan dalam telinga

Gejala lain dari penyakit Meniere adalah adanya tekanan dalam telinga. Seseorang yang mengidap penyakit Meniere akan merasakan seperti ada tenakan pada telinga bagian dalam.

Gejala dari penyakit Meniere akan muncul dengan tingkat keparahan, frekuensi serta durasi yang berbeda-beda, terutama pada awal penyakit. Contohnya, anda mungkin akan mengalami vertigo yang lebih parah dengan gejala lainnya, atau bisa juga anda akan mengalami kehilangan pendengaran yang lebih parah daripada gejala lainnya. Namun bisa juga semua gejala tersebut terjadi dalam waktu yang bersamaan

Bila anda mengalami salah satu dari gejala seperti diatas, sebaiknya langsung periksakan kondisi anda ke dokter ahli. Gejala-gejala tersebut bisa saja menimbulkan komplikasi lain, seperti gangguan dalam berbicara, kehilangan kesadaran, kehilangan daya penglihatan atau mungkin menimbulkan penyakit yang lebih serius, seperti stroke maupun kanker otak.

Volume maupun komposisi cairan dalam telinga bagian tengah yang abnormal disinyalir merupakan penyebab dari penyakit Meniere. Di dalam telinga terdapat beberapa bagian yang saling berhubungan satu sama lain serta didalamnya terdapat sebuah rongga yang disebut dengan nama labirin.

Labirin dalam telinga memiliki membrane yang lembut dan terisi dengan cairan atau endolimfe serta dilapisi dengan sensor rambut yang berfungsi untuk merespon gerakan dari cairan endolimfe. Agar semua sensor yang ada di dalam telinga kita dapat berfungsi dengan baik, maka cairan tersebut harus mempertahankan volume, tekanan serta komposisi kimianya.

memeriksakan kondisi telinga

memeriksakan kondisi telinga

Namun, ada beberapa factor yang dapat mengubah sifat cairan serta mampu menyebabkan munculnya penyakit Meniere. Tidak hanya itu saja, para ilmuwan serta ahli kesehatan juga menyebutkan beberapa hal yang mampu memicu munculnya penyakit Meniere, seperti infeksi virus, alergi, cedera pada bagian kepala, migraine, cairan telinga yang tidak dialirkan dengan tepat serta respon imun tubuh yang abnormal.

Kelebihan cairan di telinga bagian dalam akan mengalir ke daerah telinga lainnya sehingga menyebabkan kerusakan. Membrane labirin dalam telinga dapat melebar seperti balon ketika tekanan meningkat sedangkan cairan terblokir.

Kondisi seperti ini akan menyebabkan terjadinya pembengkakan kantung endolymphatic atau jaringan lain dalam system vestibular dari telinga bagian dalam, yang bertanggung jawab atas keseimbangan tubuh.

Dalam beberapa kasus, saluran endolymphatic bisa saja terhalang oleh jaringan parut atau mungkin mengalami penyempitan sejak lahir. Dalam beberapa kasus, mungkin ada terlalu banyak cairan yang dikeluarkan oleh vaskularis stria.

Kondisi-kondisi seperti ini dapat diperburuk dengan adanya konsumsi garam secara berlebihan pada beberapa pengidap penyakit Meniere. Ada juga kasus terjadinya penyakit Meniere yang disebabkan oleh efek buruk dari penyebaran virus herpes.

Penyakit Meniere mempengaruhi sekitar 190 orang per 100.000 orang di dunia. Studi dominasi gender yang terbaru menunjukkan bahwa penyakit Meniere cenderung mempengaruhi wanita daripada pada pria. Biasanya penyakit Meniere akan terjadi pada usia dewasa dengan gejala-gejala yang semakin meningkat seiring dengan bertambahnya usia.

Dalam penelitian terbaru diebutkan bahwa penyakit Meniere dapat diperburuk dengan adanya aprea tidur ostruktif serta dapat dipicu oleh penyakit seperti migraine maupun aterosklerosis. Kebiasaan buruk seperti merokok juga dapat memicu terjadinya serangan penyakit Meniere.