Mengenal Lebih Jauh Manfaat Dari Susu Kedelai

susu kedelai

susu kedelai

Susu kedelai atau yang lebih tepatnya sari kedelai, merupakan sejenis minuman yang terbuat dari kacang kedelai kuning.

Minuman ini diberi nama susu kedelai karena warnanya yang putih kekuningan sangat mirip dengan susu.

Susu kacang kedelai memiliki komposisi gizi yang hampir mirip dengan susu sapi, yaitu 3,5% protein, 2,9% karbohidrat serta 2% lemak. Menurut para ahli nutrisi, susu kedelai bukan termasuk dalam kategori susu, karena susu adalah cairan yang hanya diproduksi oleh kelenjar susu yang ada pada mamalia maupun manusia.

Susu kedelai sudah dikenal sejak beribu-ribu tahun yang lalu. Susu kedelai atau yang disebut juga susu kacang kedelai atau susu kacang telah ada di Tiongkok sejak ribuan tahun, tepatnya sekitar 1900 tahun yang lalu.

Tercatat dalam sejarah bahwa Raja Huainan, yaitu Liu An dari Dinasti Han yang ibunya mengalami sakit keras sehingga tidak mampu mengunyah makanan yang keras. Kemudian Liu An menggiling kacang kuning yang telah direndam terlebih dahulu selama beberapa waktu menjadi cairan yang kemudian dikenal dengan nama susu kacang.

Penyakit yang diderita ibunya berangsur-angsur mulai membaik sehingga membuat susu kacang buatannya menjadi terkenal dan menyebar luas ke masyarakat. Susu kacang menjadi minuman yang umum dalam kebudayaan Tionghoa karena merupakan minuman yang cocok  untuk diminum sepanjang tahun.

Sekarang, dengan berkembangnya teknologi, minuman seperti susu kedelai ini dapat kita buat sendiri di rumah. Susu kedelai mengandung banyak nutrisi serta dapat menjadi pilihan sumber protein bagi orang-orang yang mengalami laktoda intoleran maupun orang-orang vegetarian.

Dalam satu cangkir susu kedelai, mengandung 5 gr lemak, 80 kalori, serta sekitar 7 gr protein. Selain itu, susu kedelai mengandung banyak vitamin B6 serta magnesium, riboflavin, phosphorus dan thiamin.

Susu-Kacang-Kedelai

Dibandingkan dengan biji-bijian yang lain, kacang kedelai memiliki banyak sekali kandungan protein. Protein dibutuhkan oleh tubuh kita untuk pertumbuhan serta memelihara jaringan tubuh seperti organ maupun otot.

Menurut FDA atau Badan Pengawas Obat dan Makanan di Amerika, dengan mengkonsumsi 25 gr protein kedelai setiap hari dapat menurunkan kolesterol sehingga dapat mengurangi resiko terjadinya penyakit jantung. Selain itu, susu kedelai juga mengandung asam lemak Omega 3 yang dapat menurunkan kadar lemak serta kolesterol dalam tubuh kita.

Berbeda dengan susu sapi, susu kedelai tidak mengandung kolesterol serta kandungan lemak jenuhnya rendah sekali. Salah satu manfaat dari mengkonsumsi susu kedelai adalah dapat memenuhi kebutuhan serat  dan sangat menyehatkan bagi organ pencernaan.

Probiotik seperti oligosakarida yang terkandung dalam kedelai dapat mencegah serta menghilangkan sembelit serta memperlancar buang air besar. Jadi, dengan mengkonsumsi susu kedelai, berat badan anda akan tetap terjaga serta dapat menyehatkan organ jantung.

Namun, meskipun memiliki banyak manfaat, tidak semua orang bisa mengkonsumsi susu kedelai. Susu kedelai maupun produk kedelai lainnya mengandung isoflavon. Dalam sebuah uji coba terhadap hewan, konsumsi isoflavon dalam jumlah yang terlalu tinggi dapat menurunkan kesuburan. Selain itu, ada juga penelitian pada tahun 2008 yang menunjukkan bahwa terlalu sering mengkonsumsi kedelai dapat mengurangi konsentrasi sel sperma.

Namun, anda tidak perlu khawatir. Susu kedelai maupun semua produk kedelai lainnya tidak akan berbahaya bagi anda selama anda mengkonsumsinya dalam jumlah wajar.

Susu kedelai dipercaya memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan kita, meliputi:

  • Mencegah penyakit jantung
manfaat susu kedelai

manfaat susu kedelai

Protein serta isoflavon yang terkandung didalam susu kedelai akan membantu dalam proses mengurangi kolesterol jahat atau LDL dalam tubuh serta mengurangi adanya kemungkinan terjadinya pembekuan darah. Yang nantinya akan mencegah terjadinya penyakit jantung maupun stroke.

  • Antioksidan

Kandungan isoflavon yang terdapat di dalam kedelai, bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan. Senyawa isoflavon ini berperan dalam memperbaiki sel-sel tubuh serta mencegah terjadinya kerusakan pada sel-sel tubuh yang disebabkan oleh polusi, sinar matahari serta karena proses metabolisme tubuh yang normal.

  • Mencegah kanker

Isoflavon juga dapat berperan sebagai agen antikanker yang dapat melawan berbagai sel-sel kanker. Dengan cara mengkonsumsi susu kedelai maka anda akan terhindar dari berbagai bahaya penyakit kanker.

  • Membalikkan efek endometriosis

Kedelai membantu dalam menunda aksi estrogen alami tubuh, yang bertanggung jawab untuk mengurangi atau mencegah rasa sakit selama periode menstruasi (perdarahan berat) dan gejala lainnya pada wanita.

  • Mengatasi gejala menopause

Kandungan isoflavon pada kedelai membantu untuk mengatur estrogen. Penelitian telah menemukan bahwa isoflavon kedelai dapat mengurangi rasa panas pada badan (hot flushes) pada wanita menopause.

  • Memberi efek baik untuk diabetes dan sakit ginjal

Protein dan serat yang larut dalam kedelai, mengatur kadar glukosa darah dan filtrasi ginjal, dengan demikian mengendalikan diabetes dan penyakit ginjal.

  • Mencegah osteoporosis

Protein kedelai membantu dalam penyerapan yang lebih baik kalsium dalam tulang. Isoflavon yang hadir dalam makanan kedelai berfungsi untuk memperlambat kehilangan tulang dan menghambat kerusakan tulang yang pada gilirannya mencegah osteoporosis.

  • Menjaga berat badan

Kandungan serat yang tinggi pada kedelai sebagai alat untuk manajemen (mengatur) berat badan. Ini adalah indeks glisemik rendah (GI) makanan yang mengatur gula darah dan fluktuasi insulin. Sehingga dapat membantu mengontrol rasa lapar. Hal ini akan sangat membantu Anda dalam proses penurunan berat badan.

3 comments for “Mengenal Lebih Jauh Manfaat Dari Susu Kedelai

  1. Pingback: Calvin
  2. Pingback: Franklin
  3. Pingback: Dave

Comments are closed.