Mengenal Lebih Jauh Tentang Penyakit Psoriasis

psoriasis pada bagian siku

psoriasis pada bagian siku

Psoriasis merupakan suatu jenis penyakit autoimun yang umumnya sering terjadi pada bagian kulit. Psoriasis ditandai dengan adanya sisik yang berlapis-lapis dengan warna keperakan, disertai dengan adanya penebalan kulit berwarna kemerahan dan disertai dengan rasa perih maupun gatal. Jika sisik-sisik tersebut dilepaskan maka akan timbul bintik perdarahan pada bagian kulit bawahnya.

Penyakit psoriasis memang jarang sekali terjadi, sehingga banyak orang yang tidak mengenalnya. Namun bila anda melihat tanda-tanda dari penyakit ini, maka anda akan bisa langsung mengenalinya.

Psoriasis merupakan salah satu kelainan pada kulit yang tidak menular, yang sebenarnya disebabkan oleh reproduksi sel kulit yang terlalu cepat sehingga membentuk kulit yang kemerahan, kering serta menebal.

Umumnya, seseorang yang normal mengalami pergantian kulit selama 3 sampai 4 minggu sekali. Namun, pengidap psoriasis akan mengalami masa pergantian kulit yang sangat cepat yaitu hanya 2 sampai 3 hari sekali serta sel kulit yang baru tersebut tumbuh secara tidak merata sehingga menyebabkan munculnya bercak-bercak kemerahan pada bagian kulit.

penyakit psoriasis yang sudah menyebar

penyakit psoriasis yang sudah menyebar

Serpihan kering serta sisik di kulit diperkirakan disebabkan oleh pembentukan sel kulit yang sangat cepat. Psoriasis sering muncul pada daerah tubuh, khususnya kulit sekitar siku, lutut, daerah genital serta kulit kepala.

Psoriasis juga sering timbul di bagian kuku. Psoriasis yang di kuku umumnya dimulai dengan adanya bintik putih di bagian kuku sampai adanya penebalan pada kuku. Pada bagian kepala, psoriasis akan membentuk semacam sisik besar dan tebal berwarna kemerahan yang nantinya akan melewati batas rambut.

Penyakit psoriasis tidak hanya terjadi di bagian siku, lutut, daerah genital dan kepala saja. Penyakit ini bisa menyebar sampai ke kulit wajah, lipatan siku dan lutut, telapak tangan serta sampai telapak kaki. Semakin parah penyakit psoriasis yang diidap seseorang maka akan semakin menyebar luas keseluruh tubuh.

Bila anda atau keluarga anda mengalami penyakit psoriasis, sebaiknya segera lakukan pengobatan yang tepat untuk menyembuhkannya. Bila tidak ditangani dengan tepat nantinya akan semakin meluas dan akan menimbulkan rasa tidak nyaman, meskipun tidak sampai menyebabkan kematian.

Sebagian orang mengalami psoriasis tingkat ringan yang tidak disadari. Yang lainnya bisa terserang psoriasis tingkat berat yang dapat diketahui secara visual dengan adanya sisik tebal pada bagian kulit serta warnanya yang kemerahan.

Psoriasis dialami oleh 1 sampai 2% populasi dunia. Penyakit psoriasis jarang ditemukan pada orang-orang di Afrika barat, Amerika serta di Asia. Umumnya penyakit psoriasis sering terjadi pada orang-orang yang berusia 20 sampai 30 tahunan, meskipun ada juga yang terjadi pada anak-anak maupun orang yang lanjut usia.

Seseorang yang mengidap psoriasis berat cenderung merasa malu, mudah stress ketika bekerja serta mudah mengalami stress emosional karena kulitnya yang berbeda dengan orang normal. Penyakit psoriasis merupakan salah satu penyakit yang bisa dilihat secara langsung sehingga orang yang mengidapnya akan dihindari karena takut tertular.

kulit bersisik atau psoriasis

kulit bersisik atau psoriasis

Penyebab yang pasti dari penyakit psoriasis masih belum bisa ditemukan hingga sekarang. Kemungkinan karena beberapa factor predisposisi, seperti factor keturunan serta factor lingkungan. Tampaknya, system imunitas tubuh yang paling berperan dalam timbulnya penyakit psoriasis.

Penyakit psoriasis belum bisa disembuhkan, namun masih banyak cara untuk mengendalikannya. Banyak pengidap psoriasis yang cenderung membaik selama musim panas serta banyak juga yang kondisi penyakitnya semakin buruk selama musim dingin. Kondisi seperti ini kemungkinan karena pengaruh dari sinar matahari.

Beberapa factor yang dapat memicu munculnya penyakit psoriasis, meliputi:

  • Cedera, trauma maupun iritasi pada kulit
  • Penggunaan obat-obatan tertentu yang tidak sesuai dengan daya tahan tubuh
  • Infeksi bakteri maupun virus
  • Konsumsi makanan tinggi kalori yang menyebabkan tubuh terasa panas serta kulit memerah
  • Stress

Tanda-tanda penyakit psoriasis, meliputi:

  • Bercak-bercak kemerahan yang menonjol, terasa gatal dna cenderung kering
  • Kulit bersisik berwarna keperakan
  • Ketika bercak menonjol pada kulit pecah akan menimbulkan rasa nyeri dan pedih
  • Umumnya bercak kemerahan muncul secara terpisah dan nantinya akan menyatu
  • Umumnya bercak merah akan muncul di daerah siku, lutut, punggung, kepala serta kuku

Karena penyakit psoriasis merupakan penyakit autoimun, maka penyakit ini bisa terjadi pada siapa saja baik pada balita, anak-anak, remaja maupun orang dewasa. Psoriasis bukanlah suatu penyakit yang menular, jadi anda tidak perlu merasa takut.

Sebagian orang berpendapat bahwa penyakit psoriasis merupakan penyakit yang sulit untuk dicegah. Kemungkinan penyakit psoriasis sulit untuk dicegah secara medis, namun pola hidup sehat dan positif serta selalu menjaga kebersihan, tentunya akan berpengaruh baik terhadap kesehatan.