Mengenal Lebih Jauh Tentang Penyakit Raynaud

gambaran gejala penyakit raynaud

gambaran gejala penyakit raynaud

Penyakit Raynaud adalah suatu kondisi yang merupakan bagian dari penyakit lain yang kemungkinan lebih serius.

Pada dasarnya penyakit Raynaud merupakan kondisi hiper aktivasi pada system saraf simpatik, yang kemudian menyebabkan terjadinya penyempitan ekstrem pada pembuluh darah. Penyempitan ekstrem pada pembuluh darah nanatinya akan memperlambat peredaran darah dan menyebabkan hipoksia atau kekurangan sel darah pada organ tubuh tertentu.

Ketika pembuluh darah sekunder mendorong darah dan ada penyempitan disana, maka bagian tubuh tersebut akan kehilangan sensasi dan warna kulit cenderung berubah menjadi lebih pucat. Hal ini disebut juga dengan nama Fenomena Raynaud. Umumnya penyakit Raynaud kronis merupakan salah satu gejala dari penyakit lupus eritematosus sistemik.Gejala umum dari penyakit Raynaud adalah mati rasa, perubahan warna kulit pada bagian tangan dan kaki, stress emosional, serta kuku mudah rapuh. Ketika kulit terkena hawa dingin, maka tangan dan kaki kulit akan berubah menjadi semakin putih, karena hilangnya darah dibagian tersebut.

Umumnya penyakit ini sering terjadi di bagian tangan, jari tangan, kaki, jari kaki, serta telinga. Ketika suplai oksigen dalam tubuh mulai habis, maka kulit akan berubah menjadi biru.

penyebab penyakit raynaud

penyebab penyakit raynaud

Ketika darah yang berisi oksigen masuk, maka kulit akan kembali berwarna kemerahan, namun sering disertai dengan adanya pembengkakan dan rasa sakit pada jaringan tubuh.

Mati rasa yang muncul karena penyakit Raynaud akan berubah menjadi kesemutan yang sangat menyakitkan selama beberapa saat. Efek ini akan terus berlangsung bila tidak segera diobati.

Memang ada beberapa kondisi yang menyebabkan aliran darah menjadi terganggu. Namun penyakit Raynaud bisa muncul dengan sendirinya tanpa factor bawaan atau keturunan.

Kebiasaan merokok juga dapat memperburuk keparahan penyakit Raynaud. Anda bisa mengunjungi dokter ahli untuk mendapatkan obat yang tepat untuk mengurangi gejalanya. Selain itu ada juga beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk meringankan gejala dari penyakit Raynaud.

Beberapa bahan alami yang bisa anda gunakan untuk mengurangi gejala penyakit Raynaud, meliputi:

  • Ginko biloba

Ginko biloba telah menjadi solusi alami yang baik sekali untuk mengurangi gejala dari banyak jenis penyakit. Ginko biloba dianggap sebagai vasodilator serta stimulant yang baik untuk system peredaran darah. Anda perlu waktu yang agak lama untuk memperbaiki kembali system peredaran darah. Namun  ginko biloba terlah terbukti mampu mengurangi gejala penyakit Raynaud hingga 50%. Dengan mengkonsumsi ginko biloba, maka peredaran tubuh anda akan kembali normal.

  • Relaksasi

Menurut beberapa penelitian tentang penyakit Raynaud, banyak yang beranggapan bahwa penyakit ini disebabkan karena adanya gangguan pada kesehatan mental seseorang. Kebanyakan kasus penyakit Raynaud terjadi karena adanya stress emosional yang berkepanjangan. Untuk mengurangi stress mental berkepanjangan tersebut, maka diperlukan relaksasi. Relaksasi mampu mengurangi ketegangan dalam tubuh, sehingga sirkulasi darah akan semakin lancar. Bila ditambah dengan yoga, pilates maupun meditasi, maka akan menjadi lebih baik lagi.

  • Biofeedback

Mengikuti pelatihan biofeedback juga bisa dilakukan untuk mengurangi gejala penyakit Raynaud. Pelatihan biofeedback umumnya digabungkan dengan tehnik relaksasi, sehingga anda bisa mengontrol semua proses dalam tubuh anda sendiri secara sadar. Anda tidak perlu menggunakan peralatan apapun karena ini semua murni dari dalam tubuh anda sendiri.

  • Vitamin B3

makanan yang mengandung vitamin B3

makanan yang mengandung vitamin B3

Vitamin B3 diperlukan untuk meningkatkan aliran darah ke permukaan kulit serta mengatur lebarnya pembuluh darah di seluruh tubuh. Anda bisa memperbanyak konsumsi makanan yang kaya akan vitamin B3, seperti  hati, ayam, ikan, jamur, kacang hijau, serta biji bunga matahari.

  • Kalium

Kalium merupakan mineral yang sangat penting dalam hal mengendalikan keseimbangan cairan dalam tubuh. Dalam tubuh kita kalium akan bekerjasama dengan natrium dalam menjaga pelebaran pembuluh darah dan arteri. Karena penyakit Raynaud disebabkan oleh kurangnya aliran darah dan oksigen ke seluruh tubuh, maka makanan yang kaya akan kalium akan sangat baik sekali untuk mengurangi gejala dari penyakit Raynaud. Kalium juga mampu mengurangi ketegangan pada system kardiovaskular, sehingga efek dari penyakit Raynaud dapat dikurangi.

  • Jahe

Jahe telah digunakan selama ribuan tahun lalu untuk memperbaiki masalah sirkulasi darah. Jahe bersifat menghangatkan yang nantinya akan membuat tubuh menjadi lebih hangat. Umunya gejala penyakit Raynaud akan muncul disaat cuaca dingin. Dengan cara mengkonsumsi the jahe, maka anda akan merasa tubuh anda lebih hangat dan terhindar dari penyempitan pembuluh darah.

  • Vitamin E

Selain bagus untuk kulit, vitamin E juga mampu melindungi tubuh kita dari berbagai jenis penyakit dan mampu melindungi kesehatan pembuluh darah. pembuluh darah yang sehat akan membuat aliran darah dan oksigen diseluruh bagian tubuh menjadi lebih lancar. Ada begitu banyak makanan yang mengandung vitamin E, seperti alpukat, seafood, sayuran berdaun hijau dan juga kacang-kacangan.

  • Vitamin C

Vitamin C mampu meningkatkan system kekebalan tubuh serta digunakan untuk ratusan fungsi lainnya bagi tubuh, termasuk memproduksi sel kulit yang baru, melindungi sel kulit serta produksi kolagen. Pastikan untuk memeriksakan diri anda pada dokter ahli bila anda sering mengalami gejala, seperti mati rasa, kesemutan dan lain sebagainya. Bisa saja itu merupakan gejala dari penyakit Raynaud atau mungkin gejala dari penyakit lainnya yang lebih berbahaya.