Mengenal Lebih Jauh Tentang Vitamin K

 

sumber vitamin K

sumber vitamin K

Vitamin K berasal dari kata Koagulation, merupakan sekelompok vitamin lipofilik serta hidrofobik yang dibutuhkan untuk modifikasi pascatranslasi dari berbagai macam protein, seperti dalam proses pembekuan darah.

Hampir sama seperti vitamin E, vitamin K juga termasuk dalam golongan vitamin yang larut dalam lemak. Fungsi dari vitamin K adalah untuk menghentikan terjadinya pendarahan yang dapat berakibat fatal.

Secara kimia, vitamin K merupakan turunan 2-metil-1, 4-naftokuinona. Vitamin K bersifat tanah panas, namun akan mengalami kerusakan jika terpapar senyawa asam, basa serta terkena paparan sinar matahari.

Pada manusia, vitamin K bisa kita dapatkan dari nutrisi asupan makanan serta dari mikroflora yang terdapat di dalam saluran pencernaan.

Vitamin K2 atau menakuinona dan menatetrenona secara normal diproduksi oleh bakteri yang terdapat di dalam saluran pencernaan manusia.

Kekurangan gizi akibat dari kesalahan pola makan jarang sekali terjadi kecuali jika saluran pencernaan seseorang mengalami kerusakan yang begitu parah sehingga tidak dapat menyerap molekul dari vitamin K.

sayuran yang mengandung vitamin kVitamin K banyak terdapat di dalam berbagai jenis makanan, seperti kembang kol, selada, bayam, brokoli, hati sapi, kacang polong, kiwi, asparagus, seledri, kentang, alpukat, kacang kedelai, katuk, blueberri serta kubis.

Dosis harian dari vitamin K adalah sebanyak 2 mikrogram per 1 kg berat badan kita. Gejala umum dari kekurangan vitamin K adalah proses pembekuan darah yang tidak normal.

Kekurangan vitamin K memang jarang sekali terjadi pada orang-orang dewasa, namun justru sering terjadi pada bayi yang baru lahir. Sedangkan gejala umum dari kelebihan vitamin K adalah, mual-mual, anemia, muntah, diare serta ruam-ruam di kulit.

Berbagai manfaat dari vitamin K, meliputi:

  • Pembekuan darah

Vitamin K ikut berperan dalam produski prothorombin, yaitu suatu protein plasma yang diproduksi di dalam organ hati. Prothorombin ini nantinya akan diubah menjadi thrombin yang penting sekali artinya dalam hal pembekuan darah. Jika kita mengalami kekurangan vitamin K maka kita akan mengalami pendarahan yang fatal karena darah akan keluar secara terus menerus.

Ketika terluka, seseorang yang normal akan membutuhkan waktu sekitar 1 sampai 2 hari saja, namun orang-orang yang kekurangan vitamin K akan membutuhkan waktu untuk sembuh yang lebih lama.

  • Mencegah osteoporosis
osteoporosis

osteoporosis

Vitamin K juga ikut berperan dalam meningkatkan kepadatan tulang yang nantinya akan membentu struktur tulang yang kuat dalam tubuh kita. Vitamin K sangat baik sekali bagi kita khususnya bagi wanita karena dapat menurunkan resiko terserang osteoporosis.

Di dalam tulang, vitamin K akan membantu senyawa osteokalsin yang berfungsi dalam hal menyerap mineral yang diperlukan membentuk struktur tulang yang kuat. Osteokalsin sendiri dipeoruksi oleh osteoblast, yaitu kumpulan sel yang berperan dalam pembentukan tulan.

  • Mencegah diabetes

Para peneliti di Tufts menemukan bahwa vitamin K, khususnya vitamin K1 dapat mengurangi resiko terjadinya resistensi insulin sehingga dapat membantu dalam hal mencegah terjadinya diabetes. Penemuan tersebut telah diterbitkan dalam jurnal kesehatan Diabetes Care.

Selain itu, vitamin K juga akan ikut membantu dalam proses metabolism di dalam tubuh kita yang berkaitan dengan resistensi dari senyawa insulin.

  • Mencegah hemoragik
pemberian vitamin k pada bayi

pemberian vitamin k pada bayi

Hemoragik, merupakan suatu penyakit dengan kondisi infeksi yang dapat menyebabkan hilangnya darah serta cairan tubuh. Umumnya penyakit hemoragik sering terjadi pada bayi yang baru dilahirkan. Bayi yang mengidap hemoragik akan mudah sekali mengalami pendarahan.

Untuk mencegahnya, bayi yang mengidap hemoragik harus diberi asupan vitamin K melalui ASI. Si ibu harus mengkonsumsi jenis makanan yang kaya akan vitamin K untuk mencegah perkembangan penyakit hemoragik pada bayinya. Namun sekarang ada juga vitamin K yang bisa langsung diteteskan maupun diinjeksikan ke bayi.

  • Mencegah pendarahan pada organ hati

Di dalam tubuh kita, vitamin K juga akan menekan proses terjadinya pendarahan pada organ hati. Kondisi pendarahan pada organ hati umumnya disebabkan oleh pemakaian senyawa antibiotic maupun aspirin secara berlebihan. Pendarahan dalam organ hati akan sangat fatal akibatnya dan bisa dikatakan relative sulit untuk diobati.

  • Mencegah penyakit kanker

Di dalam hati, vitamin K dibutuhkan untuk mengaktivasi protrombin dengan reaksi karboksilasi gugus Glu pada residu protein prekursornya dan diubah menjadi asam glutamate. Asam glutamate akan diubah lagi menjadi asam karboksiglutamat gamma yang salah satu fungsi adalah untuk menghambat proses pembentukan sel kanker dalam hati maupun dalam paru-paru.