Mengenal Penyakit Multiple Sclerosis

multiple sclerosis

multiple sclerosis

Multiple sclerosis merupakan salah satu penyakit autoimun yang umumnya menyerang system saraf pusat dan dapat menyebabkan gangguan kondisi fisik si pasien. Ada sekitar 20.000 kasus kematian yang disebabkan oleh penyakit multiple sclerosis setiap tahun.

Sebenarnya multiple sclerosis adalah penyakit demielinasi yang terjadi pada selubung pelindung saraf serta sel-sel sumsum tulang belakang. Hal ini nantinya akan membuat saraf motoric dari si pengidap mengalami kerusakan. Kerusakan akan menyebar dan menyebabkan adanya gangguan fisik, psikologis serta fungsi kognitif.

Penyakit ini bisa terjadi karena adanya kejang-kejang yang perlahan-lahan menjadi bertambah parah. Ada juga yang langsung menyerang bagian saraf tertentu tanpa ditandai dengan kejang, dan semakin bertambah buruk dari waktu ke waktu.

Multiple sclerosis dapat terjadi karena adanya factor genetika maupun karena adanya infeksi yang menyerang system kekebalan tubuh. Beberapa jenis penyakit gangguan autoimun sudah bisa diobati, namun multiple sclerosis masih belum ditemukan obatnya.

Ada beberapa obat yang bertujuan untuk mengurangi tingkat keparahan dari penyakit multiple sclerosis, jadi bukan untuk menyembuhkan. Umumnya wanita lebih banyak mengalami multiple sclerosis, namun lebih mudah untuk dikurangi tingkat keparahannya dengan obat.

Ada beberapa terapi yang baik untuk mencegah maupun mengurangi gejala dari multiple sclerosis. Hal ini nantinya juga akan semakin baik bila dikombinasikan dari obat-obatan yang sesuai dengan resep dokter untuk mengurangi keparahan dari multiple sclerosis.

Cara alami untuk mengurangi tingkat keparahan dari multiple sclerosis, meliputi:

  • Probiotik

Salah satu factor penyebab dari munculnya multiple sclerosis adalah berkurangnya unsur hara, sehingga terlalu banyak racun yang menumpuk dalam tubuh. Penumpukan racun dalam tubuh nantinya akan memperlemah kekebalan tubuh. Probiotik diperlukan untuk meningkatkan unsur hara dalam system pencernaan yang nantinya akan membuat bakteri dalam system pencernaan menjadi seimbang. Selain itu probiotik juga memiliki efek anti-inflamasi, yang nantinya akan mengurangi terjadinya peradangan dalam tubuh.

  • Jahe
jahe

jahe

Jahe memiliki manfaat yang baik sekali untuk kesehatan. Jahe memiliki sifat anti-inflamasi sekaligus mampu menenangkan saraf dalam tubuh. Menggunakan jahe untuk mengurangi keparahan multiple sclerosis juga mampu mengurangi rasa nyeri pada bagian sendi, mengurangi gugup, mual serta berbagai masalah pada system pencernaan.

  • Selenium

Selenium merupakan salah satu mineral yang penting bagi kesehatan, namun sedikit sekali makanan yang mengandung selenium. Selenium sebenarnya sangat baik sekali dalam hal meningkatkan kekebalan tubuh serta metabolism. Selenium banyak terkandung dalam ikan, kacang-kacangan serta hati. Mengkonsumsi makanan yang kaya akan selenium nantinya akan ikut melindungi diri kita dari multiple sclerosis.

  • Ginseng

Ginseng mengandung antioksidan serta memiliki sifat anti-inflamasi yang baik sekali untuk mengurangi maupun mencegah terjadinya multiple sclerosis. Anda bisa mengkonsumsi ginseng dalam bentuk teh maupun ditambahkan dalam makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Hal ini juga mampu menghilangkan kelelahan kronis yang banyak dirasakan oleh pengidap multiple sclerosis.

  • Kalsium

Seperti yang kita ketahui bersama, kalsium diperlukan untuk meningkatkan kesehatan tulang, jantung, serta mengurangi resiko kanker. Penggunaan kalsium pada pengidap multiple sclerosis dapat meningkatkan kualitas hidup dari si pengidap. Kalsium memang tidak berdampak secara langsung pada system saraf, namun cukup efektif dalam mengurangi berbagai macam gejala dari multiple sclerosis.

  • Cranberry

Jus maupun suplemen yang berbahan dasar cranberry mengandung banyak antioksidan dan senyawa lainnya yang mampu memperbaiki kesehatan dan mengurangi tingkat keparahan dari multiple sclerosis. Kebanyakan pasien pengidap multiple sclerosis mengalami kesulitan dalam mengendalikan fungsi kandung kemih. Mengkonsumsi jus cranberry secara rutin mampu memperbaiki bahkan meningkatkan fungsi dari kandung kemih.

  • Vitamin D

Sinar matahari pagi pada dasarnya mampu memperbaiki berbagai gangguan kesehatan pada diri kita. Dan tanpa kita sadari, rendahnya vitamin D dalam tubuh kita juga merupakan salah satu factor penyebab berkembangnya penyakit multiple sclerosis. Vitamin D bisa kita dapatkan dari sinar matahari pagi. Semakin sering kita mendapatkan sinar matahari pagi, maka kita akan terbebas dari penyakit multiple sclerosis.

  • Asam lemak omega 3
omega 3

omega 3

Asam lemak omega 3 tidak hanya ikut berperan dalam mengurangi obesitas, kanker, penyakit jantung dan penyakit kronis lainnya. Asam lemak omega 3 juga ikut berperan dalam mengurangi tingkat keparahan dari penyakit multiple sclerosis. Asam lemak omega 3 mampu meningkatkan system kekebalan tubuh serta ikut mengurangi terjadinya peradangan bagi orang-orang yang mengalami gangguan autoimun tertentu, termasuk multiple sclerosis.

  • Peppermint

Peppermint merupakan salah satu bahan ramuan yang bersifat menenangkan. Peppermeint telah banyak digunakan untuk mengurangi sakit kepala, mual, depresi sampai gangguan system saraf. sebenanrya hal ini masih diteliti secara lebih lanjut lagi. Namun minyak peppermint cukup efektif dalam mengurangi gejala tertentu dari multiple sclerosis, yaitu mampu mengurangi gangguan pada usus.

  • Pijat

Selain memperbaiki pola makan serta menambahkan suplemen, melakukan terapi pijat juga dapat mengurangi tingkat kecemasan, stress maupun depresi, pada pasien pengidap multiple sclerosis. Memang, terapi pijat tidak akan bisa merubah arah gangguan secara langsung, namun hal ini nantinya akan ikut meningkatkan kualitas hidup dari pasien pengidap multiple sclerosis.

  • Akupuntur

Akupuntur juga bisa dilakukan untuk mengelola rasa sakit, stress serta menenangkan system saraf. Sayangnya, menjalani terapi akupuntur dapat mempengaruhi efek dari obat-obatan yang dikonsumsi. Ada baiknya untuk selalu berhati-hati dalam menggabungkan terapi akupuntur dengan terapi pengobatan herbal.