Mengenal Penyakit Paru-paru Basah

kondisi paru-paru basah

kondisi paru-paru basah

Penyakit paru-paru basah merupakan suatu gangguan kesehatan pada tubuh yang ditandai dengan adanya masalah pada saluran pernafasan yang menuju ke paru-paru yang disebabkan oleh terlalu banyaknya air.

Paru-paru memang selalu dalam keadaan basah untuk melancarkan kinerja dari paru-paru itu sendiri. Namun, jika jumlah cairan yang terdapat dalam paru-paru tersebut terlalu banyak maka akan menimbulkan akibat yang fatal, seperti pembengkakan pada paru-paru serta dapat menghasilkan lendir.

Sebagai tempat pertukaran O2 serta Co2, maka wajar sekali bila paru-paru manusia selalu dalam keadaan basah. Jadi, apa sebenarnya yang dimaksud dengan paru-paru basah? Sebenarnya, dalam dunia medis, tidak ada istilah paru-paru basah. Kemungkinan, penyakit paru-paru basah adalah penyakit effusi pleura.

Effusi pleura merupakan suatu kondisi dimana terjadi penumpukan cairan di dalam rongga pleura atau rongga pemisah antara paru-paru dengan dinding dada. Dalam jumlah yang normal, cairan tersebut berfungsi sebagai pelumas ketika paru-paru mengembang maupun mengempis saat kita sedang bernafas. Penumpukan cairan di dalam rongga pleura bisa saja terjadi karena berbagai macam hal, seperti gagal ginjal, kanker maupun gagal jantung.

gejala paru-paru basah

gejala paru-paru basah

Di Indonesia sendiri, penyebab dari effusi pleura atau paru-paru basah yang terbesar adalah karena penyakit duberkulosis. Para penderita paru-paru basah umumnya akan merasakan gejala seperti sesak napas, sering batuk yang juga disertai dahak serta adanya rasa nyeri pada bagian dada.

Jadi, penyebab dari paru-paru basah bukan karena udara dingin atau karena tidur dengan kipas angin yang langsung diarahkan ke tubuh, seperti yang selama ini sering kali kita dengar. Udara dingin hanya bisa mempengaruhi kondisi kesehatan anda ketika vitalitas tubuh anda sedang mengalami penurunan.

Paru-paru basah disebabkan oleh sekitar 30 macam jenis sumber infeksi. Penyebab utama dari paru-paru basah adalah bakteri, virus, jamur, mikroplasma, berbagai macam senyawa kimia serta partikel kecil yang masuk ke dalam paru-paru.

Gejala yang terjadi pada penyakit paru-paru basah, meliputi:

  • Sesak napas
  • Batuk-batuk yang disertai dengan dahak
  • Rasa sakit pada bagian dada saat batuk
  • Telapak kaki maupun tangan terasa dingin serta basah

Pengobatan alami terhadap gejala penyakit paru-paru basah, adalah sebaiknya pengidap paru-paru basah tidak sering keluar rumah terlebih lagi pada malam hari. Karena keadaan diluar rumah pada malam hari atau begadang merupakan faktor tertinggi yang dapat menyebabkan munculnya penyakit paru-paru basah.

Olahraga juga merupakan salah satu cara untuk mencegah terjadinya penyakit paru-paru basah. Dengan keluarnya keringat akan mengurangi terjadinya penyakit paru-paru basah.  Olahraga yang dilakukan secara teratur akan membuah kaki serta tangan anda yang sebelumnya sering  berkeringat akan berkurang serta selalu terasa kering.

Sebelum ditemukannya antibiotik, sebanyak sepertiga dari semua orang yang me ngebangkan penyakit paru-paru basah kemudian meninggal karena adanya infeksi. Saat ini, meskipun mayoritas orang-orang yang terinfeksi paru-paru basah, sekitar 5 % diantaranya memiliki prognosis yang buruk yang dapat berujung pada kematian. Paru-paru basah adalah penyebab utama terjadinya kematian nomer enam di negara Amerika Serikat.

paru2 basahBeberapa kasus terjadinya penyakit paru-paru basah terjadi karena menghirup tetesan kecil yang mengandung mikroorganisme yang menyebabkan pneumonia. Tetesan ini menyebar di udara ketika seseorang yang telah terinfeksi dengan kuman sedang batuk maupun bersin.

Dalam beberapa kasus yang lain, paru-paru basah bisa disebabkan karena masuknya virus maupun bakteri yang ada di dalam mulut, tenggorokan maupun hidung yang tanpa sengaja memasuki organ paru-paru.  Umumnya respon dari sistem kekebalan tubuh mereka nantinya akan mencegah masuknya organisme yang menyebabkan paru-paru basah.

Setelah organisme tersebut memasuki paru-paru, umumnya mereka akan menetap di kantung udara serta bagian-bagian dari paru-paru dan nantinya akan berkembang biak dengan pesat. Pada daerah tersebut, paru-paru mengalami infeksi dan terisi dengan cairan serta nanah atau sel-sel inflamasi tubuh, karena adanya usaha untuk melawan infeksi yang terjadi di dalam paru-paru.

Untuk mencegah terjadinya penyakit paru-paru basah, sebaiknya anda rutin untuk berolahraga. Selain berolahraga, anda bisa mengimbangi juga dengan memperbanyak konsumsi sayur dan buah terutama yang banyak mengandung antioksidan.

Selain itu, ada baiknya juga untuk menghentikan kebiasaan buruk seperti merokok. Rokok, mengandung banyak sekali racun yang berbahaya bagi tubuh, terutama bagi organ paru-paru.

1 comment for “Mengenal Penyakit Paru-paru Basah

  1. Pingback: Ronald

Comments are closed.