Mengobati Usus Buntu Secara Alami

usus buntu

usus buntu

Usus buntu adalah suatu organ yang berbentuk seperti tabung yang berukuran 5 sampai 10 cm yang terhubung dengan usus besar. Awalnya tidak ada yang tahu mengapa kita bisa memiliki usus buntu.

Jika usus buntu tersebut diangkat dengan cara pembedahan, maka tidak akan ada pengaruh apa-apa terhadap kesehatan kita. Namun bila usus buntu mengalami peradangan atau pembengkakan yang sering disebut penyakit usus buntu, maka akan menyebabkan munculnya komplikasi yang serius.

Usus buntu, terletak disebelah kanan bawah perut. Jika sampai terjadi peradangan pada usus buntu tersebut, maka akan muncul rasa sakit yang hebat pada bagian perut sebelah kanan. 

Menurut perkiraan, usus buntu memiliki fungsi untuk menjaga tubuh dari serangan penyakit. Apabila usus buntu tersebut mengalami infeksi, maka akan timbul bahaya yang dapat mengganggu kesehatan.

Umumnya penyebab dari infeksi pada usus buntu karena adanya makanan yang keras yang masuk kedalam usus buntu dan tidak dapat dikeluarkan lagi.  Makanan yang masuk kedalam usus buntu dapat menyebabkan usus buntu menjadi mengkerut, sehingga usus buntu menjadi lebih cenderung mengalami infeksi.

Seringkali pengobatan usus buntu berdasarkan pada pengambilan bagian dari usus buntu yang mengalami peradangan, melalui laparoskopi. Penyakit usus buntu harus segera ditangani, karena bila tidak segera ditangani maka akan menyebabkan infeksi yang sangat serius dan dapat menyebabkan kematian.

Maka dari itu, penyakit usus buntu merupakan penyakit yang sangat berbahaya. Peradangan pada usus buntu umumnya akan penuh dengan nanah. Jumlah racun yang menumpuk dalam usus buntu akan menyebabkan radang pada usus buntu.

Setelah gejala dari penyakit usus buntu muncul, maka waktu yang dibutuhkan hanya sekitar 1 sampai 2 hari untuk menyebarkan infeksi. Apabila usus buntu sudah pecah, maka tidak bisa lagi untuk diobati di rumah.

Ada beberapa jenis makanan yang bisa digunakan untuk mengobati usus buntu, khususnya usus buntu dalam tahap awal. Beberapa jenis makanan yang bisa digunakan untuk mengobati usus buntu:

  • Kacang hijau
mung bean atau kacang hijau

mung bean atau kacang hijau

Kacang hijau banyak mengandung serat yang relative mudah untuk dicerna oleh siapa saja termasuk orang yang mengidap usus buntu. Kacang hijau juga mengandung karbohidrat, protein, vitamin dan mineral yang nantinya akan ikut menjaga kondisi kesehatan. Bagi penderita usus buntu bisa menggunakan kacang hijau untuk memenuhi kebutuhan serat setiap hari.

  • Jus sayuran

Jus sayuran yang dibuat dari ketimun maupun bit bisa juga digunakan sebagai obat usus buntu. Selain itu, jus wortel juga bisa dikonsumsi untuk menyembuhkan usus buntu. Sebaiknya pilihlah sayuran yang tidak terlalu keras untuk dijadikan jus.

  • Gandum

Gandum telah dipercaya sejak dulu untuk mengobati usus buntu. Umumnya gandum utuh yang telah ditumbuk akan dicampur dengan tepung untuk dikonsumsi orang yang mengidap penyakit usus buntu. Makanan seperti ini kaya akan serat dan membuat perut lebih tenang.

  • Jahe

Jahe juga bisa digunakan untuk mengobati usus buntu. Jahe bisa campurkan dalam jus, dalam makanan maupun direbus dengan air dan kemudian diminum. Jahe mengandung senyawa yang bersifat antibakteri  dan antiradang yang baik sekali untuk pengidap usus buntu. Selain itu, jahe juga akan menghangatkan perut.

  • Pegagan

Pegagan sering dijadikan obat usus buntu dalam literature pengobatan ala China. Berbagai senyawa dalam pegagan akan membantu menyembuhkan luka serta memperbaiki jaringan yang luka dalam tubuh kita. Sebaiknya orang yang mengidap hipertensi tidak mengkonsumsi pegagan, karena nantinya justru akan berbahaya bagi kesehatannya.

  • Agrimony

Agrimony adalah sejenis tanaman bunga yang cukup efektif dalam mengobati usus buntu. Sejak jaman dahuluh agrimony digunakan untuk mengobati berbagai macam masalah pada system pencernaan. Mengkonsumsi teh agrimony secara teratur akan mengurangi rasa sakit dan kram pada bagian perut, selain itu juga ikut memperbaiki masalah pada ginjal dan juga hati.

  • Dandelion
jus daun dandelion

jus daun dandelion

Dandelion merupakan salah satu jenis herbal yang mengandung antioksidan yang kuat. maka dari itu, dandelion bisa digunakan untuk mengobati usus buntu. Mengkonsumsi jus dandelion akan membersihkan berbagai racun yang menumpuk dalam usus yang nantinya akan mencegah terjadinya usus buntu. Namun, orang yang mengidap diabetes maupun mengidap berbagai jenis gangguan ginjal sebaiknya tidak mengkonsumsi dandelion, karena akan memberikan dampak yang buruk bagi kesehatannya.

  • Fenugreek

Fenugreek juga dapat dikonsumsi untuk mengobati penyakit usus buntu. Biji fenugreek yang direbus dengan air dan menjadi teh mampu menghangatkan dan memperbaiki kerja organ pencernaan. Selain itu, teh fenugreek juga mampu membersihkan berbagai racun maupun limbah berbahaya dalam tubuh kita.

  • Kunyit

Mengkonsumsi kunyit mampu mengurangi rasa sakit serta peradangan yang terjadi pada usus buntu. Selain itu juga akan mengurangi kram pada bagian perut. Hal ini nantinya akan mengurangi rasa sakit serta gejala dari penyakit usus buntu.