Menjaga Mood Dengan Makanan

badmoodSebelum kita melangkah lebih lanjut, kita perlu mengetahui dulu apa itu yang dimaksud dengan mood. Mood atau suasana hati merupakan keadaan emosional yang memiliki sifat sementara, bisa saja hanya beberapa menit tapi tidak jarang ada yang sampai beberapa minggu.

Mood atau suasana hati memiliki dua nilai kualitas, yaitu positif serta negative. Maka dari itu, orang hampir sering membicarakan tentang salah satu dari kualitas mood, yaitu antara mood yang baik atau good mood dengan mood yang buruk atau bad mood.

Mood atau suasana hati seseorang dapat memperngaruhi orang tersebut untuk merespon rangsangan. Contohnya, mood yang buruk atau bad mood cenderung akan memberikan respon yang negative. Sedangkan mood yang baik akan cenderung memberikan respon  yang baik dengan penuh semangat.

Lantas, apa bedanya mood dengan emosi? Mood atau suasana hati sangat berbeda dengan emosi, sebab mood tidak harus disebabkan oleh sesuatu hal.

Contohnya, seseorang akan dapat merasakan emosi bahagia setelah menerima hadiah, sedangkan mood bahagia merupakan kecenderungan untuk bereaksi terhadap suatu rangsangan dari luar. Mood biasanya dapat bertahan lebih lama daripada emosi.

Mood atau suasana hati juga berbeda dengan kepribadian. Mood bersifat tidak banyak berubah, sedangkan kepribadian cenderung berubah-ubah. Walaupun mood dapat berlangsung dalam waktu yang lama, biasanya kepribadian akan berlangsung lebih lama daripada mood.

stres disebabkan mood yang buruk

stres disebabkan mood yang buruk

Namun, mood atau suasana hati serta kepribadian juga saling mempengaruhi. Orang-orang yang memiliki kepribadian yang optimis, umumnya mudah menunjukkan mood yang baik, seperti mood bahagia. Sedangkan orang yang memiliki pribadian pesimis mudah menunjukkan mood yang buruk seperti tertekan, depresi, sedih dan lain sebagainya.

Ada berbagai macam hal yang dapat mempengaruhi mood seseorang. Tidur, merupakan factor utama yang dapat mempengaruhi mood seseorang. Orang yang sering begadang umumnya memiliki mood yang buruk seperti rasa depresi berlebihan.

Factor lain seperti makanan, obat-obatan serta pola hidup juga dapat mempengaruhi mood seseorang. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa mengambil keputusan juga dipengaruhi oleh mood orang tersebut data itu.

Selain dapat mempengatuhi kondisi fisik serta kesehatan, makanan juga dapat mempengaruhi mood atau suasana hati seseorang. Banyak ahli gizi yang meyakini bahwa makanan yang masuk ke dalam tubuh seseorang akan sangat mempengaruhi mood orang tersebut.

Ada beberapa mood yang dapat terjadi karena dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi oleh seseorang. Berbagai mood tersebut, meliputi:

  • Mood  kesal serta marah

Jenis makanan yang kaya akan kandungan gula seperti permen, biscuit, maupun kue, diketahui mempu meningkatkan energy. Namun, jenis makanan seperti ini juga dapat membuat tubuh kita mudah lesu serta lebih cepat merasa lapar. Selain itu, jenis makanan seperti ini juga dapat mempengatuhi mood sehingga kita sering merasa kesal, mudah tersinggung serta marah.

Untuk mengurangi mood kesal serta ingin marah sebaiknya konsumsi makanan yang mengandung protein karena membuat enda merasa cepat kenyang serta dapat mengendalikan diri dari kebiasaan makan terlalu banyak.

Makanan yang mengandung lemak trans akan membuat mood kita menjadi cepat kesal. Dalam sebuah penelitian, sering mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak trans membuat seseorang lebih mudah tersinggung serta lebih agresif.

  • Mood lelah dan mengantuk

Bila anda merasakan mood lelah serta merasa kantuk yang hebat, bisa saja karena anda kurang istirahat. Bila pada malam hari anda merasa kesulitan untuk tidur lelap, sebaiknya makanlah makanan yang mengandung triptofan.

Triptofan akan membantu proses produksi hormone serotonin serta melatonin yang dapat membuat tidur anda lebih lelap. Berbagai makanan yang mengandung triptofan, meliputi tlur, pisang, oat, tuna, kacang tanah, susu serta cokelat.

  • Mood gembira
mood yang baik atau good mood

mood yang baik atau good mood

Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung omega 3 serta omega 6 juga dapat membuat mood anda lebih baik, sehingga anda akan tetap merasa gembira dan bahagia.

Jenis makanan seperti telur, ikan salmon, kembang kol, bayam, kedelai, minyak ikan, biji rami serta kacang almond, akan sangat baik untuk memperbaiki mood anda.

Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa berbagai jenis makanan diatas akan membuat anda menjadi merasa gembira dan bahagia karena dapat mengurangi depresi pada seseorang.

  • Mood stres

Mengkonsumsi minuman berkafein seperti kopi khususnya setelah makan siang justru dapat menambah perasaan stress pada diri kita. Kandungan kafein yang terlalu tinggi dapat memperburuk mood serta meningkatkan stress. Maka dari itu, sebaiknya kurangilah konsumsi kopi.