Metode Diet Yang Berbahaya Bagi Kesehatan

menimbang berat badan

menimbang berat badan

Diet merupakan salah satu solusi bagi pria dan wanita yang merasa dirinya memiliki bentuk tubuh yang kurang ideal karena adanya peningkatan pada berat badannya.

Belakangan ini semakin banyak cara serta metode diet yang dianut oleh banyak kalangan serta sering dipaparkan di berbagai media massa.
Namun, sayangnya semua metode diet tersebut ada yang sehat dan ada juga yang sepenuhnya tidak sehat.

Rasanya hampir setiap minggu ada saja cara serta metode diet yang baru yang diklaim mampu membuat tubuh lebih langsing secara instan dan juga menyenangkan. Dengan iming-iming menurunkan berat badan tanpa memerlukan usaha yang kerasa inilah yang sering membuat kita menjadi mudah percaya sehingga mengikuti cara serta metode diet tertentu.

Meskipun demikian, sebaiknya anda tidak mudah untuk mengikuti cara-cara maupun metode diet seperti itu. Metode diet seperti itu biasanya tidak dapat menurunkan berat badan dalam jangka panjang, sulit untuk diikuti serta justru membuat tubuh kita kekurangan gizi.

Dibawah ini adalah macam-macam cara atau metode diet yang tidak direkomendasikan oleh para ahli kesehatan.

  • Metode diet makanan mentah
buah sayur dan kacang-kacangan

buah sayur dan kacang-kacangan

Metode diet makanan mentah atau raw food diet, memiliki prinsip menggantikan makanan yang dimasak atau diperoses secara berungkali dengan hanya mengkonsumsi makanan mentah seperti buah serta sayuran. Diet makanan mentah memang dapat menurunkan berat badan. Namun sebaiknya metode diet seperti ini tidak dilakukan secara berkepanjangan.

Para pengikut metode diet makanan mentah beralasan bahwa kadar gizi dalam sayur serta buah akan berkurang setelah proses pemasakan. Memang benar, namun proses pemasakan sayur serta buah masih menyisakan serat, vitamin serta mineral yang penting bagi tubuh kita dalam jumlah yang cukup. Bahkan sebenarnya ada beberapa jenis sayuran tertentu yang harus dimasak terlebih dahulu untuk meningkatkan kadar nutrisi serta untuk membunuh bakteri yang tertinggal di dalamnya.

Meskipun metode diet makanan mentah yang juga dilakukan oleh beberapa selebriti ini diklaim sehat, namun dapat merusak metabolisme tubuh serta merusak gigi. Gula yang terkandung dalam makanan mentah seperti buah-buahan nantinya akan merusak gigi bila tidak segera kita bersihkan. Hal seperti ini sama seperti kita mengkonsumsi makanan manis lainnya seperti permen maupun cokelat.

  • Metode diet lemon
air lemon

air lemon

Metode diet lemon sebenarnya sudah ada sejak dulu serta memiliki banyak variasi untuk menutupi kekurangan. Orang-orang yang mengikuti metode diet lemon hanya minum air yang dicampur dengan air perasan lemon.

Air yang dicampur dengan air perasan jeruk lemon memang baik bagi kesehatan, namun lemon juga memiliki sifat diuretic atau mengeluarkan cairan tubuh sehingga berat badan akan turun.

Namun, berkurangnya cairan tubuh akan membuat kita mengalami dehidrasi, mual, pusing serta lemas. Selain itu, ketika kita mengkonsumsi makanan yang “berat”, berat badan kita justru semakin meningkat bahkan peningkatannya lebih banyak daripada berat badan kita yang sebelumnya.

  • Metode diet alkali

Metode diet alkali menyarankan anda untuk pantang mengkonsumsi makanan seperti daging, produk susu, gula, alcohol, kafein serta berbagai makanan yang diproses. Sebagi gantinya adalah memperbanyak konsumsi makanan segar seperti buah dan sayur serta air. Hampir mirip metode diet makanan mentah.

Segi positif dari metode diet alkali adalah lebih banyak mengkonsumsi makanan segar sehingga kita terhindar dari bahaya makanan yang berpengawet.

Namun, sebenarnya tubuh kita masih membutuhkan nutrisi makanan yang bervariasi. Diet alkali juga tergolong rumit serta membutuhkan perencanaan makanan yang baik dan sangat teliti. Umumnya orang-orang yang menjalani diet ini tidak mampu melakukannya dalam waktu yang lama.

  • Metode diet golongan darah

Metode diet golongan darah diciptakan oleh seorang ahli naturopati yang bernama Peter D’Adamo. Metode diet ini meyakini bahwa ada reaksi kimia tertentu antara makanan yang kita konsumsi dengan golongan darah sehingga dapat membuat kita langsing.

Misalnya, orang-orang yang memiliki golongan darah O diharuskan untuk mengkonsumsi daging, sayuran serta buah dan harus menjauhi susu maupun tepung. Sedangkan orang dengan golongan darah A disarankan hanya mengkonsumsi sayuran dan buah seperti gaya vegan. Dan untuk orang-orang dengan golongan darah B diharuskan untuk menjauhi jagung, ayam, tepung serta kacang-kacangan.

Namun, sayangnya tidak ada bukti ilmiah dari diet golongan darah yang memang aturan-aturannya sangat ketat sekali mampu menurunkan berat badan. Mungkin karena aturan-aturannya yang terlalu ketat serta bahaya lainnya seperti malnutrisi.

  • Metode diet milkshake

Prinsip dari metode diet milkshake adalah menggantikan makanan yang kita konsumsi dengan minuman kocok. Metode diet milkshake juga banyak dilakukan oleh para selebriti ternama.

Salah satunya adalah Shane Warne, seorang atlet olahraga kriket. Diet ini tampaknya sehat, namun sisa-sisa milkshake yang masih menempel di gigi dikhawatirkan akan membuat gigi keropos. Sehingga, para pengikut metode diet milkshake diharuskan untuk lebih rajin membersihkan gigi.

  • Metode diet biscuit

Belum diketahui secara pasti siapa penggagas metode diet biscuit. Penggagas dari diet biscuit ini percaya bahwa dengan memperbanyak konsumsi biscuit akan membuat kita menjadi langsing. Metode diet biscuit menyarankan untuk mengkonsumsi biscuit yang kaya serat ketika kita sarapan, makan siang serta ngemil.

Memang, dengan menjalankan metode diet seperti ini kita lebih langsing, karena tidak ada makanan “berat” yang masuk dalam tubuh kita. Namun, diet ini justru membuat kita jadi seperti orang ngidam karena kita hanya boleh mengkonsumsi makanan “berat” pada malam hari saja.

  • Metode diet 5:2
diet kaya protein

diet kaya protein

Metode diet 5:2 mengharuskan para pengikutnya untuk makan sesuai dengan kebutuhan kalori hariannya selama 5 hari sedangkan pada 2 hari lainnya diharuskan untuk membatasi konsumsi kalorinya secara ketat. Walaupun diet ini efektif dalam menurunkan berat badan, namun resikonya sangat berbahaya.

Beberapa selebriti terkenal seperti Miranda Kerr  kabarnya mengikuti metode diet 5:2. Para penganut metode diet ini selain mengurangi asupan kalori juga diharuskan untuk mengurangi porsi karbohidrat, namun justru meningkatkan asupan protein.

Sayangnya, makanan yang kaya akan protein akan meningkatkan produksi keton sehingga dapat menyebabkan munculnya bau mulut. Selain itu, konsumsi protein dalam porsi yang terlalu banyak akan mempengaruhi kinerja ginjal sehingga kondisi ginjal sangat rentan sekali.

Hal yang terpenting dalam diet yang sehat adalah dengan mengetahui komposisi makanan dengan tepat. Untuk hal seperti ini, anda perlu melakukan berbagai test seperti mengetahui Indeks Massa Tubuh atau IMT, kandungan lemak dalam tubuh serta berapa banyak nutrisi yang anda butuhkan.

Selain itu, komposisi nutrisi yang diperlukan juga harus disesuaikan dengan usia serta aktivitas kita sehari-hari. Kebanyakan masalah berat badan serta bentuk badan berasal dari masalah sepele yaitu kesalahan pada pola makan saja.

Disiplin dalam mengatur pola makan serta mengatur porsi makan sepertinya dapat membantu anda untuk mengatasi masalah berat badan. Olahraga secara rutin juga penting sekali untuk membantu anda dalam mengurangi berat badan berlebihan.

Cukupi konsumsi serat juga mampu menurunkan berat badan dengan aman dan lebih alami. Serat akan membuat kita merasa lebih kenyang dalam waktu yang lebih lama serta dapat membantu memperlancar proses pengeluaran lemak dari dalam tubuh.

Terjadinya perut buncit umumnya disebabkan oleh kurangnya asupan serat sehingga kotoran serta lemak tertimbun dalam jumlah berlebihan dalam rongga perut.

1 comment for “Metode Diet Yang Berbahaya Bagi Kesehatan

Comments are closed.