Minuman Alternative Pengganti Susu Sapi

minum susu

minum susu

Susu sapi merupakan salah satu dari jenis susu yang banyak dihasilkan serta banyak dikonsumsi di dunia. Sayangnya, banyak susu sapi yang rusak karena cara pengolahan yang salah, maupun karena sapi tersebut tidak sehat sepenuhnya.

Susu sapi memang merupakan salah satu dari jenis minuman yang dapat menunjang kesehatan. Susu sapi yang tidak diproses dengan benar dapat menyebabkan mual serta berbagai gangguan lainnya pada kesehatan. 

Ada sebagian orang yang mengidap alergi susu sapi. Hal seperti ini terjadi karena system imunitas tubuh yang cenderung lemah. Susu mengandung protein yang dianggap sebagai senyawa berbahaya bagi tubuh, sehingga tubuh menghasilkan respon yang bertujuan untuk mengeluarkan senyawa tersebut.

Sekarang ini ada berbagai macam jenis susu yang lebih aman untuk dikonsumsi karena kandungan nutrisi dan senyawanya berbeda dengan susu sapi.

Berbagai minuman alternative pengganti susu sapi, meliputi:

  • Susu kambing

Susu kambing mengandung lemak dan kalori yang lebih tinggi daripada susu sapi, namun kandungan gulanya lebih sedikit dari pada susu sapi. Susu kambing mengandung lebih banyak kalsium, kalium, magnesium, protein, vitamin A, C dan juga vitamin D. Sekarang ini banyak susu kambing yang di jual di pasaran maupun di peternakan kambing.

  • Susu almond
susu almond

susu almond

Susu almond terbuat dari kacang almond. Susu almond mengandung kalori lebih sedikit daripada susu sapi. Hal ini tentu saja membuat susu almond menjadi pilihan yang baik untuk menjaga kesehatan organ jantung. Susu almond merupakan minuman yang rendah lemak dan rendah kalori. Anda bisa membuat susu almond sendiri di rumah dengan cara memblender almond mentah dengan sedikit gula dan air. susu almond menjadi alternative yang baik sebagai pengganti susu sapi. Susu almond juga mengandung protein, kalsium fosfat, kalium, vitamin B dan juga vitamin E.

  • Susu beras

Susu beras adalah susu dari beras yang biasa disebut dengan nama tajin. Tajin adalah alternative pengganti susu terbaik bila anda mengidap alergi terhadap laktosa maupun alergi terhadap kedelai. Sayangnya, tajin rendah protein.

  • Susu hazelnut

Jika anda mengidap alergi terhadap laktosa maupun alergi terhadap kedelai, maka anda bisa mengkonsumsi susu hazelnut. Susu hazelnut lebih kental dan rasanya jauh lebih gurih daripada susu sapi maupun susu kedelai. Umumnya susu hazelnut dicampur dengan susu almond agar bentuknya lebih encer dan nutrisinya menjadi semakin lengkap. Susu hazelnut kaya akan protein, serat, magnesium, antioksidan, vitamin B, kalsium, seng, zat besi, asam oleat serta vitamin E. anda bisa membuat susu hazelnut di rumah dengan cara memblender hazelnut, air dan sedikit gula. Untuk rasa anda bisa menambahkan sedikit coklat bubuk.

  • Susu rami

Susu rami adalah susu yang terbuat dari biji rami. Susu rami kaya akan omega 3. Omega 3 berasal dari minyak dari biji rami. Omega 3 mampu mencegah berbagai macam penyakit, seperti kanker, diabetes serta penyakit jantung. Susu rami tidak mengandung lemak, kolesterol, laktosa serta gluten. Umumnya susu rami rendah kalori, namun bila diolah dan ditambah dengan gula dalam jumlah lebih banyak, maka kalorinya akan bertambah.  Sebaiknya jangan terlalu mengandalkan susu rami sebagai sumber protein harian anda.

  • Susu oat

Susu oat didapat dengan cara memblender oat dengan sedikit bubuk kayu manis dan air. Susu oat kaya akan serat sehingga bentuknya lebih kental daripada susu sapi. Dalam sebuah penelitian, susu oat mampu menurunkan kadar LDL dalam tubuh. Hal seperti ini terjadi karena oat mengandung serat larut yang nantinya akan mengikat kolesterol dalama tubuh kita. Karena oat bukan termasuk keluarga kacang-kacangan, maka susu oat tidak berasa seperti kacang. Susu oat juga mengandung antioksidan yang nantinya akan membuat anda terhindar dari jantung coroner.

  • Susu kedelai
manfaat susu kedelai

manfaat susu kedelai

Susu kedelai banyak dijumpai di pasaran sekarang ini. Susu kedelai merupakan alternative pertama sebagai pengganti susu sapi. Susu kedelai cenderung rendah laktosa, sehingga baik untuk dikonsumsi oleh orang-orang yang alergi laktosa. Susu kedelai mengandung banyak protein, sehingga baik sekali bagi orang-orang vegetarian. Susu kedelai juga mampu mengurangi kadar kolesterol LDL dalam tubuh kita.

  • Susu kacang mete

Susu kacang mete adalah susu yang terbuat dari kacang mete. Susu kacang mete relative lebih mudah dalam proses pembuatannya, karena sama sekali tidak menghasilkan ampas. Rendamlah kacang mete dalam air selama satu malam, kemudian masukkan ke dalam blender dengan 1 gelas air dan sedikit gula atau madu. Begitu selesai diblender susu kacang mete bisa langsung diminum dan teksturnya tidak terlalu kental. Susu kacang mete cenderung rendah kalori dan kaya akan kalsium. Bila anda mengidap masalah seperti penyakit karena jamur, sebaiknya jangan mengkonsumsi susu kacnag mete. Hal ini nantinya akan memperparah kondisi anda.

  • Susu kelapa

Yang dimaksud susu kelapa adalah santan kelapa. Susu kelapa didapat dari memeras daging buah kelapa dengan maupun tanpa air. di Indonesia, santan sering digunakan dalam masakan maupun minuman, namun di India santan sering diminum sebagai pengganti susu sapi. Susu kelapa mengandung laktosa lebih rendah daripada susu sapi.