Mitos Bahaya Kesehatan Dari Mandi Malam

Mungkin anda sering mendengar mitos yang beredar di masyarakat yang menyebutkan bahwa mandi di malam hari tidaklah baik bagi kesehatan.

Ada resiko kesehatan misalnya seperti rematik jika kita memaksakan diri untuk mandi di malam hari.

Benarkah kebenaran mitos tersebut ?

Lalu bagaimana jika misalnya anda berada dalam posisi dimana anda harus mandi malam, apakah mandi di malam hari benar-benar bisa membahayakan kesehatan anda ?

mandi di malam hari

Berikut adalah Mitos Bahaya Kesehatan Dari Mandi Malam bagi kesehatan tubuh manusia diantaranya :

1. Mandi malam bisa menyebabkan rematik

Intinya penyakit reumatik berhubungan erat dengan daya imun tubuh seseorang yang bisa terjadi pada peradangan persendian dimana penderita penyakit reumatik akan merasakan nyeri pada sendi bagian tubuh yang terkena.

Hingga saat ini para ahli kesehatan masih belum memiliki acuan yang jelas mengenai penyebab dari penyakit reumatik namun disebutkan bahwa penyakit ini berkaitan dengan kelainan gen seseorang yang telah memasuki usia produktif.

Untuk bisa mengetahui apakah rasa nyeri pada persendian tersebut merupakan penyakit reumatik maka anda harus bisa mengenali gejala penyakit reumatik.

Berikut ini adalah gejala penyakit reumatik diantaranya :

  • Persendian terasa nyeri
  • Pada sendi terdapat warna kemerahan
  • Pada saat diraba daerah persendian terasa hangat
  • Di pagi hari sendi cenderung terasa kaku
  • Bagian persendian yang terkena reumatik akan mengalami penurunan fungsi

Mitos Bahaya Kesehatan Dari Mandi Malam

Sebenarnya penyakit reumatik bukan termasuk jenis penyakit yang berbahaya namun disarankan jika anda mengalami gejala reumatik maka segera mungkin menghubungi dokter terdekat.

Bila anda mengalami gejala reumatik dan kondisi mengharuskan anda mandi di malam hari maka usahakan untuk mandi dengan menggunakan air hangat karena jika memaksakan mandi dengan air biasa akan menjadikan penyakit reumatik anda menjadi semakin lebih parah.

 

2. Mandi malam bisa menyebabkan penuaan dini

Kebiasaan mandi di malam hari bisa menyebabkan meningkatnya metabolisme tubuh sehingga hal ini bisa membuat tubuh tidak kuat menerima air dingin dan memicu terjadinya penuaan dini.

Maka dari itu tubuh membutuhkan suplai oksigen dan kalori yang tinggi untuk menjadikannya stabil.

 

3. Mandi malam bisa menyebabkan paru-paru basah

Mitos yang beredar di masyarakat menyebutkan bahwa mandi di malam hari bisa memicu resiko penyakit paru-paru basah, padahal kenyataannya bukan seperti itu.

Penyebab dari penyakit paru-paru basah adalah karena tubuh terinfeksi bakteri dan virus yang berasal dari udara.

Gejala dari penyakit paru-paru basah adalah sulit bernafas, batuk berdahak dan badan terasa menggigil kedinginan.

Untuk seseorang yang memasuki usia manula biasanya suhu badan lebih rendah jika dibandingkan dengan orang lain yang sehat.

Sebagian penderita penyakit paru-paru basah biasanya akan mengalami pusing, diare, mudah capek, dan mual yang disertai dengan muntah.

Karena gejala penyakit paru-paru basah terlihat mirip dengan penyakit influenza maka dari itu jika anda mengalami salah satu gejala tersebut sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter terdekat.

 

4. Asam Urat

asam urat di bagian kaki

asam urat di bagian kaki

 

Pada dasarnya penyakit asam urat terjadi karena ada banyak zat purin yang ada di dalam tubuh sehingga hal ini  bisa meningkatkan asam urat.

Karena zat purin yang masuk terlalu banyak maka ginjal tidak bisa membuang atau menampung zat tersebut.

Gejala yang biasanya dirasakan oleh penderita asam urat adalah terasa ngilu atau nyerinya bagian persendian, selain itu juga menjadi bengkak dan terlihat kemerahan.

Bagi penderita penyakit asam urat yang sudah memasuki stadium yang parah biasanya ketika menggerakkan anggota badan akan terasa sakit.

Bagian yang terasa sakit biasanya pada bagian sendi kaki, jari tangan, siku, tumit dan pergelangan tangan.

Bila anda mengalami gejala asam urat maka disarankan untuk menghindari mengonsumsi kopi.

Cara mencegah penyakit asam urat adalah dengan menghindari mengonsumsi makanan yang mengandung zat purin seperti jeroan, kacang-kacangan, makanan kemasan kaleng dan makanan laut (sea food).

 

5. Mandi malam bisa menyebabkan terganggunya metabolisme tubuh

Kebiasaan mandi di malam hari bisa mengganggu metabolisme tubuh karena di malam hari tubuh butuh istirahat dan suhu tubuh mulai menurun.

Jadi bila di saat tubuh butuh istirahat sedangkan anda masih memaksakan diri untuk mandi maka air akan masuk ke pori-pori tubuh dan hal ini bisa menyebabkan terganggunya hormon tubuh.

 

6. Mandi malam bisa menyebabkan masuk angin mengenal penyakit masuk angin

Di malam hari tubuh butuh istirahat dimana jika anda masih memaksakan diri untuk mandi maka anda akan beresiko untuk mengalami meriang dan terkena masuk angin.

 

7. Mandi malam bisa menyebabkan demam

Di malam hari suhu tubuh akan mengalami peningkatan dan pori-pori tubuh mulai meningkat sehingga jika tubuh kita yang panas disiram dengan air dingin di malam hari maka hasilnya akan membuat tubuh menjadi panas dingin sehingga anda beresiko mengalami demam.

 

8. Mandi malam bisa berdampak pada nyeri otot

Sebagian orang yang mandi di malam hari biasanya akan merasakan nyeri otot, hal ini bisa terjadi karena air yang dingin masuk ke dalam tubuh melalui pori-pori kulit.

 

Apakah mitos mengenai bahaya mandi malam benar atau salah menurut kacamata medis ?
Para ahli kesehatan menyebutkan bahwa mitos mengenai mandi malam bisa menyebabkan rematik tidaklah benar.

Disebutkan pula bahwa mandi malam tidak bisa memicu penuaan dini karena penuaan dini bisa terjadi karena penyebab yang lain misalnya seperti kondisi stres di tempat kerja, karena faktor keturunan, karena masalah kesehatan dan sebagainya.

Di balik mitos mengenai bahaya mandi malam sebenarnya juga terdapat manfaat dari mandi di malam hari, sehingga jangan menganggap bahwa mandi di malam hari hanya akan berakibat buruk bagi kesehatan.

Mandi di malam hari bisa memulihkan kondisi emosi dan fisik yang kelelahan akibat rutinitas sepanjang hari.

Dengan rutinitas kerja yang sibuk dan berat maka akan membuat tubuh merasa lelah dan bahkan bisa memicu stres.

Sedangkan mandi di malam hari bisa membantu mengeluarkan racun-racun yang ada di dalam tubuh.

Selain itu mandi di malam hari juga bisa mencegah masalah susah tidur.

Setelah melakukan berbagai rutinitas yang menguras fisik seharian biasanya tubuh akan terasa lengket akibat keringat sehingga anda akan menjadi sulit untuk tidur di malam hari karena badan terasa gatal dan tidak nyaman.

Setelah mandi di malam hari rasa lengket pada tubuh akan hilang sehingga bisa meningkatkan kualitas tidur anda.

Mandi di malam hari disarankan bagi penderita darah tinggi karena bisa menurunkan tekanan darah dan memberikan efek ketenangan.

Dibalik mitos yang beredar di masyarakat mengenai bahaya mandi di malam hari maka sebaiknya anda bisa menyikapinya dengan bijaksana.