Nutrisi Dan Manfaat Biji Wijen Untuk Kesehatan

manfaat biji wijen untuk kesehatan

manfaat biji wijen untuk kesehatan

Biji wijen berasal dari tumbuhan wijen yang memiliki nama ilmiah Sesamum indicum L. Biji wijen dianggap sebagai salah satu biji yang dapat diproses menjadi minyak yang telah digunakan sejak jaman dahulu.

Tanaman wijen sudah dibudidayakan selama lebih dari 3500 tahun lamanya. Wiejn dibudidayakan di Afrika serta bebrapa tempat di India. Tanaman wijen merupakan tanaman yang kuat dan tangguh, sehingga bisa tumbuh di tempat yang kering.

Biji wijen memiliki rasa yang khas. Biji wijen ada yang berwarna putih ada juga yang berwarna kemerahan, tergantung dari jenis tanamannya. Umumnya wijen ditambahkan dalam salad, bahan maupun toping roti putih atau roti gandum, kue, sushi, maupun sebagai hiasan dalam hidangan ikan dan daging.

Biji wijen mengandung banyak nutrisi penting, seperti vitamin B1, B6, asam folat, kalsium, zat besi, fosfor, magnesium, tembaga, seng serta mangan. Biji wijen juga kaya akan serat, minyak alami dan juga protein.

Dengan begitu banyaknya nutrisi yang terkandung di dalamnya, maka biji wijen memiliki banyak manfaat untuk menunjang kesehatan kita, seperti:

  • Menjaga tekanan darah

Minyak dari biji wijen mampu mengurangi masalah kesehatan, seperti hipertensi. Minyak biji wijen mampu mengurangi ketegangan pada system kardiovaskular, sehingga nantinya akan mencegah terjadinya gangguan pada organ jantung . Selain itu, biji wijen juga mengandung magnesium yang mampu mengurangi tekanan darah.

  • Mencegah kanker

Dengan berbagai macam kandungan nutrisi yang terdapat dalam biji wijen, maka tidak mengherankan bila biji wijen telah dikaitkan dengan pencegahan kanker. Magnesium yang terkandung dalam biji wijen memiliki sifat anti-karsinogen. Biji wijen juga mengandung fita, yang merupakan suatu senyawa bersifat antioksidan dan mampu mengurangi dampak buruk dari radikal bebas. Radikal bebas sangat berhubungan dengan penyakit kanker, penuaan dini, kerusakan fungsi kognitif serta penyakit jantung. Beberapa penyakit kanker yang bisa dicegah dnegan mengkonsumsi biji wijen, meliputi kanker payudara, kanker prostat, kanker paru-paru, kanker pancreas, leukemia, serta kanker kolon.

  • Mencegah diabetes
minyak biji wijen

minyak biji wijen

Kandungan magnesium dalam biji wijen juga mampu mencegah kemungkinan terjadinya diabetes. Minyak biji wijen memiliki dampak yang baik dan mirip seperti cara kerja dari obat-obatan diabetes. Maka dari itu, minyak wijen dapat juga digunakan dalam mengobati pengidap diabetes tipe 2. Minyak biji wijen dalam tubuh kita nantinya akan ikut mengatur kadar insulin serta glukosa dalam tubuh, sehingga nantinya kita akan terhindar dari diabetes.

  • Menjaga kesehatan tulang

Berbagai mineral, seperti seng, kalsium serta fosfor dalam biji wijen nantinya akan ikut menjaga kesehatan tulang dalam tubuh anda. Berbagai mineral tersebut menjaga kesehatan, meningkatkan massa serta memperbaiki kerusakan pada tulang. Dengan demikian, mengkonsumsi siji wijen akan mencegah terjadinya kerapuhan tulang atau osteoporosis.

  • Menjaga system pencernaan

Biji wijen kaya akan serat, sama seperti biji-bijian maupun kacang-kacangan yang lainnya. Serat merupakan komponen yang sangat penting dalam menjaga system pencernaan serta merangsang gerak peristaltic usus halus. Mengkonsumsi giji wijen akan mencegah terjadinya sembelit, diare serta mampu melindungi system pencernaan anda dari penyakit kanker. Serat juga ikut menjaga jantung, dengan cara mengurangi kolseterol jahat dari arteri maupun pembuluh darah, sehingga anda akan terhindar dari atherosclerosis, serangan jantung serta stroke.

  • Anti-inflamasi alami

Kandungan tembaga dalam biji wijen mampu digunakan sebagai agen anti-inflamasi alami. Hal ini nantinya akan mengurangi peradangan pada persendian, tulang maupun otot. Sehingga nantinya akan mengurangi rasa sakit yang muncul karena arthritis. Tembaga juga dibutuhkan untuk proses penyerapan zat besi yang diperlukan untuk proses pembuatan sel darah merah.

  • Melindungi dari radiasi

Biji wijen mengandung senyawa bernama sesamol. Senyawa sesamol ini mampu melindungi DNA dari radiasi yang berbahaya. Radiasi bisa terjadi karena disengaja maupun tidak, misalnya karena radioterapi maupun kemoterapi. DNA yang terkena radiasi lama kelamaan akan bermutasi dan akan berdampak buruk pada kesehatan kita.  DNA yang bermutasi mampu menyebabkan munculnya penyakit kanker.

  • Menjaga kesehatan mulut
biji wijen putih

biji wijen putih

Mengunyah segenggam atau satu sendok makan biji wijen akan sangat baik sekali untuk menjaga kesehatan mulut. Biji wijen memiliki sifat antibakteri serta astringen yang kuat, yang nantinya akan menjaga kesehatan rongga mulut.

  • Menjaga kesehatan kulit dan rambut

Biji wijen kaya akan seng, yang merupakan salah satu komponen penting dalam proses pembentukan kolagen. Kolagen sangat diperlukan dalam hal memperkuat otot, rambut serta kulit. Minyak biji wijen dipercaya sejak lama sebagai lotion untuk mengobati luka bakar serta menghilangkan bekas luka di kulit. Penggunaan minyak biji wijen pada wajah juga mampu mengurangi tanda-tanda penuaan dini.

  • Meningkatkan metabolism tubuh

Biji wijen mengandung protein yang nantinya akan sangat diperlukan dalam proses metabolism tubuh kita. Protein dalam biji wijen mampu menambah kekuatan otot tubuh, pertumbuhan sel-sel sehat, meningkatkan energy serta ikut meningkatkan system metabolism tubuh dalam mencerna makanan.

Meskipun biji wijen memiliki banyak manfaat yang baik bagi kesehatan, ada baiknya untuk tetap mengkonsumsi biji wijen secara wajar dan bijaksana. Mengkonsumsi biji wijen secara berlebihan mampu menyebabkan iritasi pada lambung serta usus.