Nutrisi Dan Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan

manfaat buah naga untuk kesehatan

manfaat buah naga untuk kesehatan

Buah naga merupakan buah dari tumbuhan jenis kaktus dari marga Hylocereus serta Selenicereus. Buah naga sebenarnya berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Namun sekarang telah banyak dibudidayakan di Asia, seperti Vietnam, Taiwan, Indonesia, Filipina serta Malaysia.

Pada tahun 1970, tanaman ini dibawa oleh orang Perancis ke Vietnam dan China sebagai tanaman hias. Sampai di Vietnam dan China tanaman tersebut berbuah. Orang-orang di Vietnam dan China menganggap buah tersebut membawa berkah dan sering dijadikan hiasan di meja altar karena warnanya yang mencolok. Di Vietnam buah naga disebut Thang Loy.

Buah naga dikenal sebagai makanan super dari tanah tropis karena memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.  Buah naga ada yang memiliki rasa yang manis ada pula yang sedikit asam, tergantung dari jenis spesies. Ukurannya juga bervariasi.

Buah naga banyak mengandung vitamin dan mineral. Berbagai vitamin dalam buah naga, adalah vitamin B1, B3, B12, C. Sedangkan mineral yang terkandung dalam buah naga, meliputi kalsium, fosfor serta zat besi. selain itu buah naga juga kaya akan serat, air, karbohidrat dan protein.

Dengan berbagai vitamin dan mineral yang terkandung dalam buah naga, maka aka nada begitu banyak manfaat yang bisa kita dapatkan untuk kesehatan tubuh kita, seperti:

  • Meningkatkan system kekebalan tubuh

Mengkonsumsi buah naga akan ikut meningkatkan system kekebalan tubuh anda. Buah naga kaya akan vitamin C yang akan ikut berperan dalam meningkatkan system kekebalan tubuh serta ikut merangsang aktivitas senyawa antioksidan dalam tubuh. Nantinya, berbagai senyawa tersebut akan mencari serta menhancurkan berbagai radikal bebas dalam tubuh yang merupakan produk sampingan dari metabolism yang sifatnya sangat berbahaya bagi kesehatan. Dengan begitu, nantinya anda akan terhindar dari penyakit jantung, kanker serta penyakit-penyakit yang lainnya.

  • Menjaga system kardiovaskular
buah naga

buah naga

Buah naga tidka mengandung kolesterol dan bebas lemak. Saat dikonsumsi, berbagai senyawa yang terkandung dalam buah naga akan ikut mengurangi kadar kolesterol jahat atau LDL dalam darah, yang dapat menyebabkan munculnya plak dalam arteri maupun vena, sehingga anda akan terhindar dari atherosclerosis. Atherosclerosis nantinya akan menyebabkan terjadinya serangan jantung maupun stroke. Selain itu, mengkonsumsi buah naga akan meningkatkan kadar HDL atau kolesterol baik yang ikut berperan dalam mengurangi LDL.

  • Menjaga system pencernaan

Dengan adanya kandungan serat dalam buah naga, maka mengkonsumsi buah naga akan ikut menjaga kesehatan system pencernaan. Serat akan membantu kelancaran kerja organ pencernaan, merangsang gerak peristaltic usus, serta merangsang pelepasan cairan pencernaan. Kondisi seperti ini nantinya akan membuat system pencernaan anda menjadi lebih lancar dan anda terbebas dari masalah, seperti kembung, konstipasi maupun sembelit.

  • Mencegah kanker

Dengan kandungan vitamin C yang tinggi, maka buah naga data menjadi sumber antioksidan alami yang baik untuk kesehatan tubuh kita. Selain itu, buah naga juga mengandung karoten yang juga memiliki sifat anti-karsinogenik, serta mampu menghambat pertumbuhan sel-sel kanker. Pada dasarnya, mengkonsumsi buah naga akan meningkatkan system kekebalan tubuh anda secara menyeluruh dan menjauhkan anda dari berbagai macam penyakit, baik itu penyakit ringan maupun penyakit berat.

  • Mencegah bakteri dan jamur

Buah naga juga memiliki sifat anti-bakteri serta anti-jamur. Berbagai senyawa yang terkandung dalam buah naga akan ikut meningkatkan jumlah sel darah putih dalam tubuh kita, yang berfungsi sebagai penjaga daya tahan tubuh terhadap penyakit, racun, serta mikroba yang dapat menyebabkan infeksi dalam tubuh kita. Selain dapat meningkatkan produksi sel darah putih, kandungan senyawa lain dalam buah naga juga ikut merangsang proses regenerasi sel tubuh serta mempercepat proses penyembuhan luka maupun memar.

  • Meningkatkan metabolism tubuh
jus buah naga

jus buah naga

Protein merupakan nutrisi terpenting agar system metabolism tubuh kita tetap bekerja dengan baik. Selain itu, protein juga dangan diperlukan untuk pertumbuhan gigi, rambut, tulang, kesehatan organ, kesehatan pembuluh darah, kesehatan jaringan serta otot yang kuat. Buah naga memiliki kandungan protein yang cukup untuk meningkatkan system metabolism tubuh kita. Nantinya, protein dalam buah naga akan diproses menjadi enzim yang diperlukan untuk mempercepat perbaikan sel tubuh, meningkatkan kekuatan otot, mempercepat proses metabolism, serta membantu menurunkan berat badan.

  • Menjaga kesehatan tulang

Buah naga juga mengandung kalsium serta fosfor yang baik sekali untuk menjaga kesehatan tulang. Kalsium akan meningkatkan massa tulang dan membuat anda terhindar dari masalah osteoporosis. Sedangkan fosfor akan membantu penyerapan kalsium dalam tulang. Dengan mengkonsumsi buah naga, maka anda akan terhindar dari masalah tulang keropos.