Nutrisi Dan Manfaat Dari Durian Untuk Kesehatan

manfaat durian untuk kesehatan

manfaat durian untuk kesehatan

Beberapa negara di Asia Tenggara menganggap durian sebagai rajanya buah. Durian memiliki nama ilmiah Durio zibethinus. Ada sekitar 30 varietas durian dan hanya 9 varietas durian yang bisa dikonsumsi.

Daging buahnya memiliki aroma yang khas dan sangat kuat sekali. Beberapa orang menganggap aromanya memancarkan keharuman dan kenikmatan tersendiri. Namun ada juga yang tidak suka karena terlalu menyengat. Karena aromanya yang sangat kuat, beberapa hotel maupun bandara tidak memperbolehkan untuk membawa durian.

Durian merupakan tumbuhan asli dari Asia Tenggara dan telah dikenal dunia Barat selama sekitar 600 tahun yang lalu. Di abad ke kesembilan belas seorang naturalis dari Inggris yang bernama  Alfred Russel Wallace menggambarkan daging buah durian seperti custard yang kaya akan rasa dan gurih sepert almond.

Ketika sudah matang, daging buah durian bisa langsung dikonsumsi. Daging buah durian yang masih belum matang juga sering digunakan dalam berbagai kuliner di Asia Tenggara, karena rasanya yang manis dan gurih. Bijinya juga bisa masak dan dimakan.

Bila kita mengkonsumsi durian terlalu berlebihan, terkadang kita akan merasa pusing, perut terasa panas, mual dan ingin muntah. Namun bila kita mengkonsumsi durian secukupnya, pastinya kita tidak akan merasakan hal seperti itu.

Durian kaya akan vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan untuk menunjang kesehatan kita. Durian kaya akan vitamin A, B1, B2, B3, B6, B9 serta vitamin C. Kandungan mineral dalam durian, meliputi kalium, zat besi, magnesium, natrium, seng, tembaga serta fosfor.  Selain itu, durian juga mengandung air, protein serta lemak yang menguntungkan.

Dengan begitu banyaknya nutrisi yang terkandung di dalamnya, maka mengkonsumsi durian akan bermanfaat bagi kesehatan, seperti:

  • Membantu system pencernaan
daging buah durian

daging buah durian

Durian mengandung lemak yang sebenarnya baik untuk tubuh dan kaya akan serat. Hal ini nantinya akan mampu membantu kerja system pencernaan. Serat akan merangsang gerak peristaltic serta pengeluaran cairan pencernaan dan lambung. Hal ini nantinya akan mengurangi sembelit serta penyumbatan dalam usus. Serat yang terkandung dalam durian adalah serat tidak larut yang juga mampu memperbaiki kondisi orang yang mengalami diare.

  • Memperbaiki tekanan darah

Tanpa kita sadari, durian kaya akan kalium. Kalium berfungsi untuk menjaga keseimbangan cairan dalam seluruh sel tubuh. Kalium akan membuat pembuluh darah menjadi lebih tenang serta mengurangi stress pada system kardiovaskular. Bila system kardivaskular dalam tubuh kita mengalami stress berlebihan, nantinya dapat menyebabkan atherosclerosis, serangan jantung maupun stroke. Pembuluh darah yang lebih tenang nantinya juga ikut meningkatkan alirna darah dan oksigen ke organ otak, sehingga dapat mencegah terjadinya Alzheimer maupun demensia.

  • Mencegah penuaan

Durian juga mengandung antioksidan. Itulah mengapa durian disebut sebagai rajanya buah. Antioksidan yang terkandung dalam buah durian berasal dari vitamin serta susunan kimia organic aktif yang nantinya mampu mengurangi kadar radikal bebas dalam tubuh kita. Jadi, mengkonsumsi buah durian akan memberikan sejumlah antioksidan yang mampu mengurangi radikal bebas, dan mencegah penuaan dini. Selain itu, mengkonsumsi durian juga akan mencegah terjadinya degenerasi macula, rambut rontok, kelonggaran pada gusi, arthritis, penyakit jantung serta kanker.

  • Mencegah insomnia

Durian mengandung senyawa tryotophan, yang akan mencegah terjadinya insomnia dan membuat tidur anda menjadi lebih nyenyak. Tryptophan nantinya akan diubah menjadi serotonin yang membuat kita menjadi lebih tenang dan merasa lebih bahagia. Namun, sebaiknya jangan mengkonsumsi durian secara berlebihan. Sebab, kelebihan serotonin dalam tubuh akan menyebabkan munculnya melatonin dalam aliran darah. Kelebihan melatonin justru mampu menyebabkan tubuh menjadi lelah dan menyebabkan pingsan.

  • Mencegah disfungsi seksual

Dalam beberapa penelitian terbaru, telah ditemukan bahwa durian memiliki potensi sebagai afrodisiak alami. Mengkonsumsi durian akan memperbaiki libido serta stamina anda, sehingga akan mengurangi kemungkinan infertilitas pada pria maupun wanita. Selain itu, senyawa dalam buah durian juga mampu meningkatkan mortalitas sperma pria.

  • Mencegah kanker

Durian kaya akan vitamin, mineral serta berbagai bahan kimia organic yang dapat berfungsi sebagai antioksidan alami. Radikal bebas mampu menyebabkan terjadinya mutasi yang nantinya menyebabkan munculnya tumor maupun kanker. Antioksidan mampu mengurangi stress oksidatif pada berbagai jaringan tubuh dan akan ikut meningkatkan system kekebalan tubuh.

  • Menjaga kesehatan serta kekuatan tulang
buah durian

buah durian

Durian juga kaya akan mineral penting, seperti magnesium, kalium, mangan serta tembaga.ketiga mineral tersebut akan bekerjasama dalam menjaga kesehatan serta kekuatan tulang. Kalium akan meningkatkan penyerapan berbagai mineral penting pada sel-sel dalam tulang. Magnesium juga ikut meningkatkan penyerapan kalsium agar tulang tetap kuat. tulang yang selalu dalam keadaan sehat dan kuat akan terhindar dari penyakit osteoporosis.

  • Mencegah anemia

Durian juga kaya akan vitamin B9 atau asam folat. Asam folat merupakan salah satu komponen penting dalam produksi sel darah merah. Selain itu durian juga mengandung zat besi dan tembaga, yang juga ikut berperan dalam pembentuksan dan produksi sel darah merah. Dengan semakin banyaknya sel darah merah, maka kita akan terhindar dari anemia, migraine, kelelahan, gangguan kognitif maupun gangguan pencernaan.

Meskipun durian memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan, sebaiknya jangan dikonsumsi secara berlebihan. Durian mengandung lemak yang baik, namun kandungan lemaknya sangat tinggi sekali. Bahkan ada yang mengatakan bahwa lemak yang terkandung didalamnya 3 kali lebih banyak daripada buah-buahan lainnya.