Nutrisi Dan Manfaat Kesehatan Dari Berondong Jagung

manfaat pop corn untuk kesehatan

manfaat pop corn untuk kesehatan

Berondong jagung merupakan jenis makanan ringan yang terbuat dari butiran jagung khusus yang dipanaskan sampai meletup dan mengembang. Berondong sebenarnya juga bisa dibuat dengan bahan baku lainnya, seperti gabah padi.

Jagung yang digunakan merupakan jangan yang khusus dan banyak mengandung pati. Berondong jagung juga salah satu makanan yang telah dinikmati selama lebih dari 6000 tahun, sejak jagung menjadi bagian yang penting dalam pola makan di zaman kuno.  Ada penemuan arkeologi berupa berondong jagung di Peru, New Meksiko dan Amerika Tengah.

Berondong jagung bisa sama memiliki warna alami, tergantung dari jenis biji jagung yang digunakan. Saat ini berondong jagung menjadi salah satu makanan yang biasa untuk dikonsumsi.

Berondong jagung yang sehat adalah berondong jagung yang diproses secara alami tanpa menggunakan bahan tambahan lainnya, seperti garam, mentega maupun perasa makanan. Berondong jagung yang diberi tambahan garam, mentega, maupun perasa lainnya yang banyak dijual dipasaran justru bisa memberikan dampak yang serius bagi kesehatan anda.

Berondong jagung yang diproses secara alami akan memberikan banyak manfaat untuk kesehatan anda. Sebaiknya cukup panaskan saja jagung, dan jangan gunakan apapun. Penambahan bahan pada saat pemanasan justru akan mengurangi kandungan nutrisi yang ada di dalam berondong jagung.

Berondong jagung yang diproses tanpa bahan tambahan apapun akan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Berondong jagung merupakan salah satu jenis makanan yang kaya akan serat, polifenol, serta antioksidan. Berondong jagung juga kaya akan vitamin B kompleks dan vitamin E. Sedangkan mineral yang terkandung dalam berondong jagung, meliputi mangan serta magnesium.

Dengan begitu banyak nutrisi yang terkandung di dalamnya, mengkonsumsi berondong jagung akan memberikan banyak manfaat untuk kesehatan, seperti:

  • Ikut mencegah kanker

pop corn thumbPara peneliti menemukan banyaknya kadar antioksidan dalam berondong jagung. Antioksidan yang terkandung dalam berondong jagung berasal dari tingginya senyawa polifenol. Polifenol merupakan suatu senyawa yang memiliki sifat antioksidan alami. Antioksidan ini nantinya akan mengurangi kadar radikal bebas dalam tubuh. Tingginya radikal bebas dalam tubuh mampu memicu berbagai macam penyakit yang berbahaya, salah satunya adalah kanker.

  • Baik untuk system pencernaan

Berondong jagung berasal dari jagung yang kaya akan serat alami, sehingga baik sekali untuk menjaga kesehatan system pencernaan. Selain itu, berondong jagung juga mengandung vitamin dan mineral yang baik sekali untuk kesehatan organ pencernaan. Hal ini akan membuat system pencernaan kita menjadi semakin lancar dan terhindar dari sembelit. Serat juga akan meningkatkan gerak peristaltic otot usus halus dan meningkatkan sekresi cairan pencernaan. Sehingga system pencernaan akan tetap sehat.

  • Menstabilkan berat badan

Satu cangkir berondong jagung mengandung 30 kalori. Sedangkan satu cangkir keripik kentang mengandung 150 kalori. Maka dari itu, berondong jagung bisa dijadikan sebagai camilan alternative yang lebih menyehatkan. Selain itu, kandungan serat dalam berondong jagung akan membuat anda merasa kenyang lebih lama serta mampu menghambat pelepasan hormone rasa lapar. Hal ini akan mencegah anda makan secara berlebihan. Berondong jagung juga rendah lemak jenuk dan mengandung minyak esensial yang baik untuk kesehatan.

  • Mengendalikan kadar kolesterol
pop corn tanpa bahan tambahan

pop corn tanpa bahan tambahan

Serat yang terkandung dalam berondong jagung merupakan serat yang juga ikut berperan dalam mengendalikan kadar kolesterol. Nantinya kolesterol yang berlebihan dalam dinding pembuluh darah maupun arteri akan ikut berkurang. Hal ini nantinya akan mencegah terjadinya gangguan pada system kardivaskular, seperti atherosclerosis, serangan jantung maupun stroke. Serat ini juga akan mengurnagi ketegangan pada system jantung, karena jantung tidak perlu bekerja terlalu keras untuk memompa darah melalui pembuluh darah maupun arteri yang tersumbat oleh kolesterol.

  • Menstabilkan gula darah

Serat dalam berondong jagung juga ikut berperan dalam menstabilkan gula darah dalah tubuh kita. Ketika tubuh kita memiliki jumlah serat yang cukup, maka serat tersebut akan ikut mengatur pelepasan serta pengelolaan gula darah serta ikut memperbaiki kadar insulin dalam tubuh. Dengan begini, maka gula darah dalam tubuh kita akan selalu stabil. hal ini tentunya akan sangat baik sekali bagi orang-orang yang mengidap diabetes.

  • Mencegah penuaan dini

Selain dapat menyebabkan penyakit kanker, radikal bebas juga mampu menyebabkan terjadinya penuaan dini. Gejala dari penuaan dini, meliputi keriput, noda pada wajah, degenerasi macula, kelemahan otot, penurunan fungsi kognitif, demensia, serta rambut rontok. Semakin tingginya kadar antioksidan dalam tubuh, maka anda akan terhindar dari berbagai gejala penuaan dini.

Berondong jagung merupakan salah satu camilan yang menyehatkan. Sayangnya kebanyakan orang-orang memberi berbagai macam bahan tambahan, seperti garam, mentega maupun perasa yang mengandung bahan kimia. Hal ini justru dapat menghilangkan banyak nutrisi penting yang terkandung dalam berondong jagung.