Nutrisi Dan Manfaat Kubis Untuk Kesehatan

manfaat kubis untuk kesehatan

manfaat kubis untuk kesehatan

Kubis, kubis bulat maupun kol, adalah nama yang diberikan untuk tumbuhan sayuran daun yang sangat popular dimana-mana.  Kubis memiliki nama ilmiah Brassica oleracea L.

Kubis merupakan sayuran yang mudah sekali untuk didapat serta cukup praktis untuk diolah. Kubis telah digunakan diseluruh dunia dan dapat diolah dalam berbagai macam cara, termasuk sebagai bahan tambahan untuk sup, maupun bahan campuran dalam salad.

Kubis segar kaya akan vitamin A, B, C serta E. Kandungan vitamin C dalam kubis dapat dikatakan cukup tinggi dan mampu untuk mencegah skorbut atau sariawan akut. Kubis juga kaya akan mineral penting, seperti kalium, kalsium, natrium, fosfor, serta zat besi.

Kubis segar juga mengandung senyawa yang mampu meningkatkan proses pembentukan glutation yang nantinya sangat penting sekali dalam hal menonaktivkan zat beracun dalam tubuh kita.

Kubis umumnya banyak digunakan dalam masakan China dan akan menjadi tambahan yang ajaib untuk kesehatan kita. Ada begitu banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari mengkonsumsi kubis untuk kesehatan kita, seperti:

  • Mencegah kekurangan vitamin C

Kekurangan vitamin C mampu menyebabkan kita cenderung lebih mudah mengalami penyakit. Penyakit seperti batuk, flu, gusi berdarah, sariawan, infeksi bakteri bahkan depresi, kebanyakan disebabkan oleh kekurangan vitamin C. Mengkonsumsi kubis akan membuat kebutuhan vitamin C harian kita tetap terpenuhi.

  • Kebutuhan serat akan tetap tercukupi
sayuran kubis

sayuran kubis

Kubis kaya akan serat yang baik untuk kesehatan. Serat diperlukan dalam menjaga kesehatan system pencernaan, yang nantinya akan mencegah terjadinya sembelit. Tanpa kita sadari, sembelit adalah pokok masalah dari berbagai masalah, seperti pusing, maag, kanker pencernaan, gangguan pencernaan serta kehilangan nafsu makan. Kekurangan serat juga dapat menyebabkan penyakit kulit, eksim, serta penuaan dini.

  • Mencegah kekurangan sulfur

Kubis juga mengandung sulfur. Sulfur merupakan suatu senyawa yang penting untuk melawan berbagai macam infeksi. Kekurangan sulfur mampu menyebabkan terjadinya infeksi mikroba serta waktu yang lebih lama dalam menyembuhkan luka.

  • Mencegah kanker

Kubis memiliki berbagai senyawa yang bersifat antioksidan alami yang sangat kuat. Mengkonsumsi kubis akan mencegah munculnya radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas yang terlalu berlebihan dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai macam penyakit, seperti kanker maupun penyakit jantung. Selain mencegah radikal bebas, kubis juga akan merangsang aktivitas enzim dalam tubuh serta menghambat pertumbuhan sel-sel kanker.

  • Mencegah inflamasi

Kubis mengandung glutamin. Glutamin merupakan komponen yang mampu mencegah terjadinya inflamasi yang snagat kuat sekali. Mengkonsumsi kubis akan mengurangi terjadinya inflamasi, baik itu inflamasi karena nyeri sendi, demam, alergi, infeksi, iritasi maupun gangguan yang lainnya.

  • Menjaga kesehatan mata

Kubis juga kaya akan vitamin A dan beta-karoten. Kubis banyak disukai karena mampu mencegah terjadinya degenerasi macula, mencegah katarak serta menjaga kesehatan organ mata. Jadi, untuk menjaga kesehatan organ mata, sebaiknya anda rutin mengkonsumsi kubis.

  • Menjaga kesehatan otak

Kubis juga mengandung vitamin K serta antosianin. Vitamin K sangat penting artinya bagi saraf-saraf yang ada di organ otak. Vitamin K akan diperlukan dalam proses produksi sphingolipids yang nantinya diperlukan sebagai selubung myelin di sekitar saraf. selubung dini diperlukan untuk melindungi saraf dari terjadinya kerusakan maupun pembusukan.  Jadi, mengkonsumsi kubis akan membuat organ otak tetap dalam keadaan sehat dan kita terhindar dari degenerasi saraf, demensia maupun Alzheimer.

  • Menjaga kesehatan tulang

Kubis juga kaya akan mineral kalsium, kalium serta magnesium. Semua mineral tersebut merupakan mineral yang penting untuk melindungi dan menjaga kesehatan tulang. Kebutuhan kalsium, kalium serta magnesium yang selalu terpenuhi, akan mencegah terjadinya osteoporosis serta kelemahan tulang.

  • Menjaga tekanan darah
poh piah

poh piah

Adanya kandungan kalium dalam kubis mampu menjaga tekanan darah dlaam tubuh kita. Kalium akan menjaga tekanan darah kita tetap dalam keadaan normal serta mencegah terjadinya tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi akan meningkatkan resiko terjadinya serangan jantung maupun stroke. Kalium akan melebarkan pembuluh darah serta mempermudah peredaran darah dalam tubuh kita.

  • Mencegah nyeri otot

Ada beberapa senyawa tertentu dalam kubis yang mampu memfermentasikan gula. Ketika kubis dimasak, maka senyawa-senyawa tersebut akan dilepaskan. Senyawa inilah yang nantinya mampu mengurangi nyeri otot maupun nyeri sendi. Maka dari itu, mengkonsumsi kubis secara rutin akan mencegah terjadinya nyeri otot.

  • Bahan detoksifikasi alami

Kubis memiliki kemampuan untuk memurnikan darah, menetralisir semua racun, menghalau radikal bebas  serta mampu mencegah munculnya asam urat. Asam urat inilah yang menyebabkan rematik, matu ginjal, penyakit kulit maupun eksim. Kubis dapat kita gunakan sebagai bahan detoksifikasi alami yang baik untuk tubuh kita. Karena, kubis kaya akan vitamin C serta sulfur yang merupakan nutrisi yang bersifat menetralisir racun.