Nutrisi Dan Manfaat Mostar Untuk Kesehatan

manfaat mostar untuk kesehatan

manfaat mostar untuk kesehatan

Mostar merupakan tumbuhan yang memiliki banyak varietas. Mostar memiliki 3 varietas, yaitu mostar putih dengan nama ilmiah Brassica alba, mostar hitam atau Brassica nigra, dan mostar coklat atau Brassica Juncea.

Mostar putih memiliki rasa yang lebih ringan dan sering digunakan sebagai bahan mustard kuning. Mostar hitam memiliki aroma dan rasa yang cukup kuat. Sedangkan mostar coklat sering digunakan sebagai bahan mustard Dijon yang memiliki rasa yang pedas.

Mostar sering digunakan sebagai bahan penyedap serta untuk mengawetkan makanan. Mostar putih yang sudha dikeringkan akan memberikan rasa yang berbeda pada salad, mayones maupun saus. Biji mostar juga banyak digunakan sebagai penyedap rasa dalam pembuatan acar.

Saat musim dingin di India Utara, masyarakat disana sering membuat sup yang diberi bumbu biji mostar putih. Selain itu, mostar juga sering digunakan dalam pembuatan cuka apel dan untuk mencegah pembusukan pada daging sejak jaman dahulu.

Semua varietas biji mostar memiliki banyak vitamin dan mineral yang penting untuk menunjang kesehatan tubuh kita. Biji mostar kaya akan vitamin A, B6, B9, C dan juga vitamin K. Mineral yang terkandung dalam biji mostar, meliputi kalium, kalsium, fosfor, dan magnesium. Selain itu, biji mostar juga kaya akan serat yang baik sekali untuk kesehatan.

Biji mostar juga mengandung banyak senyawa dan komponen fenolik. Minyak esensial dari biji mostar juga mampu meningkatkan kesehatan. Dengan begitu akan ada banyak sekali manfaat yang kita peroleh dari mengkonsumsi mostar, yaitu:

  • Mencegah kanker

Biji mostar mengandung senyawa glucosinolate yang sangat baik untuk mencegah beberapa jenis kanker, seperti kanker usus, kanker kandung kemih serta kanker serviks. Senyawa glucosinate ini nantinya akan membentuk senyawa  isothiocyanate. Senyawa inilah yang nantinya akan menghambat pertumbuhan sel kanker dan ikut menjaga kesehatan sel-sel tubuh lainnya. Selain itu, senyawa ini juga ikut berperan dalam memulihkan kadar glutathione tanpa mempengaruhi sel-sel yang ada disekitarnya.

  • Mencegah psoriasis
mostar coklat

mostar coklat

Umumnya gangguan kulit seperti penyakit psoriasis merupakan gangguan system imunitas tubuh yang menyebabkan munculnya masalah pada kulit. Biji mostar mengandung berbagai senyawa yang mampu mencegah terjadinya peradangan serta ikut mencegah terjadinya psoriasis. Mostar nantinya akan ikut merangsang aktivitas enzim yang terkait, seperti superoksida dismutase, glutation peroksidasi serta katales yang nantinya akan mencegah peradangan dan mempercepat proses penyembuhan psoriasis.

  • Menjaga kesehatan system kardiovaskular

Minyak biji mostar merupakan salah satu dari jenis minyak yang baik untuk dijadikan pengganti minyak goreng biasa. Hal ini telah didukung dengan adanya penelitian yang menemukan bahwa orang-orang yang sering menggunakan minyak mostar cenderung lebih sehat dan terbebas dari penyakit aritmia jantung. Minyak mostar kemungkinan mengandung asam lemak omega 3 serta berbagai komponen lainnya yang ikut berperan dalam menjaga kesehatan system kardiovaskular.

  • Mencegah gangguan pernapasan

Biji mostar sering digunakan dalam mencegah gangguan pernapasan yang umumnya disebabkan oleh adanya gangguan pada sinus, asma maupun karena sakit flu. Biji mostar dipercaya mampu membersihkan lendir yang berlebihan pada saluran pernapasan, sehingga membuat system pernapasan menjadi lebih baik. anda bisa mencampur 1 sendok bubuk biji mostar dengan air panas dan menghirup uapnya, maupun berkumur dengan air hangat yang dicampur dengan bubuk biji mostar. Sebaiknya jangan gunakan secara berlebihan, karena justru akan memberikan sensasi seperti terbakar pada organ pernapasan.

  • Mengurangi nyeri

Sekarang ada plester khususnya yang mengandung serbuk biji mostar yang mampu memberikan rasa hangat dan mengurangi nyeri otot maupun nyeri karena rematik. Anda tinggal menempelkannya pada bagian tubuh anda yang terasa nyeri. Selain itu anda juga bisa membuat pasta dari biji mostar dan oleskan pada bagian tubuh anda yang terasa nyeri.

  • Menetralisir racun

Biji mostar mampu membuat kita merasa ingin muntah yang nantinya justru akan melindungi tubuh kita dari penumpukan racun yang ada di dalam tubuh. Minum air rebusan biji mostar akan menetralisir berbagai racun berbahaya yang disebabkan oleh obat-obatan maupun karena konsumsi alcohol yang berlebihan.

  • Merawat kulit dan rambut

Mostar juga bisa kita gunakan untuk merawat kulit dan juga rambut. Pangganglah biji mostar dan campur dengan minyak wijen maupun minyak kelapa. Ramuan seperti ini bisa dioleskan pada kulit tubuh maupun kulit wajah. Cara seperti ini efektif untuk meningkatkan kesehatan kulit, mengurangi noda pada kulit bahkan mencegah jerawat. Anda juga bisa mengoleskan minyak tersebut pada rambut dan diamkan beberapa menit lalu dibilas. Cara seperti ini akan membuat rambut anda lebih sehat dan berkilau.

  • Memperbaiki kerusakan saraf
mostar putih

mostar putih

Biji mostar akan memberikan rasa hangat yang akan sangat baik sekali untuk orang-orang yang mengalami kerusakan saraf. Hal ini nantinya akan merangsang penyembuhan system saraf dengan cara membangkitkan impuls serta menyegarkan saraf-saraf dalam tubuh.

  • Baik untuk mengidap diabetes

Daun mostar sangat baik untuk orang-orang yang mengidap diabetes. Dalam sebuah penelitian telah ditemukan bahwa daun mostar mengandung aktivitas antioksidan yang mampu menetralkan efek samping dari radikal bebas serta mencegah kerusakan yang disebabkan oleh stress oksidatif pada pengidap diabetes. Pemberian minyak mostar juga mampu mengurangi peroksidasi lipid serta merangsang metabolism glukosa dalam tubuh.

  • Menurunkan kolesterol

Daun mostar juga mampu menurunkan kolesterol secara alami. Daun mostar mampu mengikat asam empedu dalam saluran pencernaan. Umumnya, asam empedu terdiri dari kolesterol. Dengan cara seperti ini, maka kolesterol dalam tubuh kita akan selalu dalam keadaan stabil. Mengkonsumsi daun mostar yang telah dikukus mampu mengikat asam empedu lebih banyak, jika dibandingkan dengan mengkonsumsi daun mostar dalam bentuk mentah.

  • Memperbaiki kesehatan tulang

Adanya mineral magnesium serta kalsium dalam biji mostar, akan ikut membantu dalam hal memperbaiki kesehatan tulang. Hal ini nantinya akan membuat tulang kita tetap sehat dan kuat, serta mencegah terjadinya osteoporosis. Hal ini juga baik untuk wanita yang telah menopause. Kekurangan magnesium dan kalsium pada wanita menopause mampu memicu terjadinya osteoporosis pada wanita menopause.