Nutrisi Dan Manfaat Okra Untuk Kesehatan

Manfaat okra untuk kesehatan

Manfaat okra untuk kesehatan

Okra memiliki nama ilmiah Abelmoschus esculentus. Okra merupakan tanaman berbunga abadi dari keluarga Malvaceae. Okra sebenarnya sudah banyak dikenal di sebagian negara. Okra sebenarnya berasal dari Asia Selatan, Afrika Barat serta Ethiopia. Amerika adalah negara utama yang membudidayakan okra.

Okra banyak digunakan dalam berbagai masakan Karibia hingga masakan Cina. Karena itu, okra menjadi semakin popular. Okra juga sering dijadikan sebagai sayuran bahan acar, dalam memasak sup, bahan lauk dan bahkan bisa diambil minyaknya dan diekstrak menjadi minyak nabati yang baik untuk kesehatan.

Ada begitu banyak kegunaan dari okra.selain itu, okra juga banyak manfaatnya untuk kesehatan kita. Okra mengandung banyak vitamin, mineral serta berbagai senyawa organic yang penting bagi kesehatan.

Okra mengandung berbagai vitamin, seperti vitamin A, B, C, E dan K. Mineral yang terkandung dalam okra, meliputi zat besi, kalsium, kalium, magnesium serta seng. Selain itu okra juga kaya akan serat yang penting untuk kesehatan.

Dengan begitu banyaknya kandungan nutrisi yang ada di dalam okra, maka aka nada banyak manfaat untuk kesehatan yang bisa kita peroleh, seperti:

  • Menjaga system pencernaan

Mengkonsumsi okra akan ikut menjaga kesehatan system pencernaan. Okra mengandung serat yang baik untuk kesehatan system pencernaan. Serat nantinya akan membantu gerakan usus menjadi lebih teratur serta mengurangi berbagai macma masalah, seperti kembung, kelebihan gas maupun sembelit. Bahkan, serat dari okra juga mampu mencegah terjadinya diare, karena mampu mengurangi kadar air dalam tinja.

  • Memperbaiki daya penglihatan

Okra juga mengandung vitamin A serta berbagai komponen antioksidan lainnya, seperti beta karoten, lutein serta xanthein. Antioksidan merupakan senyawa yang kuat untuk membasmi radikal bebas yang muncul sebagai produk sampingan dari metabolism sel yang sifatnya berbahaya bagi tubuh. Radikal bebas mampu menyebabkan terjadinya degenerasi dari sel-sel tubuh serta mampu mengurangi daya penglihatan. Dengan mengkonsumsi okra, maka kesehatan mata anda akan tetap terjaga dan mampu mencegah terjadinya degenerasi macula serta penyakit katarak.

  • Menjaga kulit tetap sehat
okra

okra

Vitamin A yang terkandung dalam okra juga ikut menjaga kesehatan kulit. Mekanismenya adalah dengan mempercepat penyembuhan luka, mengurangi bekas luka, mencegah jerawat serta menghilangkan keriput. Antioksidan mampu menetralkan berbagai radikal bebas yang merusak sel-sel kulit.

  • Meningkatkan daya tahan tubuh

Berbagai komponen yang terkandung dalam okra mempu melawan bahaya dari radikal bebas. Selain itu, okra juga mengandung vitamin C yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Vitamin C ikut menrangsang system daya tahan tubuh dengan meningkatkan serta memperkuat  sel-sel darah putih yang bertugas untuk memerangi berbagai pathogen berbahaya bagi kesehatan tubuh kita.

  • Menjaga tekanan darah

Okra juga mengandung kalium yang merupakan mineral penting bagi kesehatan tubuh kita. Mineral kalium diperlukan untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh kita, karena adanya kadar natrium dalam tubuh. Selain itu, kalium juga ikut mengendurkan pembuluh darah serta arteri, sehingga mengurangi terjadinya tekanan darah tinggi serta ikut mengurangi ketegangan pada system kardiovaskular. Jadi, dengan mengkonsumsi okra maka anda akan terhindar dari terjadinya pembekuan darah maupun atherosclerosis.

  • Menjaga kadar kolesterol

Kandungan serat yang ada di dalam okra akan larut dalam air dan ikut berperan dalam menjaga kadar kolesterol dalam tubuh. Serat nantinya akan mengurangi kadar kolesterol jahat atau LDL dan meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL. Jadi, mengkonsumsi okra akan mencegah terjadinya atherosclerosis serta mengurangi resiko terserang penyakit jantung.

  • Baik untuk kesehatan tulang

okra thumbVitamin B yang terkandung dalam okra akan ikut berperan dalam menjaga kesehatan serta kepadatan tulang. Jadi, anda tidak akan mengalami osteoporosis . selain itu, okra juga mengandung vitamin K yang selain untuk menjaga pembekuan darah juga ikut memperkuat tulang.

  • Mencegah penyakit ginjal

Ada sebuah penelitian yang menemukan bahwa okra mampu mencegah terjadinya nefropati diabetic serta efek yang baik dalam menjaga kesehatan organ ginjal. Nefropati diabetic adalah suatu kondisi penyakit ginjal yang sering terjadi pada orang-orang yang mengidap diabetes.

Okra memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. Namun sebaiknya jangan konsumsi okra secara berlebihan. Okra disinyalir mengandung oksalat yang juga berbahaya bagi organ ginjal, yang nantinya akan menumpuk dan menjadi batu dalam ginjal. Sebaiknya jangan menggoreng okra. Okra yang digoreng justru meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Jadi sebaiknya olah okra sebagai sup.