Nutrisi Dan Manfaat Salak Untuk Kesehatan

manfaat salak untuk kesehatan

manfaat salak untuk kesehatan

Salak memiliki nama ilmiah Salacca zalacca. Salak merupakan sejenis tumbuhan palm dengan buah yang dapat dimakan. Dalam bahasa Inggris, salak disebut dengan nama snake fruit, karena kulit buahnya yang berwarna coklat gelap dan bersisik seperti ular.

Salak ditanam untuk dimanfaatkan buahnya. Buah salak merupakan salah satu buah meja yang popular di Indonesia. Selain dimakan dalam bentuk segar, salak juga bisa dibuat manisan, asinan, dikalengkan atau dijadikan bahan keripik salak. Salak yang masih muda juga sering digunakan sebagai bahan untuk rujak. Umbut salak juga bisa dimakan.

Salak banyak tumbuh di Indonesia, Malaysia dan Brunei. Daging buah salak memiliki rasa yang sedikit asam serta memiliki tekstur seperti buah apel. Salak juga bisa dijadikan bahan minuman beralkohol dan kualitasnya hampir sama dengan minuman beralkohol yang terbuat dari anggur.

Tanpa kita sadari salak memiliki banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan, termasuk vitamin, mineral serta senyawa organic. Salak mengandung banyak serat pangan, protein, karbohidrat, dan komponen bersifat antioksidan, seperti karotenoid serta fenolik.

Salak juga kaya akan vitamin A, B kompleks,dan vitamin C. Kandungan mineral dalam salak, meliputi fosfor, kalium, kalsium dan juga zat besi.

Dengan adanya kandungan nutrisi penting, maka kita akan mendapatkan banyak manfaat dari mengkonsumsi salak, seperti:

  • Sumber antioksidan

Slaak merupakan salah satu buah yang banyak mengandung senyawa beta-karoten. Bahkan kandungan beta-karoten dalam salak dikatakan 3 kali lebih tinggi daripada mangga. Beta-karoten merupakan senyawa yang bersifat antioksidan alami yang diperlukan untuk melawan berbagai radikal bebas yang sangat berbahaya bagi kesehatan, seperti penyakit jantung maupun kanker.

  • Menjaga kesehatan mata
tanaman salak

tanaman salak

Menurut para ahli kesehatan, salak mengandung beta-karoten yang baik sekali untuk menjaga kesehatan mata. Bagi anda yang merasa bosan mengkonsumsi jus wortel untuk menjaga kesehatan matanya, ada baiknya bagi anda untuk mencoba mengkonsumsi salak.

  • Mengurangi diare

Bila anda mengalami diare, jangan buru-buru ambil obat diare. Cobalah untuk mengurangi gejala diare dengan cara mengkonsumsi salak. Mengkonsumsi buah salak mampu mengurangi serta mencegah terjadinya diare. mengkonsumsi salak saat diare lebih baik daripada minum obat diare, karena lebih alami.

  • Mencegah anemia

Salak mengandung tiamin serta zat besi yang baik sekali untuk kesehatan. Zat besi diperlukan untuk memproduksi sel darah merah. Sel darah merah diperlukan untuk mengangkut oksigen ke seluruh sel maupun jaringan dalam tubuh. Hal ini nantinya akan mencegah terjadinya penyakit anemia karena kekurangan zat besi.

  • Mengendalikan berat badan

Mengkonsumsi salak juga maik sekali untuk mengendalikan berat badan. Sebab salak kaya akan nutrisi alami yang dapat membantu menurunkan berat badan. Selain itu, salak juga mengandung vitamin C, tannin dan juga serat. Serat akan membuat kita merasa kenyang lebih lama, karena usus kita membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menguraikan nutrisi yang terdapat dalam buah salak.

  • Baik untuk otak

Salak juga kaya akan kandungan mineral kalium serta pectin. Kalium sangat baik bagi kita karena mampu menjaga kesehatan otak serta mempertahankan fungsi kognitif. Selain itu, kalium juga dapat menstabilkan tekanan darah dan mencegah kram otot. Dengan mengkonsumsi salak, maka fungsi kognitif organ otak kita akan selalu terjaga dengan baik.

  • Menjaga kesehatan system pencernaan
buah salak

buah salak

Salak mengandung banyak senyawa yang baik sekali untuk menjaga kesehatan system pencernaan, seperti tannin, saponin, serta flavonoid. Tannin sebenarnya merupakan senyawa yang bersifat anti diare. maka dari itu, mengkonsumsi salak akan dapat mencegah terjadinya diare. salak memiliki kulit ari yang tipis dan bisa dimakan. Mengkonsumsi salak bersamaan dengan kulit arinya akan mencegah terjadinya sembelit.

  • Menjaga kesehatan kulit

Salak kaya akan vitamin C yang bersifat antioksidan alami. Selain membuat tubuh kita lebih kebal dari berbagai macam penyakit, vitamin C juga ikut berperan dalam proses pembentukan kolagen yang nantinya akan membuat kulit kita semakin halus dan kita menjadi tampak awet muda. Selain itu vitamin C juga ikut mengurangi radikal bebas yang berlebihan di kulit. Tingginya radikal bebas di kulit, mampu menyebabkan jerawat, penuaan dini serta kanker kulit.

  • Menjaga kesehatan jantung

Salak mengandung mineral kalium yang dibutuhkan untuk memelihara kesehatan serta menjaga datak jantung tetap dalam kondisi normal. Mengkonsumsi salak dapat mencukupi kebutuhan kalium yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain untuk menjaga kesehatan jantung, kalium juga dapat mencegah ketidak mampuan tubuh kita dalam menyerap air.