Obat Rumah Alami Untuk Sakit Kepala

sakit kepala

sakit kepala

Sakit kepala merupakan rasa sakit bercampur nyeri yang muncul dibagian kepala maupun leher. Sakit kepala bisa menjadi pertanda dari penyakit lain yang mempengaruhi kepala maupun leher. Sakit kepala juga bisa saja muncul begitu saja tanpa penyebab yang jelas.

Menurut para ahli kesehatan, sakit kepala dibagi menjadi dua, yaitu sakit kepala primer serta sakit kepala sekunder.

Sakit kepala primer merupakan sakit kepala yang paling sering terjadi. Umumnya sakit kepala primer digambarkan sebagai adanya tekanan pada bagian kepala yang kemudian menjalar ke leher, belakang kepala, mata dan disertai dengan rasa nyeri di kedua sisi kepala.

Umumnya sakit kepala primer disebabkan oleh stress, kurang tidur, lapar, serta adanya kontraksi pada otot di bagian kepala. Untuk sakit kepala tipe tegang kebanyakan disebabkan karena adanya ketegangan pada otot leher, penyempitan pembuluh darah, kebiasaan merokok, dehidrasi maupun karena factor genetic.

Sakit kepala sekunder merupakan sakit kepala yang bukan berasal dari kepala maupun leher. Sakit kepala sekunder lebih berbahaya, karena bisa jadi merupakan salah satu gejala dari penyakit yang berbahaya. Biasnaya sakit kepala sekunder terjadi karena tumor otak, stroke ringan, pembekuan darah, aneurisma maupun keracunan.

Migraine merupakan kasus yang sedikit berbeda dengan sakit kepala. Migraine kebanyakan hanya mempengaruhi salah satu sisi kepala dan disertai dengan rasa sakit yang berdenyut-denyut. Migraine lebih parah daripada sakit kepala karena tegang.

Migrain kebanyakan disebabkan oleh gangguan neurologis kronis serta menunjukkan gejala sensitivitas pada cahaya maupun suara, mual, serta muntah. Rasa sakit yang berdenyut-denyut dikepala membuat seseorang tidak bisa berbuat banyak.

Umumnya kita akan langsung minum obat sakit kepala, ketika sakit kepala menyerang. Minum obat sakit kepala memang bisa menghilangkan rasa sakitnya. Namun, minum obat sakit kepala juga dapat menimbulkan efek samping, seperti pengenceran darah serta peningkatan racun dalam tubuh.

Sebenarnya ada beberapa obat alami yang bisa kita gunakan untuk mengurangi rasa sakit akibat dari sakit kepala. Beberapa obat rumahan yang baik untuk sekit kepala, meliputi:

  • Air
minum air putih

minum air putih

Bila anda merasa sakit kepala mulai menyerang, cobalah untuk minum air putih dalam jumlah yang lebih banyak. Kurangnya cairan dalam tubuh kita membuat pembuluh darah cenderung mengkerut, sehingga aliran darah yang membawa oksigen ke organ otak mengalami gangguan. Hal inilah yang menyebabkan munculnya sakit kepala.

  • Minyak ikan

Minyak ikan mampu mengurangi ketegangan akibat dari sakit kepala. Berkurangnya ketegangan akan meringankan tekanan serta rasa sakit dari gejala sakit kepala. Mengkonsumsi minyak ikan secara rutin juga mampu mencegah terjadinya sakit kepala.

  • Minyak peppermint

Minyak peppermint mengandung acetaminophen serta mampu meringankan gejala sakit kepala. Ketika anda merasa sakit kepala, cobalah untuk mengoleskan minyak peppermint pada bagian kepala serta dibelakang leher untuk meringankan rasa sakit yang muncul akibat dari sakit kepala. Menghirup aroma minyak peppermint juga dapat membuat anda lebih tenang dan rasa sakitnya akan hilang.

  • Minyak lavender

Minyak lavender bersifat menenangkan. Minyak lavender dapat digunakan untuk meringankan sakit kepala karena ketegangan maupun migraine. Karena efeknya yang menenangkan, maka rasa sakit akibat dari sakit kepala akan menjadi berkurang.

  • Jahe

Sakit kepala juga sangat erat kaitannya dengan mual. Jahe sering digunakan dalam mengobati mual serta nantinya akan ikut mengurangi efek dari sakit kepala. Masih belum diketahui secara jelas tentang mekanisme dari jahe untuk mengobati sakit kepala. Cobalah untuk mengkonsumsi jahe secara rutin, bila anda sering mengalami sakit kepala.

  • Cengkeh
minyak cengkeh

minyak cengkeh

Anda bisa menghirup aroma minyak cengkeh serta mengoleskan minyak cengkeh pada bagian kepala yang sakit. Mengkonsumsi cengkeh secara langsung akan memberikan rasa yang tidak enak. Untuk itu cobalah untuk memasukkan beberapa biji cengkeh ke dalam makanan. Hal ini nantinya akan membuat sakit kepala yang anda rasakan akan semakin berkurang. Cengkeh mengandung flavonoid yang merupakan agen anti-inflamasi yang nantinya akan ikut mengurangi rasa sakit dari gejala sakit kepala.

  • Magnesium

Ada sebuah penelitian yang menyatakan bahwa mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan magnesium, mampu mengurangi frekuensi dari sakit kepala kronis maupun migraine. Magnesium merupakan salah satu mineral yang penting sekali artinya untuk mencegah kelelahan serta kelemahan pada jaringan tubuh.

  • Kompres dingin atau panas

Anda juga bisa mengurangi gejala sakit kepala dengan cara kompres dingin atau panas. Kompres dingin di bagian belakang leher maupun dahi akan mengurangi peradangan serta suhu tubuh. Hal seperti ini akan membuat darah menjadi dingin dan mengurangi rasa sakit berdenyut pada bagian kepala. Kompres panas mampu merangsang peredaran darah, sehingga sirkulasi darah cenderung lebih lancar dan mampu mengurangi ketegangan otot.

Umumnya sakit kepala primer dapat dikelola dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti diatas. Namun bila and amengalami sakit kepala kronis yang sering muncul dan tak kunjung sembuh, sebaiknya segera periksakan kesehatan anda pada dokter ahli.

Sakit kepala sekunder memerlukan penanganan yang lebih serius lagi. Untuk itu cobalah untuk berkonsultasi pada dokter ahli sebelum menggunakan cara-cara seperti diatas.