Orang Yang Rentan Terserang Osteoporosis

Pemeriksaan Osteoporosis

Pemeriksaan Osteoporosis

Seperti yang kita ketahui bersama, osteoporosis merupakan kondisi yang disebabkan oleh berkurangnya massa tulang secara nyata yang mengakibatkan berkurangnya kepadatan tulang dalam tubuh. Osteoporosis merupakan salah satu penyakit yang datang secara diam-diam.

Seseorang yang mengalami osteoporosis maka tulang-tulang yang ada di dalam tubuhnya akan mudah patah karena adanya kerapuhan massa tulang. Orang-orang yang mengalami osteoporosis sebaiknya lebih waspada agar tidak jatuh, karena bila sampai jatuh, maka tulang-tulang dalam tubuhnya akan patah dan memerlukan waktu yang lama untuk sembuh.

Namun, kita pasti sering bertanya-tanya, siapa sajakah yang memiliki resiko tinggi mengalami osteoporosis? Dibawah ini adalah beberapa golongan orang yang memiliki resiko tinggi terserang osteoporosis.

  • Pengidap penyakit hiperparatiroid

Kasus penyakit hiperparatiroid memang sedikit sekali. Hormon paratiroid yang letaknya berada di leher bagian depan sangat dekat sekali dengan kelenjar tiroid sehingga dapat menyebabkan munculnya penyakit tumor. Pada situasi seperti ini, jumlah hormon yang beredar dalam tubuh kita menjadi lebih banyak. Padahal, hormon paratiroid ini berhubungan erat dengan sel osteoclast yang berada di dalam tulang. Hal ini mengakibatkan sel osteoclast mengalami peningkatan aktivitas.

Hormon paratiroid ini nantinya akan mengambil lebih banyak kalsium dari tulang, sehingga menimbulkan peningkatan kadar kalsium dalam darah. KOndisi yang seperti ini akan menyebabkan si penderita mengalami penurunan nafsu makan, berkurangnya kekuatan otot, nyeri pada bagian perut, bila hal ini terus berlanjut maka akan terjadi pengeroposan pada bagian tulang.

  • Hipertiroid

hipertiroidGejala yang dimunculkan oleh penyakit hipertiroid cukup beragam. Gejala tidak sama pada satu orang dengan orang yang lain. Namun, gejala penyakit hipertiroid sering ditandai dengan gejala mudah berkeringat, gugup, lemas, gampang marah, gelisah, cemas, insomnia, terus merasa lapar namun berat badan turun, sembelit maupun diare, gemetar, menstruasi tidak teratur, tekanan darah yang tinggi, rambut mudah rontok serta tulang yang keropos.

Penyebab terjadinya hipertiroid adalah karena adanya hormon tiroksi yang kadarnya terlalu banyak yang dihasilkan oleh kelenjar gondok. Akibatnya, pertukaran zat dalam tubuh menjadi lebih tinggi daripada orang normal. Dalam kondisi penyakit hipertiroid terjadi pembuangan kalsium dalam jumlah yang banyak sekali melalui tinja maupun air seni. Untuk mengimbangi hal seperti ini, terjadilah proses pengurangan mineral tulang yang sangat aktif.

  • Anoreksia nervosa

Pengidap anoreksia nervosa biasanya melakukan pembatasan konsumsi makanan secara tidak wajar. Mereka berupaya untuk menjaga berat badan serta bentuk tubuhnya dnegan mati-matian dengan cara mengendalikan kebiasaan makan secara ketat. orang seperti ini sering melakukan kegiatan olahraga secara berlebihan sebagai upaya untuk mendapatkan berat badan yang ideal sesuai dengan yang dia inginkan.

Awalnya penurunan berat badan yang diakukan tapak realistis. Namun setelah mencapai berat badan yang diinginkan sudah tercapai, mereka masih ingin menurunkan berat badannya lebih rendah lagi. Secara prikologis, mereka sangat peka terhadap kritikn tentang berat badannya. Diet yang dilakukan sudah seperti gaya hidup. Sebenarnya mereka masih merasakan lapar, namun mereka selalu berupaya untuk menekan rasa lapar.

Kebanyakan, orang yang mengalami anoreksia merupakan individu yang perduli akan gizi Dan tidak menyentuh makanan yang mengandung lemak. Padalah, makanan berlemak mengandung banyak energi. Dan perlahan-lahan mereka pun kehilangan banyak kalsium sehingga mudah mengalami osteoporosis.

  • Masa kehamilan dan menyusui

Pada masa kehamilan, penyerapan kalsium akan semakin meningkat untuk memenuhi kebutuhan kalsium bagi janin yang ada dalam kandungan. Bila konsumsi kalsium harian ibu hamil hanya sedikit, maka kebutuhan kalsium akan diambil dari cadangan kalsium pada tulang si ibu. Sama hanya dengan proses menyusui. Bayi sangat membutuhkan ASI. Salah satu bagian terpenting dalam ASI adalah kalsium. Maka dari itu, pada saat menyusui ibu harus mengkonsumsi lebih banyak kalsium.

Selain itu, jarak kehamilan yang terlalu dekat juga dapat mempercepat kehilangan kalsium ada tulang. Khususnya pada orang-orang yang konsumsi kalsiumnya kurang. Dengan jarak kehamilan yang diatur, diharapkan agar jumlah kalsium dalam tulang si ibu akan kembali normal sebelum proses kehamilan serta menyusui yang berikutnya.

  • Kesalahan dalam pola makan
sayuran yang menyehatkan

sayuran yang menyehatkan

Makan bukanlah suatu rutinitas saja. Dilihat dari segi kesehatan, kesalahan dalam pola makan akan sangat berbahaya. Kesalahan dalam pola makan seperti kurangnya asupan kalsium, vitamin A, D serta vitamin K sangat mendukung trjadinya osteoporosis. Berbagai macam vitamin dapat kita penuhi dengan mengkonsumsi sayur-sayuran hijau.

Konsumsi serat secara berlebihan juga dapat menyebabkan osteoporosis. Sebab, serat pangan akan mengikat berbagai macam senyawa makanan dalam usus sehingga menghambat penyerapan. Senyawa yang paling mudah diikat oleh serat adalah mineral, kalsium juga termasuk mineral.

  • Obat-obatan kortikosteroid

Beberapa jenis obat dapat menyebabkan gangguan kepadatan tulang. Hal ini disebabkan karena penggunaan obat-obatan jenis tertentu dapat menyebabka ganagguan penyerapan kalsium. Gangguan seperti ini biasanya terjadi karena konsumsi obat-obatan jenis kortikosteroid.

Obat-obatan kortikosteroid memang sangat istimewa, banyak jenis penyakit dapat disembuhkan. Biasanya obat-obatan jenis kortikosteroid dipakai untuk penyakit alergi, seperti alergi makanan, alergi kelainan hidung, asma dan lain sebagainya. Namun, pemakaian obat-obatan kortikostroid dalam jangka waktu yang lama dapat menimbulkan dampak yang buruk.

Dampak buruk dari obat-obatan kortikosteroid, meliputi munculnya tukak lambung, kadar gula darah menjadi kacau, katarak, kemunduran tingkat elastisitas kulit, pertumbuhan bulu diluar batas normal, mudah terserang infeksi, hipertensi, pembengkakan wajah maupun kaki, serta osteoporosis.

  • Kebiasaan merokok

Ada banyak sekali penyakit yang disebabkan oleh kebiasaan merokok , diantaranya penyempitan pembuluh darah, kanker paru-paru, kanker kandung kemih, penyakit jantung, stroke serta kerapuhan tulang atau osteoporosis. Satu batang rokok dalam sehari selama satu bulan dapat menyebabka penurunan massa tulang sebanyak 0,004%.

Masih belum diketahui secara pasti mengapa merokok bisa menyebabkan osteoporosis. Dugaan sementara adalah zat-zat dalam rokok dapat memicu pecahnya hormon estrogen maupun testosteron dalam jumlah yang berlebihan, sehingga hormon dalam tubuh mengalami penurunan. Dengan menurunnya kedua hormon tersebut, maka muncul pengaruh buruk pada massa tulang.

  • Minum kopi berlebihan

Sebetulnya, daya tarik dari kopi adalah dari kandungan kafein yang tinggi. Kafein dalam kopi dapat menghilangkan kantuk, peningkatan konsetrasi serta mempercepat pergerakan tubuh. Namun, konsumsi kopi yang terlalu berlebihan dapat meningkatkan kolestrol, penurunan vitamin B6 dan penurunan massa tulang.

Dugaan sementara dari para ahli adalah, konsumsi kopi secara berlebihan akan membuang lebih banyak kalsium melalui air seni, karena kafein disinyalir memiliki efek diuretik.

  • Minuman beralkohol
minuman beralkohol

minuman beralkohol

Minuman beralkohol dapat merusak berbagai macam organ tubuh. Pad bagian otak, minuman beralkohol dapat menyebabkan kerusakan sel-sel otak sehingga muncul gangguan dalam fungsi perasa, berpikir serta berperilaku. Pada dinding lambung bagian dalam, minuman keras dapat menyebabka luka kecil.

Luka kecil pada dinding dalam lambung akan menimbulkan perdarahan pada lambung. Walaupun bentuknya kecil, karena berlangsung dalam waktu yang lama, maka jumlah darah yang keluar juga banyak. Jumlah kalsium dalam sarah cukup banyak. Bila banyak darah yang keluar maka semakin banyak juga kalsium yang terbuang, sehingga terjadi pengurangan kalsium yang seharusnya diserap oleh tulang dan lama kelamaan menyebabkan osteoporosis.

2 comments for “Orang Yang Rentan Terserang Osteoporosis

  1. Pingback: Isaac
  2. Pingback: dean

Comments are closed.