Pantangan Makan Untuk Penyakit Jantung

Penyakit jantung memiliki banyak jenis yang berbeda misalnya jantung bocor, pembengkakan jantung, aritmia jantung, lemah jantung, penyakit jantung koroner, jantung rematik dan gagal jantung.

Sedangkan pola makan seseorang memiliki pengaruh besar yang bisa menentukan kesehatan jantung seseorang.

Maka dari itu bilamana anda memiliki penyakit jantung maka biasanya anda akan memiliki pantangan makan tertentu dimana anda harus mematuhi untuk tidak mengonsumsinya dengan tujuan supaya penyakit jantung anda tidak bertambah parah.

Berikut ini adalah Pantangan Makan Untuk Penyakit Jantung, diantaranya :

  • Makanan yang Mengandung Kolesterol Tinggi 

    makanan cepat saji

    makanan cepat saji

Hiperkolesterolemia adalah sebuah kondisi dimana seseorang memiliki kadar kolesterol pada darah yang berlebihan dan di atas normal.

Sebenarnya kolesterol adalah senyawa lemak yang sebagian besar dihasilkan oleh organ hati, sedangkan sebagian lainnya berasal dari makanan yang dikonsumsi dimana jika jumlah kolesterol yang masuk ke dalam tubuh terlalu berlebihan maka bisa menyebabkan beberapa penyakit yang serius seperti serangan jantung dan bahkan stroke.

Resiko penyakit itu bisa semakin tinggi jika anda jarang bergerak atau malas berolahraga, maka dari itu tidak mengherankan jika disarankan untuk menghindari makanan yang berkolesterol tinggi demi menjaga kesehatan jantung.

Untuk daging olahan seperti kornet, sosis, daging asap dan nugget biasanya diolah dan diproses dengan cara diawetkan misalnya dengan menggunakan garam nitrat dan bahan pengawet lain yang bisa memberikan pengaruh buruk bagi kesehatan jantung dan bisa meningkatkan resiko penyakit jantung koroner.

Sudah banyak penelitian yang dilakukan terhadap daging-daging olahan dan hasilnya menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi daging olahan tersebut maka bisa memberikan dampak negatif terhadap kesehatan jantung.

Dengan kata lain meskipun jantung anda sehat dan normal, namun jika terlalu sering mengonsumsi jenis makanan tersebut maka dalam jangka waktu yang lama kolesterol akan menyumbat pembuluh darah sehingga suplai oksigen menuju ke jantung akan terganggu dan hal ini tidak baik bagi kesehatan organ jantung.

Jantung yang tadinya baik-baik saja lama-kelamaan dapat kehilangan fungsinya akibat makanan-makanan tersebut. Kolesterol yang tinggi akan menyumbat pembuluh darah yang mengalirkan darah serta mengirim oksigen ke jantung.

Berikut ini adalah contoh makanan yang tinggi akan kandungan kolesterol, diantaranya :

  1. Daging kambing
  2. Daging kepiting
  3. Telur burung puyuh
  4. Otak sapi
  5. Kulit ayam
  6. Daging udang
  7. Cumi
  8. Belut
  9. Kuning telur
  10. Daging bebek
  11. Telur ikan
  12. Hati sapi
  13. Mentega
  14. Kerang
  15. Keju
  16. Jeroan
  17. Minyak sarden
  18. Santan kelapa
  19. Makanan kemasan kaleng
  20. Nugget
  21. Daging asap
  22. Sosis
  23. Kornet
  24. Pie
  25. Donat

 

  • Makanan Fast Food makanan pizza

Di jaman yang modern ini makanan fast food sangat disukai oleh masyarakat banyak karena rasanya yang lezat, belum ditambah karena faktor kemudahan pemesanannya.

Padahal di balik kelezatannya tersebut makanan fast food mengandung gula, lemak trans dan kadar sodium tinggi yang jika terlalu sering dikonsumsi bisa membahayakan kesehatan tubuh, seperti organ jantung, ginjal dan sistem pencernaan.

Apalagi makanan fast food biasanya kurang bernutrisi dan rendah serat, sedangkan porsi yang disajikan dalam jumlah yang banyak.

Berikut ini adalah contoh dari makanan fast food, diantaranya :

  1. Mie instan
  2. Kripik kentang
  3. Burger
  4. Pizza
  5. Fried Chicken (ayam goreng)
  6. Manisan kering
  7. Makanan yang dipanggang atau dibakar
  8. Segala makanan olahan keju
  9. Makanan asinan
  10. Makanan kalengan
  11. Gorengan
  12. Sajian manis beku

 

  • Makanan Karbohidrat Olahan

Sebenarnya tubuh manusia sangat membutuhkan karbohidrat yang bisa diolah untuk menjadi sumber tenaga tubuh, namun bagi penderita penyakit jantung disarankan untuk tidak mengonsumsi makanan karbohidrat olahan karena jenis makanan ini merupakan salah satu pantangan makan bagi penderita penyakit jantung.

Memang makanan karbohidrat olahan biasanya juga menyertakan lemak sehat, fitokimia, mineral dan serat yang dibutuhkan oleh tubuh.

Namun ternyata ada juga bahan-bahan lain yang disertakan dan sebenarnya tidak baik bagi kesehatan jantung, misalnya fruktosa atau gula, lemak trans, garam atau sodium.

Sedangkan dari beberapa penelitian yang telah dilakukan, disebutkan bahwa sebenarnya tubuh manusia tidak bisa memproses fruktosa sehingga tidak mengherankan jika pada akhirnya terjadi penumpukan lemak hati.

Jenis makanan yang tinggi akan kandungan fruktosa membahayakan kesehatan tubuh dan akan membuat konsentrasi kolesterol LDL lebih tinggi termasuk dengan trigliserida dan apoliprotein.

Semua kombinasi tersebut bisa meningkatkan resiko terjadinya penyempitan atau penyumbatan pembuluh arteri pada organ jantung.

Dengan demikian untuk menjaga kesehatan organ jantung sebaiknya anda menghindari untuk mengonsumsi jenis makanan karbohidrat olahan seperti :

  1. Mie instan
  2. Sereal instan
  3. Makanan yang tinggi akan kadar gula
  4. Roti putih
  5. Biskuit
  6. Permen

 

  • Makanan Bertrigliserin Pantangan Makan Untuk Penyakit Jantung

Bagi penderita penyakit jantung disarankan untuk tidak mengonsumsi makanan yang tinggi akan kandungan trigliserin, yang merupakan lemak jahat yang bisa menyumbat arteri jantung.

Jenis makanan yang tinggi akan kandungan trigliserin akan meningkatkan kadar kolesterol yang bisa meningkatkan resiko penyakit jantung.

Contoh dari makanan yang tinggi akan kandungan trigliserin dan tidak disarankan untuk dikonsumsi penderita penyakit jantung adalah buah durian dan tape.

 

Jika anda sangat menyukai makanan gorengan maka sebaiknya pastikan supaya gorengan tersebut digoreng dengan menggunakan minyak goreng yang benar-benar bening. Tabel Pantangan Makan Untuk Penyakit Jantung

Bagi penderita penyakit jantung dan kolesterol disarankan untuk tidak mengonsumsi gorengan yang digoreng dengan minyak goreng yang telah digunakan lebih dari tiga kali.

Bila anda membeli produk makanan di pusat perbelanjaan maka usahakan untuk memperhatikan kalimat yang tercantum di kemasan produk makanan dan pastikan supaya tidak tercantum tulisan “partially hydrogenated” dan “shortening” jika anda ingin menjaga kesehatan jantung anda.

Jumlah kadar garam harian yang diperbolehkan untuk dikonsumsi adalah 6 gr per hari, dan akan lebih baik lagi jika anda mau melakukan diet rendah garam termasuk dengan mulai mengonsumsi sayuran hijau, ikan dan buah-buahan segar untuk menjaga kesehatan jantung.

Penderita penyakit jantung harus teliti dalam memilih makanan yang akan dikonsumsinya.

Para ahli gizi memberikan saran pada penderita penyakit jantung supaya mau mengonsumsi jenis makanan sehat yang bisa menjaga kesehatan jantung.

Bahkan terkadang pasien penyakit jantung diharuskan untuk menjalani diet tertentu supaya makanan yang dikonsumsi sehari-hari tidak membahayakan kesehatan jantung.

Biasanya para ahli gizi akan memberikan saran pada pasien penyakit jantung untuk sering mengonsumsi ikan karena jenis makanan ini kaya akan asam lemak omega 3 dan sumber protein yang baik untuk menjaga kesehatan jantung dan bisa mencegah resiko penyakit stroke.