Pedoman Dalam Membuat Jus Kombinasi

sayur dan buah

sayur dan buah

Begitu banyak jenis makanan yang berasal dari alam yang bisa kita manfaatkan untuk menjaga kesehatan bahkan untuk menyembuhkan beberapa jenis penyakit. Makanan yang berasal dari alam adalah buah dan sayuran.

Selain diolah menjadi berbagai jenis masakan, ada juga cara lain untuk mendapatkan semua manfaat dari buah dan sayur. Salah satunya adalah dengan cara diolah menjadi jus. Jus yang dibuat dengan bahan buah atau sayur atau kombinasi dari keduanya akan sangat baik untuk menunjang kesehatan kita.

Ada begitu banyak jenis buah dan sayuran di bumi ini. Setiap jenis buah dan sayur mengandung nilai gizi tersendiri, seperti betakaroten, klorofin, flavonoid, dan lain sebagainya. Jadi, mengkombinasikan buah dan sayur untuk diolah menjadi jus akan mendapatkan semakin banyak nilai gizi dan nutrisi yang kita peroleh.

Memahami cara dalam mengkombinasikan berbagai jenis buah dan sayur akan meningkatkan mutu dari hasil yang didapatkan. Factor yang paling penting adalah membiasakan system pencernaan agar tubuh kita bisa menyesuaikan diri dengan berbagai karakter dari jus yang kita konsumsi. Sebab, mengkonsumsi jus yang tidak tepat pasti akan menyebabkan gangguan pencernaan secara langsung.

kombinasi jus apel, pir dan wortel

kombinasi jus apel, pir dan wortel

Pilihlah satu atau dua jenis sayur maupun buah yang memiliki rasa yang dominan dan campurkan dengan sayuran atau buah yang lain yang memiliki rasa dan aroma yang tidak terlalu keras.

Wortel, bayam, seledri, brokoli, tomat, selada, pisang, serta alfalfa dapat dijadikan sebagai bahan utama. Sedangkan lobak, mentimun, strawberry, jeruk, nanas, semangka maupun melon dapat dijadikan bahan campuran.  Misalnya, seledri bisa dikombinasikan dengan sedikit air jeruk atau mentimun agar rasa dan aromanya tidak terlalu keras.

Jus kombinasi sayur dan buah seperti seledri, mentimun dan semangka sebetulnya baik untuk detoksifikasi karena mentimun dan semangka memiliki sifat diuretic, namun rasanya bisa dibilang aneh karena tidak cocok. Biasanya seledri dan timun dicampur dengan sedikit air jeruk lemon atau jeruk nipis agar rasanya lebih segar.

Jangan gunakan alfalfa serta seledri terlalu banyak karena bersifat sangat keras. Sebaiknya gunakan sedikit saja. Terlalu banyak justru akan menyebabkan masalah pada system dan organ pencernaan.

Beberapa jenis sayur yang bisa diolah menjadi jus, meliputi:

  • Pare

Selama ini orang mengenal pare sebagai sayuran yang hanya diolah dengan cara ditumis. Pare sebetulnya juga bisa di jadikan bahan dalam membuat jus sehat. Jus pare baik untuk menjaga kadar gula darah agar tetap stabil. Selain itu, jus pare juga dapat meningkatkan kepekaan hormone insulin.

  • Wotel

Rajanya sayuran. Wortel merupakan sayuran yang kaya akan vitamin A dan C serta mineral penting lainnya. Jus wortel akan meningkatkan penglihatan, mengobati masalah kulit serta meningkatkan daya tahan tubuh.

  • Beligo

Beligo juga bisa dimanfaatkan menjadi jus. Beligo lebih baik untuk dijadikan sebagai bahan tambahan atau bahan kombinasi karena rasa dan aromanya tidak terlalu keras. Jus yang terbuat dari beligo sangat baik sekali untuk orang yang sedang diet karena sama sekali tidak mengandung kalori. Selain itu, mengkonsumsi jus beligo secara teratur akan menurunkan berat badan.

  • Mentimun

jus timunMentimun dipercaya memiliki sifat mendinginkan. Mentimun memiliki banyak kandungan air. Cocok untuk dikonsumsi saat cuaca panas. Selain dapat mencegah dehidrasi, mengkonsumsi jus mentimun akan mendinginkan saraf serta otot yang tegang serta mampu menurunkan berat badan.

Mengolah mentimun dan paprika menjadi jus juga baik sekali untuk memperkuat rambut serta kuku. Sebab, mentimun serta paprika merupakan sumber silicon. Mengkonsumsi jus mentimun dicampur dengan paprika akan mengurangi penuaan dini, menyehatkan kulit serta mampu mengurangi keriput.

  • Tomat

Tomat terkadang dijadikan bahan utama dalam pembuatan jus, namun ada juga yang menjadikan tomat sebagai bahan tambahan dalam jus buah dan sayur. Mengkonsumsi jus tomat baik sekali untuk mencegah pembekuan darah. Selain itu, jus tomat juga dapat mencegah terjadinya kanker prostat pada pria.

  • Brokoli

Brokoli merupakan sayuran yang paling popular dalam hal pencegahan kanker. Brokoli mengandung zat antioksidan yang tinggi sehingga mencegah kerusakan sel yang merupakan penyebab kanker. sayangnya, jus brokoli memiliki rasa yang kuat sekali, ada baiknya anda tambahkan sedikit jeruk agar rasanya menjadi lebih nikmat.