Pemberian Suplemen Multivitamin Untuk Kesehatan


pilih-pilih makanan

pilih-pilih makanan

Banyak anak-anak yang suka memilih-milih makanan sehingga sering menyebabkan kekhawatiran pada orang tua jika anaknya mengalami kurang gizi.

Umumnya, untuk mengatasi hal seperti ini, orang tua akan memberikan suplemen multivitamin untuk menunjang kesehatan anak-anaknya.

Menurut beberapa pakar kesehatan serta ahli gizi, meskipun anak-anak suka pilih-pilih makanan tertentu, namun anak tersebut belum tentu mengalami kondisi kurang gizi. Sehingga dengan cara memberikan suplemen multivitamin pada anak-anak yang suka pilih-pilih makanan sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan.

Bila si anak suka pilih-pilih makanan, maka anak tersebut cenderung memilih makanan yang dia sukai saja, seperti susu, jus jeruk maupun sereal. Namun, umumnya jenis makanan seperti sereal maupun susu sekarang ini sudah difortifikasi atau diperkaya dengan berbagai nutrisi yang penting untuk anak, seperti kalsium serta vitamin D.

Umumnya, suplemen multivitamin mengandung vitamin serta mineral dalam dosis tinggi. Sekalipun seorang anak menjadi suka pilih-pilih makanan, nutrisi yang didapatkan dari berbagai jenis makanan yang dia konsumsi kemungkinan sudah tercukupi.

Meski demikian, untuk menentukan apakah seorang anak perlu untuk diberi suplemen multivitamin atau tidak, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter anak. Sebab, ada beberapa kondisi yang membuat seorang anak perlu untuk diberikan suplemen multivitamin.

Anak baru diperbolehkan untuk diberi suplemen multivitamin jika mengalami beberapa hal seperti dibawah ini:

  • Anak yang memiliki gangguan makananak minum multivitamin
  • Anak yang mengalami gangguan dalam perkembangan.
  • Anak yang makannya tidak rutin atau susah makan.
  • Anak yang makannya tidak seimbang.
  • Anak yang asupan vitaminnya tidak tercukupi, misalnya vitamin D.
  • Anak yang mengalami penyakit kronis.
  • Anak yang punya alergi makanan tertentu.
  • Anak yang memiliki pola makan terbatas, contohnya anak vegetarian.

Selain itu, perlu diingat juga bahwa vitamin serta mineral dapat berinteraksi dengan obat-obatan yang dikonsumsi oleh anak. Interaksi vitamin dam mineral dengan jenis obat tertentu bisa saja justru bersifat racun bagi anak itu sendiri.

Mengkonsumsi suplemen multivitamin bagi anak-anak maupun orang dewasa sepertinya sudah menjadi suatu hal yang wajib dilakukan setiap hari. Namun, konsumsi suplemen multivitamin terkadang tidak memberikan hasil apa-apa pada anak-anak maupun orang dewasa. Konsumsi suplemen multivitamin umumnya bertujuan untuk menjauhkan diri dari penyakit.

Ada sebuah penelitian yang menemukan bahwa suplemen multivitamin ternyata juga bisa sangat berbahaya. Dalam penelitian tersebut, para peneliti menganalisa informasi dari 40.000 orang wanita yang mengisi kuisioner beberapa kali dalam kurun waktu 22 tahun. Mereka menjawab pertanyaan tentang berbagai isu kesehatan termasuk kebiasaan dalam hal mengkonsumsi suplemen multivitamin.

minum multivitamin

minum multivitamin

Hasil kuisioner tersebut kemudian dicocokkan dengan catatan kesehatan negara serta indeks kematian nasional di Amerika. Hasilnya, para peneliti telah mengidentifikasikan beberapa jenis suplemen multivitamin yang sangat berbahaya dan berdampak buruk bagi kesehatan, seperti vitamin B6, zat besi, asam folat, zinc, magnesium dan tembaga.

Beberapa dari suplemen multivtamin tersebut memang hanya meningkatkan angka kematian sedikit lebih tinggi pada waktu pengadaan penelitian tersebut. Namun ada juga angka peningkatannya terjadi angat signifikan.

Maka dari itu, banyak pakar kesehatan serta ahli gizi yang menyarankan agar kita mengkonsumsi suplemen multivitamin bila kita memang memiliki riwayat kekurangan vitamin sebelumnya. Sebab mengkonsumsi suplemen multivitamin dan mineral akan sangat berbahaya bila jumlahnya terlalu berlebihan.

Segala hal yang dilakukan secara berlebihan akan sangat berbahaya bagi tubuh kita. uplemen multivitamin umumnya mengandung vitamin serta mineral dalam dosis yangt terlalu tinggi. Padahal kita bisa mendapatkan berbagai vitamin serta mineral dari makanan yang kita konsumsi sehari-hari.

Untuk mencukupi kebutuhan vitamin serta mineral yang penting untuk tubuh, sebaiknya konsumsi sayuran, buah serta  sereal utuh dalam jumlah yang cukup serta bervariasi. Mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan secara bervariasi akan memberikan dampak yang baik bagi kita karena kita dapat mencukupi kebutuhan vitamin serta mineral secara seimbang.


1 comment for “Pemberian Suplemen Multivitamin Untuk Kesehatan

  1. Pingback: martin

Comments are closed.