Pengertian dan Fungsi Diet

Jika mendengar kata diet maka biasanya pikiran kita akan langsung membayangkan seseorang yang berupaya untuk melangsingkan tubuhnya misalnya dengan membatasi porsi makan.

Pada dasarnya diet berasal dari bahasa Yunani, dimana kata ini jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia artinya adalah cara hidup.

Namun pada saat ini istilah diet berkembang menjadi pengaturan pola makan dimana hal ini berhubungan dengan porsi, ukuran dan kandungan gizi dari makanan yang akan dikonsumsi yang biasanya dilakukan untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal

Seseorang yang sedang menjalankan program diet biasanya akan mengatur pola makan dan tidak diperbolehkan mengonsumsi makanan dengan sembarangan.

Berapa jumlah gizi yang dibutuhkan serta apa saja menu makan yang diperbolehkan dan berapa jumlah atau porsi dari makanan yang aman dikonsumsi, semuanya harus diperhitungkan dengan rinci untuk mendapatkan hasil yang terbaik dari program diet.

lapar mata

lapar mata

Adapun pengertian diet memiliki berbagai macam, namun tetap saja semuanya memiliki makna dan tujuan yang hampir sama.

Misalnya pengertian diet menurut ahli kedokteran EGC adalah kebiasaan yang diperbolehkan dalam hal makanan serta minuman yang dikonsumsi oleh seseorang dalam setiap harinya.Terutama yang dirancang khusus untuk mencapai tujuan dan memasukkan atau mengeluarkan bahan makanan tertentu. (Hartantri, 1998).

Sedangkan pengertian diet menurut KBBHI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah aturan makanan khusus untuk kesehatan, dan dilakukan menurut petunjuk konsultan ataupun dokter.

Dengan demikian bisa disimpulkan bahwa pengertian diet secara umum adalah suatu cara yang dilakukan untuk menurunkan berat badan dengan cara mengendalikan pola makan, mengatur asupan gizi dari makanan yang dikonsumsi serta melakukan olahraga.

Bagi seseorang yang sedang menjalankan program diet biasanya disarankan untuk menjalani gaya hidup yang sehat misalnya minum air putih secara rutin dengan jumlah yang cukup, istirahat secara teratur, tidak mengonsumsi minuman yang mengandung alkohol dan membiasakan diri untuk berpikiran positif.

Supaya program diet bisa berjalan dengan baik dan lancar maka disarankan untuk melakukan program diet tanpa beban atau merasa terpaksa, karena biasanya diet yang dilakukan tanpa rasa ikhlas hasilnya tidak maksimal.

Hal yang tidak kalah penting adalah, bagi mereka yang baru menjalani program diet biasanya merasa bahwa dirinya harus mengurangi jumlah makan yang tadinya tiga kali sehari kemudian dikurangi hingga menjadi dua kali sehari, dengan tujuan supaya diet bisa berjalan dengan baik.

Bahkan ada yang lebih ekstrim dimana seseorang baru mau makan setelah perutnya benar-benar merasa lapar, sedangkan jika sedikit lapar dirinya lebih menahan rasa lapar itu supaya program diet tidak kacau.

diet

diet

Sebenarnya ini adalah anggapan yang salah dan mungkin sama saja halnya dengan menyiksa diri, karena poin utama dari diet adalah bukan mengurangi jumlah makan namun mengurangi porsi makan.

Memaksakan diri untuk melakukan diet atau melakukannya dengan rasa keterpaksaan apalagi misalnya hingga melakukan olahraga yang berat dan minum obat diet yang tidak tepat, justru beresiko menimbulkan stres bahkan bisa menimbulkan resiko kematian.

Apalagi terkadang jika seseorang mengalami stres maka salah satu pelariannya biasanya adalah makanan, sehingga bukannya berat badannya berkurang namun yang ada justru semakin bertambah.

Kondisi fisik dan postur tubuh setiap orang tidak sama sehingga kebutuhan gizinya kemungkinan besar juga berbeda dengan kebutuhan gizi anda.

Maka dari itu jika orang lain sukses dengan program dietnya maka belum tentu hal itu juga bisa berjalan dengan sukses jika anda menirunya.

Maka dari itu jika anda ingin agar program diet anda bisa berjalan dengan sukses maka nikmati saja program diet anda, tidak perlu khawatir (gagal) meskipun mungkin program diet anda membutuhkan waktu yang agak lama.

Pengertian dan Fungsi Diet

Adapun diet bisa dibedakan menurut fungsinya, diantaranya :

  •  Diet normal

Diet normal dilakukan dengan tujuan supaya tubuh mendapatkan semua elemen yang dibutuhkan sehingga kesehatan bisa senantiasa terjaga dengan baik.

Supaya sel-sel tubuh bisa berfungsi dengan baik maka tubuh membutuhkan asupan makanan yang terdiri dari protein, mineral, karbohidrat, vitamin dan sebagainya.

Adapun jika kekurangan salah satu elemen tersebut maka biasanya tubuh akan rentan terkena penyakit, misalnya penyakit anemia yang disebabkan tubuh kekurangan vitamin B12 atau penyakit sariawan karena kekurangan vitamin C.

 

  • Diet untuk menaikkan dan menurunkan berat badan

Makanan yang kita konsumsi setiap hari menghasilkan energi yang dihitung dengan satuan kalori dimana energi tersebut sangat kita butuhkan untuk melakukan berbagai aktifitas.

Diet untuk menaikkan atau menurunkan berat badan dilakukan menurut jumlah kalori yang diperoleh dari makanan yang dikonsumsi serta jumlah kalori yang dikeluarkan ketika melakukan suatu aktifitas.

Berat badan seseorang akan mudah naik apabila jumlah kalori yang masuk dalam tubuh lebih besar daripada jumlah kalori yang dikeluarkan oleh tubuh.

Sebaliknya, berat badan seseorang akan mudah turun apabila jumlah kalori yang keluar lebih banyak daripada jumlah kalori yang masuk melalui makanan atau minuman.

 

  • Diet khusus penderita penyakit tertentu

Ada kalanya bagi seseorang yang menderita suatu penyakit tertentu diharuskan untuk menjalani diet khusus, misalnya saja penderita penyakit ginjal atau jantung yang harus membatasi jumlah konsumsi garam dan bagi penderita diabetes yang diharuskan untuk membatasi jumlah konsumsi gula.

 

  • Diet ibu mengandung atau menyusui Tips Diet Untuk Ibu Menyusui

Sebenarnya ibu yang dalam kondisi mengandung atau menyusui tidak disarankan untuk melakukan program diet karena bisa memberikan pengaruh terhadap bayi yang disapihnya.

Akan tetapi ada solusi dimana masih ada cara untuk menurunkan berat badan namun tidak mengurangi kualitas ASI yang diberikan pada bayi, yaitu dengan mengubah pola makan menjadi lebih sehat.

 

  • Diet alergi makanan

Ada kalanya sebagian orang disarankan untuk tidak mengonsumsi jenis makanan tertentu karena memiliki alergi, misalnya alergi makan ikan, telur, bebek, coklat, kacang, susu dan sebagainya.

 

  • Diet kelompok usia tertentu 

Anak-anak ataupun orang tua yang sudah lanjut usia biasanya membutuhkan makanan khusus yang berbeda dengan remaja ataupun orang dewasa.

Hal ini dikarenakan anak-anak membutuhkan makanan yang bisa memberikan suplai energi, serta memperbaiki dan untuk pertumbuhan sel-sel tubuh yang baru.

Untuk anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan disarankan untuk mengonsumsi susu, daging, telur, ikan, ayam, tempe, tahu, kedelai, kacang, nasi, buah dan sayur.

Sedangkan orang tua sebenarnya juga membutuhkan nutrisi yang tidak berbeda jauh dengan anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan, hanya saja jumlah kalori yang dibutuhkan relatif lebih sedikit karena aktifitas yang dilakukan tidak sebanyak anak-anak.