Pengertian Gaya Hidup Sehat

gaya hidup sehat

Salah satu cara untuk mewujudkan serta menerapkan tentang ilmu kesehatan adalah dengan terwujudnya pribadi yang memiliki pengetahuan, keterampilan dalam bidang kesehatan serta terbentuknya sikap hidup yang dikenal sebagai gaya hidup sehat.

Banyak sekali aspek yang harus dilakukan oleh seseorang untuk memahami bagaimana cara mengelola kesehatan di dalam hidupnya baik secara jasmani maupun rohani yang nantinya akan menyebabkan hidup menjadi semakin berkualitas.

Berbagai perilaku yang dilakukan oleh seseorang agar dirinya tetap sehat serta adanya peningkatan dalam kesehatannya disebut sebagai perilaku sehat, yang meliputi perilaku-perilaku dalam mencegah maupun dalam menghindarkan dirinya dari penyebab penyakit atau masalah pada kesehatannya serta berbagai perilaku dalam mengupayakan peningkatan kesehatan dalam dirinya.

Contohnya: dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi secara berimbang, olahraga secara teratur, menjauhi rokok serta minuman beralkohol, menghindar dari gigitan nyamuk, menggosok gigi setelah makan, selalu mencuci tangan dengan sabun sebelum makan dan lain sebagainya.

keuntungan gaya hidup sehat

Menurut Becker, perilaku sehat atau healthy behavior merupakan perilaku maupun kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan memelihara serta meningkatkan kesehatan, dengan cara:

  • Konsumsi makanan bergizi dengan menu seimbang. Yang dimaksud dengan menu yang seimbang disini adalah pola makan dalam sehari-hari yang memenuhi kebutuhan nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan tubuh baik dalam jumlah maupun dalam jenis makanan.
  • Melakukan kegiatan fisik secara teratur serta cukup. Kegiatan fisik sidini tidak harus olahraga. Bagi seorang individu yang memiliki pekerjaan yang membutuhkan banyak gerak sudah dapat dikatakan telah memenuhi gerakan-gerakan fisik secara rutin serta teratur,  sebenarnya sudah dapat dikategorikan sebagai olahraga. Sedangkan bagi seseorang yang pekerjaannya tidak banyak melakukan kegiatan secara fisik , seperti sekretaris, manager, administrator, dan lain sebagainya, masih memerlukan olahraga secara teratur.
  • Tidak merokok, tidak minum minuman beralkohol, serta tidak menggunakan narkoba. Merokok merupakan kebiasaan yang tidak menyehatkan, namun di Indonesia sekarang ini, jumlah perokok cenderung mengalami peningkatan. Bahkan dapat dikatakan hampir 50% pria dewasa di Indonesia merupakan perokok aktif. Sedangkan minuman beralkohol serta menggunakan narkoba meskipun dapat dikatakan rendah, namun perlahan mulai ada peningkatan.
  • Istarahat yang cukup. Istirahat yang cukap tidak hanya berguna untuk memelihata kesehatan secara fisik, namun juga dapat memelihata kesehatan mental. Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi dewasa ini, manusia menjadi terpacu untuk terus meningkatkan kehidupannya, baik dalam bidang sosial maupun dalam bidang ekonomi. Hal ini pada akhirnya mendorong seseorang untuk terus bekerja keras tanpa menghiraukan beban baik fisik maupun mental. Istirahat yang cukup merupakan kebutuhan mendasar bagi manusia sebagai cara untuk mempertahankan kesehatannya.
  • Mengendalikan stress. Stress merupakan bagian dalam kehidupan setiap manusia yang tidak pandang usia, jenis kelamin, status sosial, ekonomi, serta kedudukan. Stress memang tidak dapat dihindari oleh siapapun, namun yang bisa kita lakukan adalah mengatasinya, mengendalikannya serta mengelola stress itu agar tidak sampai mengakibatkan gangguan pada kesehatan , baik kesehatan secara fisik maupun kesehatan rohani.
  • Gaya hidup maupun perilaku positif yang lain untuk kesehatan. Inti dari perilaku ini adalah tindakan maupun perilaku pada seseorang agar dapat terhindar dari berbagai macam penyakit serta berbagai masalah kesehatan, termasuk perilaku untuk meningkatan kesehatannya.

2 comments for “Pengertian Gaya Hidup Sehat

  1. November 1, 2014 at 11:47 am

    Informasi yang berguna sekali mas, terimakasih atas artikelnya

  2. Pingback: ricky

Comments are closed.