Pengertian Sederhana Dan Penyebab Terjadinya Tumor

tumor

tumor

Tumor, terkadang masih menjadi tanda tanya bagi orang awam. Maka dari itu sepertinya perlu untuk memberikan pengertian yang sederhana tentang tumor. Dalam dunia medis, tumor merujuk pada terbentuknya neoplasma yang disebabkan oleh pertumbuhan sel tubuh yang tumbuh secara tidak wajar.

Contohnya begini. Pada tangan anda muncul sebuah benjilan yang aneh secara tiba-tiba. Benjolan yang tumbuh di dalam organ tubuh tertentu dalam tubuh anda itulah yang biasa disebut tumor.

Benjolan seperti itu muncul karena adanya ketidak normalan pertumbuhan sel dalam organ tersebut. Biasanya, sel yang baru berfungsi untuk menggantikan sel lama yang dapat dikatakan sudah kedaluarsa atau pensiun. Namun, karena sel baru yang tumbuh dan bertugas untuk menggantikan sel lama tersebut tumbuh secara tidak seimbang, atau lebih banyak sehingga mengakibatkan terjadinya apa yang disebut dengan tumor.

Dengan adanya benjolan pada bagian tubuh tertentu tersebut, maka hal seperti ini tentunya akan mengganggu keseimbangan fungsi dari organ tubuh itu sendiri. Sebagai akibatnya, maka organ ini tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya dan bahkan mampu mempengaruhi kondisi tubuh secara umum.

Ada banyak sekali jenis dan macam dari tumor. Agar lebih sederhana, maka tumor dibagi menjadi dua jenis, yaitu tumor ganas serta tumor jinak. Tumor ganas inilah yang biasa disebut kanker. Seperti namanya, tumor jinak biasanya tidak berbahaya seperti tumor ganas.

Jenis tumor jinak memiliki kemampuan penyebaran yang lambat serta tidak memiliki kemampuan untuk menginfeksi organ tubuh kita yang lain. Namun, adanya tumor jinak tetap saja perlu untuk diwaspadai. Karena dalam beberapa kasus, ada tumor jinak yang berkembang dan berubah menjadi tumor ganas karena terlambat untuk diobati.

diagram kanker hati

diagram kanker hati

Sedangkan pengertian sederhana dari tumor ganas atau yang lebih dikenal dengan nama kanker adalah tumor yang memiliki kemampuan untuk menyebar dengan cepat serta memiliki kemampuan untuk menginfeksi organ tubuh kita yang lainnya.

Maka dari itu, penyakit tumor jenis tumor ganas sangat berbahaya sekali dan harus segera ditangani. Bila tidak segera ditangani, maka pengidap tumor ganas akan mengalami kematian.

Ada berbagai macam faktor yang dapat menyebabkan seseorang mengalami tumor. Salah satunya adalah faktor gen atau keturunan. Orang tua yang pernah mengidap tumor tidak menutup kemungkinan bila anaknya nantinya akan mengalami penyakit tumor sama seperti orang tuanya.

Penyebab tumor yang lain selain faktor keturunan umumnya adalah gaya hidup, seperti kebiasaan mengkonsumsi minuman beralkohol serta merokok. Lemahnya sistem kekebalan tubuh juga merupakan salah satu faktor terjadinya tumor.

Faktor-faktor tersebut dapat menyebabkan tumbuhnya tumor. Gejala atau tanda-tanda awal dari munculnya penyakit tumor, seperti perubahan berat badan, demam, nyeri terkadang mengalami batuk yang susah disembuhkan.

Namun, ada juga kasus pengidap penyakit tumor yang tidak mengalami gejala-gejala seperti diatas. Maka dari itu, cara yang paling baik untuk menditeksi ada tidaknya tumor adalah dengan cara memeriksakan kesehatan secara rutin.

Para ahli dibidang kesehatan sering meneliti penyebab-penyebab dari munculnya penyakit tumor. Hasil penelitiannya pun sudah banyak yang dipublikasikan di berbagai media. Namun apa sebenarnya yang menyebabkan terjadinya tumor.

Jika berbicara tentang tumor, maka kita akan menemukan tiga hal yang terjadi secara tidak semestinya. Ketiga hal tersebut, adalah:

1. Ketika berhentinya produksi sel-sel normal dalam jaringan tertentu

2. Ketika sesuatu merusak sel-sel normal sehingga sel-sel tersebut tidak mampu berfungsi secara normal

3. Ketika gen P53 berhenti mengirimkan signal agar sel-sel tersebut mati pada waktunya atau proses apoptosis

Ketiga hal tersebut merupakan cara kerja dari munculnya tumor. Tumor yang terus menerus berkembang nantinya akan merusak sel-sel serta fungsi dari organ tubuh yang normal sehingga tidak dapat berfungsi secara normal.

Faktor pemicu terjadinya tumor bisa disebabkan karena gaya hidup seperti kebiasaan merokok maupun konsumsi minuman beralkohol. Bisa juga karena faktor obesitas, faktor lingkungan, faktor keturunan, paparan zat kimia maupun radiasi sinar matahari.

stres

stres

Selain dari faktor-faktor tersebut, tumor juga bisa disebabkan oleh faktor stres. Stres disebut juga menjadi salah satu penyebab munculnya tumor karena banyak sekali kasus terjadinya tumor yang diawali dengan terjadinya stres.

Mengapa stres bisa juga menyebabkan tumor? Caranya begini, stres yang dialami seseorang nantinya akan berdampak buruk pada sistem imunitas tubuh. Kemudian, tubuh membutuhkan asupan makanan yang bernutrisi. Namun, orang yang mengalami stres cenderung melakukan hal yang sebaliknya. Orang yang mengalami stres cenderung mengkonsumsi makanan serta minuman yang dia inginkan tanpa memperhatikan kebutuhan tubuhnya.

Hal seperti ini akan diperparah dengan kebiasaan buruk yang sering dilakukan oleh orang yang mengalami stres, seperti merokok serta mengkonsumsi alkohol. Akibatnya, tubuh menjadi tidak sehat serta berpotensi tinggi untuk menyebabkan munculnya tumor.

Stres juga membuat tubuh kita akan menghasilkan asam dalam kadar yang tinggi. Tubuh yang terlalu asam merupakan tempat yang baik bagi tumor. Akibatnya, jika stres tidak cepat hilang, kalsium dalam tubuh akan ditarik keluar dari dalam tulang sebagai upaya untuk menetralkan keasaman tubuh yang berlebihan. Kalsium yang keluar dari dalam tulang akan menyebabkan tulang cepat keropos sehingga terjadi osteoporosis.

Berbagai penyebab tumbuhnya tumor seperti diatas memang terkadang tidak banyak disadari oleh masyarakat. Namun, hal yang terbaik adalah dengan cara mencegah agar tumor tidak bersarang dalam tubuh kita. Cara mencegah tumor agar tidak bersarang dalam tubuh kita adalah dengan melakukan gaya hidup sehat, istirahat yang cukup, mengkonsumsi makanan yang bernutrisi serta menjauhi stres.

1 comment for “Pengertian Sederhana Dan Penyebab Terjadinya Tumor

  1. Pingback: tyrone

Comments are closed.