Pengobatan Dan Pencegahan Batuk Berdahak


Pada dasarnya batuk adalah salah satu reaksi atau refleks tubuh untuk mengeluarkan berbagai benda atau zat-zat asing termasuk dengan bakteri.

Akan tetapi apabila tubuh terlalu sering melakukan reaksi refleks seperti batuk, maka hal ini akan membuat penderitanya merasa tidak nyaman dan aktivitasnya menjadi terganggu.

Biasanya batuk berdahak muncul pada saat seseorang mengalami penyakit flu, infeksi atau alergi dimana penyakit ini bisa dialami oleh bayi, anak-anak dan orang dewasa.

Dahak merupakan lendir yang ada pada saluran pernapasan yang berfungsi sebagai perangkap terhadap alergen, debu serta virus.

Pada saat seseorang sedang dalam kondisi sakit maka lapisan lendir akan semakin tebal, lebih lengket serta menggantung pada bagian belakang tenggorokan dimana kondisi ini akan mengganggu saluran pernapasan.

Pengobatan Dan Pencegahan Batuk Berdahak

Berikut ini merupakan pengobatan dan pencegahan batuk berdahak yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah, diantaranya :

  • Minum Cukup Air Putih

Minum air putih diketahui bisa membantu meredakan batuk berdahak yang membandel dimana dahak akan menjadi semakin menipis serta lebih lembab.

 

 

  • Manfaatkan Ekspektoran Alami

Anda bisa menggunakan daun mint yang merupakan salah satu ekspektoran alami yang diketahui bisa membantu menipiskan dahak serta mempermudah mengeluarkannya.

Tentunya dengan kondisi dahak yang menjadi semakin lebih tipis dan lebih mudah untuk dikeluarkan, maka penderita batuk berdahak akan merasa sangat terbantu terutama apabila batuk berdahak dialami dalam waktu yang cukup lama.

Kandungan mentol pada daun mint bisa membantu menipiskan serta mengeluarkan dahak yang sebelumnya susah untuk dikeluarkan.

Anda masih bisa menggunakan ekspektoran alami selain daun mint, yaitu madu dimana bahan alami yang dikenal manis ini telah lama diyakini bisa membantu meredakan batuk berdahak.

Anda bisa membuat ramuan sendiri di rumah dengan menggunakan bahan-bahan yang terdiri dari daun mint, madu dan secangkir teh hangat.

Anda bisa minum ramuan tersebut beberapa saat sebelum tidur malam, dan ramuan tersebut juga diyakini bisa membantu meningkatkan kualitas tidur.

 

 

  • Mandi Air Hangat batuk berdahak

Mandi dengan menggunakan air hangat diyakini juga bisa membantu meringkankan batuk serta melonggarkan dahak yang ada pada saluran pernapasan atas.

Selain bisa membantu melegakan kondisi batuk berdahak, mandi dengan menggunakan air hangat juga bisa membersihkan tubuh dari kotoran.

Mandi dengan menggunakan air hangat membuat tubuh mendapatkan udara yang hangat dan lembab, dimana hal ini bisa membantu melonggarkan lendir yang ada pada saluran pernapasan.

Cara lain yang lebih sederhana bila Anda tidak mau mandi dengan menggunakan air hangat, yaitu bernapas pada kain bersih yang telah direndam ke dalam air hangat dimana cara ini juga memiliki manfaat yang hampir sama dengan mandi dengan air hangat, dengan tujuan meredakan batuk berdahak.

 

  • Oleskan Minyak Kayu Putih

Anda bisa mengoleskan minyak kayu putih pada bagian dada serta tenggorokan Anda untuk meredakan gejala batuk berdahak serta memberikan rasa hangat pada daerah tenggorokan.

Minyak kayu putih bisa membantu melonggarkan lendir yang susah dihilangkan, dengan demikian dahak yang ada di dalam tenggorokan akan lebih mudah untuk dikeluarkan.

Rasa hangat yang berasal dari minyak kayu putih juga bisa membantu meredakan gejala batuk berdahak.

Bilamana Anda tidak mempunyai minyak kayu putih, maka Anda bisa menggunakan alternatif lain yaitu balsem.

 

  • Kenali Penyebab Batuk Berdahak Penyebab Dan Gejala Batuk Berdahak

Ada banyak hal yang bisa menjadi penyebab batuk berdahak misalnya seperti alergi ataupun flu, namun sayangnya ada kalanya sebagian orang keliru dimana mereka beranggapan bahwa dahak yang tebal berasal dari reaksi alergi.

Dampaknya adalah hal ini bisa memicu penanganan yang salah dimana dirinya beranggapan bahwa karena disebabkan oleh alergi maka mengonsumsi antihistamin untuk menurunkan gejala, padahal dengan cara penanganan yang salah dampaknya justru akan membuat dahak lebih sulit untuk dikeluarkan.

 

  • Rutin Mengonsumsi Madu Soba

Anda bisa mengatasi batuk berdahak dengan cara mengonsumsi madu soba secara rutin, dimana hal ini pada akhirnya akan menjadikan saluran pernapasan menjadi lancar kembali.

Ada sebuah penelitian dimana hasilnya menunjukkan bahwa rutin mengonsumsi madu ini memiliki efek yang hampir sama dengan obat ekspektoran seperti dextromethorphan yang bisa membantu menurunkan gejala batuk berdahak.

Anda bisa mengonsumsi madu secara langsung tanpa dengan dicampurkan bersama dengan teh herbal, dan yang harus diperhatikan adalah pengobatan ini tidak diperkenankan untuk bayi yang berusia di bawah usia 1 tahun.

 

  • Gunakan Alat Pelembap Udara

Anda bisa mengatasi batuk berdahak yang susah dihilangkan tanpa menggunakan obat dengan cara melembabkan udara.

Dengan menjadikan udara lembab maka akan membantu dahak menjadi lebih encer dan lebih mudah untuk dikeluarkan dari saluran pernapasan, dengan demikian Anda bisa tidur nyenyak seperti sedia kala di malam hari.

Lebih baik Anda menggunakan Humidifier (alat pelembab udara) jika dibandingkan dengan menggunakan uap air panas, namun yang tidak kalah penting yaitu pastikan bahwa Anda membersihkannya secara rutin untuk mencegah munculnya jamur.

 

  • Kompres dengan Air Hangat

Jika kamu enggan menggunakan alat pelembap udara, cobalah kompres wajahmu dengan air bersuhu suam-suam kuku. Meskipun cara ini banyak digunakan untuk meringankan sakit kepala pada penderita sinus, kamu tetap bisa mencobanya.

Menghirup uap hangat yang keluar dari handuk atau waslap dapat mengencerkan dahak yang menyumbat tenggorokanmu. Lakukan prosedur itu beberapa kali di malam hari. Pastikan juga untuk mencelupkan handuk atau waslap tersebut ketika sudah dingin.

 

  • Berkumur dengan Air Garam

Anda bisa mengatasi batuk berdahak yang mengganggu tenggorokan dengan cara berkumur dengan menggunakan air garam.

Berkumur dengan menggunakan air garam selain bisa mengatasi batuk berdahak juga bisa dilakukan untuk membunuh kuman serta meredakan radang tenggorokan.

Caranya yaitu sediakan 1 cangkir air hangat dengan ½ atau 1 sendok teh garam, setelah itu berkumurlah selama sekitar 1 menit sampai air pada cangkir habis.

Anda bisa melakukan cara tersebut pada pagi, siang dan malam hari.

 

  • Kurangi Konsumsi Kopi dan Teh

Pada saat sedang dalam kondisi batuk sebenarnya tidak disarankan untuk terlalu banyak mengonsumsi kopi dan teh karena minuman yang mengandung kafein bisa menyebabkan dehidrasi akibat terlalu sering buang air kecil.

Pada saat Anda minum kopi atau teh berlebihan, maka dahak bisa menjadi lebih kental dan sulit dikeluarkan dari saluran napas.

Jika terus dibiarkan, batuk yang parah bisa menyebabkan tenggorokan Anda mengalami radang hingga kehilangan suara.