Pengobatan dan Pencegahan Batuk Kering


Batuk kering atau batuk yang tidak berdahak adalah salah satu jenis batuk yang disebabkan karena adanya sekresi pada saluran pernapasan.

Batuk kering memang merupakan jenis batuk yang tidak disertai dahak dimana biasanya penderita akan mengalami rasa sakit pada tenggorokannya ketika sedang mengalami kondisi tersebut, dimana rasa sakit tersebut menunjukkan bahwa ada luka atau iritasi pada tenggorokannya.

Tentunya penderita akan merasa tidak nyaman dan terasa terganggu ketika sudah mengalami kondisi batuk kering.

Apalagi jika batuk kering terjadi dalam waktu yang lama maka hal ini biasanya akan membuat perut penderita terasa pegal akibat menahan batuk.

Gejala dari batuk kering biasanya ditunjukkan dengan tenggorokan yang mulai terasa gatal.

Rasa gatal pada tenggorokan ini biasanya diakibatkan oleh tenggorokan yang terserang oleh virus yang mengakibatkan infeksi pada tenggorokan.

Kondisi cuaca lingkungan seseorang juga bisa memberikan pengaruh terhadap batuk kering.

Cuaca yang terlalu dingin bisa saja menjadi penyebab dari batuk karena saluran pernapasan akan cenderung mengalami penyempitan.

Sedangkan gejala yang biasa dialami oleh penderita penyakit batuk kering yaitu badan yang mulai terasa panas dingin atau meriang dan kepala yang terasa pusing.

Pengobatan dan Pencegahan Batuk Kering

 

Pengobatan Batuk Kering

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi batuk kering, ada pengobatan yang menggunakan ramuan atau resep dari dokter dan ada pengobatan yang menggunakan bahan-bahan atau ramuan tradisional yang bisa Anda buat sendiri di rumah.

Berikut ini adalah pengobatan batuk kering, diantaranya :

  • Belimbing Wuluh

Anda bisa mengatasi batuk kering dengan menggunakan buah belimbing wuluh caranya cukup mudah yaitu siapkan 5-10 buah belimbing wuluh segar.

Setelah itu bersihkan dengan menggunakan air bersih, setelah itu haluskan dengan cara diparut, kemudian tambahkan dengan air dan garam secukupnya.

Peras belimbing wuluh tadi kemudian saring hasil perasan tersebut, kemudian Anda bisa meminum hasil perasan tadi 2 kali dalam sehari sebanyak segelas.

 

  • Jahe dan teh 

    ekstrak jahe

    ekstrak jahe

Jahe yang selama ini dikenal bisa membantu menghangatkan tubuh, ternyata juga bisa membantu mengatasi batuk kering.

Caranya yaitu siapkan 1 ruas jahe dan 1 gelas teh panas.

Kemudian jahe ditumbuk sampai menjadi halus, kemudian masukkan jahe yang telah dihaluskan ke dalam teh yang masih panas.

Anda bisa mengaduk ramuan tersebut, setelah itu diminum dan Anda bisa minum ramuan tadi sebanyak segelas dan diminum 2 kali dalam sehari untuk menghilangkan batuk kering.

 

  • Kunyit

Selain bisa digunakan untuk mengatasi penyakit maag, Anda juga bisa menggunakan kunyit sebagai bahan herbal untuk mengatasi batuk kering.

Kunyit pada dasarnya memang bisa digunakan sebagai antibiotik yang berfungsi untuk mengatasi peradangan pada saluran pernapasan.

Cara menggunakan kunyit untuk mengatasi batuk kering yaitu Anda bisa menggunakan kunyit yang telah dihaluskan atau diparut sebanyak 1 sendok, lalu campur dengan satu sendok madu dan segelas air hangat.

Aduk rata semua bahan tersebut kemudian minumlah ramuan tersebut setiap hari pada pagi dan sore hari.

 

  • Jeruk Nipis

Jeruk nipis telah lama dikenal bisa membantu menghangatkan badan serta menyembuhkan batuk oleh masyarakat.

Cara membuat ramuannya pun cukup mudah, yaitu beberapa buah jeruk nipis dipotong-potong lalu diperas untuk diambil airnya.

Kemudian campurkan air jeruk nipis dengan kecap manis secukupnya, lalu minumlah ramuan tersebut setiap hari pada pagi, siang/sore) dan makan.

 

  • Daun Kemangi jus-kemangi

Anda juga bisa menggunakan daun kemangi untuk membantu mengatasi batuk tidak berdahak, cara menggunakannya, yaitu siapkan 5-7 lembar daun kemangi.

Setelah itu Anda bisa merebus daun kemangi tersebut dengan air yang mendidih, lalu air rebusan disaring.

Anda bisa minum air rebusan daun kemangi tersebut untuk menghilangkan batuk tidak berdahak setiap hari pada pagi dan sore atau malam hari.

 

  • Daun asam muda

Anda bisa menggunakan daun asam muda untuk menghilangkan batuk tak berdahak, caranya yaitu siapkan daun asam muda secukupnya.

Tambahkan kayu manis dan gula batu secukupnya, daun asam muda ini sangat manis

Semua bahan tadi direbus dengan air hingga mendidih, lalu air rebusan disaring.

Anda bisa minum air rebusan tersebut untuk membantu menghilangkan batuk kering atau batuk tak berdahak.

 

Cara Mencegah Batuk Kering

Berikut ini merupakan cara mencegah batuk kering, diantaranya :

1. Hentikan merokok dan hindari asap rokok 

merokok

merokok

Kebiasaan merokok merupakan musuh utama bagi saluran pernafasan karena asap pembakaran dari tembakau bisa menghasilkan racun yang bisa memberikan efek buruk untuk pernafasan dan juga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Pada masa-masa awal asap rokok akan membuat suara menjadi parau, kemudian batuk mulai muncul.

 

2. Gunakan masker saat bepergian

Sebenarnya Anda membutuhkan masker pada saat bepergian keluar rumah, terutama apabila bepergian ke suatu tempat yang terdapat banyak debu dan kotor.

Penggunaan masker bisa membantu seseorang mencegah tertular batuk dari orang lain yang sedang sakit batuk.

 

3. Segera minum obat jika tenggorokan sudah terasa tidak nyaman

Jika tenggorokan Anda mulai terasa tidak nyaman dan gejala awal batuk sudah mulai terasa maka Ada baiknya Anda minum air jahe hangat atau madu untuk membuat tenggorokan Anda merasa nyaman dan mencegah tenggorokan mengalami batuk.

 

4. Menghindari makanan dan minuman dingin

Mengonsumsi makanan dan minuman yang terlalu dingin juga bisa membantu memicu tenggorokan mengalami batuk.

Makanan dan minuman yang terlalu dingin juga bisa membantu  merangsang munculnya lendir di tenggorokan karena perbedaan suhu yang masuk ke dalam tubuh.

Hal inilah yang jika diteruskan akan menjadikan kondisi batuk menjadi semakin parah.

 

5. Menghindari gorengan dampak-negatif-makan-gorengan

Ada kalanya mengonsumsi gorengan bisanya menyebabkan panas dalam, dan salah satu gejala dari panas dalam yaitu tenggorokan akan terasa sakit pada saat tenggorokan menelan makanan atau minuman.

 

6. Mengonsumsi makanan sehat penambah daya tahan tubuh

Anda bisa mengonsumsi makanan sehat yang bisa menambah daya tahan tubuh, misalnya seperti makanan yang terdiri dari protein, vitamin, buah-buahan dan sayur-sayuran.

 

7. Minum air putih teratur dan cukup minum air minum botol plastik

Cairan merupakan salah satu kebutuhan utama dari tubuh, maka dari itu tubuh membutuhkan cairan setidaknya 8 gelas per hari.

Air putih memiliki banyak manfaat untuk tubuh, misalnya membantu menjaga daya tahan tubuh serta melarutkan racun yang ada di dalam tubuh, termasuk dengan virus atau bakteri yang bisa menjadi penyebab batuk.

 

8. Rajin mencuci tangan

Kita jarang sekali bisa mengetahui apakah kondisi tubuh kita telah benar-benar bersih dari kotoran yang menempel, kecuali apabila kita baru saja selesai membersihkan diri atau mandi.

Padahal selain itu ada banyak bakteri dan virus yang ada di sekitar kita, dimana mereka rentan sekali menempel pada tubuh kita.

Sering membersihkan diri termasuk dengan rutin mencuci tangan merupakan salah satu kebiasaan yang bisa Anda lakukan untuk mencegah menempelnya bakteri atau kuman pada tubuh.
9. Istirahat teratur dan olahraga teratur

Ada kalanya tubuh juga butuh istirahat untuk memperbaiki metabolisme tubuh.

Sedangkan olahraga dilakukan untuk membantu menjaga dan memperkuat sistem daya tahan tubuh supaya tidak mudah terkena penyakit.

Hindari begadang dan Anda bisa mengonsumsi madu serta susu hangat sebelum tidur untuk membantu meningkatkan kualitas tidur.