Pengobatan Dan Pencegahan Kapalan

Sebenarnya penyakit kapalan bisa lebih mudah diatasi apabila belum termasuk dalam kondisi yang parah.

Penyakit kapalan yang parah biasanya ditandai dengan adanya pembengkakan yang disertai dengan warna merah dan rasa sakit saat terkena sentuhan.

Tentunya kapalan yang sudah parah sebaiknya ditangani oleh tenaga medis yang profesional yaitu dokter spesialis kulit, untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Berikut ini adalah pengobatan alami untuk mengatasi kapalan diantaranya : Pengobatan Dan Pencegahan Kapalan

  • Baking Soda

Anda bisa menggunakan air hangat yang dicampur dengan sedikit baking soda untuk kemudian dijadikan pasta pemoles untuk dioleskan pada bagian kulit yang kapalan.

Jika anda ingin melakukannya sambil bersantai maka anda bisa melakukan perawatan ini dengan sambil direndam dimana anda harus menyiapkan baskom yang berisi air hangat setelah itu masukkan 4 sendok makan baking soda ke dalamnya, setelah itu rendam bagian kulit yang kapalan.

Diamkan bagian kulit yang kapalan dalam air rendaman dimana anda bisa melakukannya sambil bersantai misalnya sambil mendengarkan musik atau baca majalah.

Namun jika anda adalah orang yang memiliki kesibukan yang tinggi maka anda bisa membuat pasta untuk mengatasi kapalan.

Caranya yaitu masukkan 3 sendok baking soda ke dalam mangkok, kemudian masukkan 2 sendok air lalu aduk dan campur hingga merata dan mengental menjadi pasta.

Anda bisa menggunakan pasta tersebut untuk dioleskan pada bagian kulit yang kapalan.

 

  • Teh Chamomile

Teh herbal dikenal bisa mengatasi berbagai macam jenis penyakit seperti stres, demam, diare, perut kembung, sariawan, kram perut dan sebagainya.

Teh chamomile bisa anda gunakan sebagai kompres untuk mengatasi kulit yang mengalami kapalan.

Caranya siapkan baskom yang berisi air hangat, kemudian tambahkan teh chamomile dan rendam bagian kulit yang kapalan ke dalam baskom.

Setelah selesai melakukan perendaman anda bisa menggunakan air dan sabun untuk membersihkan bagian kulit yang sebelumnya telah direndam.

 

  • Cuka dan Bawang Putih 

    bawang putih

    bawang putih

Bawang putih dan cuka merupakan dua bahan yang sering digunakan sebagai bumbu masakan, yang ternyata bisa anda gunakan untuk mengatasi kulit kapalan.

Caranya tumbuk bawang putih sampai menjadi halus kemudian kumpulkan menjadi satu dalam sebuah wadah.

Setelah itu teteskan cuka ke dalam wadah berisi bawang putih tersebut lalu jemur hingga terkena sinar matahari sampai cuka terlihat menjadi kering.

Oleskan ramuan ini pada bagian kulit yang kapalan dan disarankan melakukan perawatan ini pada beberapa saat sebelum tidur.

 

  • Air Hangat dan Batu Apung

Siapkan baskom yang berisi air hangat kemudian rendam bagian kulit yang mengalami kapalan selama sekitar setengah jam.

Setelah itu gosok bagian kulit yang kapalan dengan menggunakan batu apung dan lakukan perawatan ini hingga kapalan anda menjadi hilang.

 

  • Kulit Lemon merendam kuku dengan lemon

Siapa sangka bahwa anda bisa memanfaatkan kulit lemon untuk mengatasi kulit kapalan, berarti anda tidak perlu mengeluarkan uang banyak bukan?

Caranya yaitu gunakan bagian dalam kulit lemon untuk ditempel pada bagian kulit yang mengalami kapalan, bisa juga dengan menggunakan plester untuk membantu merekatkan supaya kulit lemon bisa menempel lebih lama.

 

  • Cengkeh dan Air Lemon

Anda bisa menggunakan campuran antara cengkeh dan air lemon yang dicampur ke dalam sebuah wadah untuk menipiskan kulit kapalan.

Namun sebelum menggunakannya anda harus terlebih dahulu menyaring air lemon dan diamkan sekitar 15 menit, kemudian gunakan air lemon tersebut untuk dioles ke bagian kulit yang kapalan.

Anda bisa melakukan perawatan ini sebanyak 2 kali dalam sehari dengan hanya mengoleskannya pada bagian kulit yang kapalan.

 

  • Kulit Nanas

Siapkan sebaskom air hangat kemudian rendam kaki atau tangan anda yang terdapat kapalan selama sekitar setengah jam.

Setelah itu gunakan kulit nanas untuk ditempelkan pada bagian kulit yang mengalami kapalan, dan disarankan untuk direkatkan dengan menggunakan plester.

Lakukan perawatan ini pada saat anda ingin tidur malam sehingga pada keesokan harinya anda tinggal melepas plester yang merekat pada bagian kulit yang kapalan.

 

  • Kopi dan Minyak Zaitun

Selain bisa menghilangkan kantuk ternyata kopi juga bisa dimanfaatkan untuk melembabkan dan mencerahkan kulit, tidak jauh berbeda dengan minyak zaitun.

Siapa sangka jika kedua bahan tersebut digabungkan ternyata bisa menjadi kombinasi yang baik untuk mengatasi kulit kapalan.

Keduanya bisa dijadikan ramuan seperti lulur scrub dimana kedua bahan tersebut dicampur dengan dioleskan pada kulit yang kapalan, sambil dipijat lembut.

 

 

Anda bisa melakukan salah satu dari berbagai perawatan yang telah disebutkan di atas untuk mengatasi kulit kapalan.

Namun bilamana anda memutuskan untuk berkonsultasi pada dokter kulit terdekat maka biasanya akan ada beberapa solusi yang akan diambil untuk mengatasi kulit kapalan.

Berikut ini adalah tindakan yang biasanya diambil oleh dokter kulit untuk mengatasi kulit kapalan, diantaranya :

  • Memotong bagian kulit yang menebal

Bagian kulit yang kapalan biasanya terlihat lebih tebal daripada bagian kulit lain yang sehat.

Biasanya dokter kulit akan memotong kulit yang kapalan tersebut, tentunya dengan menggunakan alat yang steril dan telah menguasai teknik memotong dengan profesional.

Anda jangan pernah mempunyai pikiran untuk memotong sendiri bagian kulit yang kapalan karena tindakan ini bisa membahayakan kesehatan anda sendiri.

 

  • Mengoleskan obat penghilang kulit kapalan

Biasanya tindakan ini dilakukan setelah dokter telah selesai memotong bagian kulit yang kapalan, dimana dokter akan mengolesi obat pada bagian kulit yang telah dipotong

Ini merupakan lanjutan dari proses pertama. Setelah kulit pada area yang kapalan dihilangkan, maka dokter akan mengoleskan obat yang mengandung mengandung asam salisilat untuk kapalan, kemudian menutupnya dengan perban.

 

  • Mengoleskan obat antibiotik

Untuk mencegah terjadinya infeksi yang disebabkan oleh debu dan bakteri dari luar maka biasanya dokter akan mengolesi bagian kulit yang terdapat kapalan dengan antibiotik.

 

 

Hal yang tidak kalah penting dalam mencegah terjadinya kapalan adalah usahakan untuk selalu menjaga kebersihan kaki, kemudian sering menjaga kebersihan kaos kaki dan sepatu. bau sepatu tidak sedap

Kulit juga butuh nutrisi maka dari itu anda harus mencukupi kebutuhan nutrisi kulit dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A, C dan E.

Bilamana anda harus menggunakan alat yang harus digenggam maka pastikan bahwa alat tersebut nyaman pada saat digenggam untuk mencegah terjadinya kapalan.