Pengobatan Dan Pencegahan Kutu Air

Jangan takut dan panik jika sewaktu-waktu anda memiliki penyakit kutu air karena ada banyak cara yang bisa anda gunakan untuk mengatasi penyakit kutu air.

Secara garis besar ada 2 macam pengobatan kutu air yang bisa anda pilih, yakni pengobatan modern (kedokteran) atau pengobatan tradisional (alami).

Kutu air bukanlah termasuk jenis penyakit yang baru karena penyakit ini sudah ada pada zaman dahulu kala dimana nenek moyang kita tidak mengatasinya dengan penggunaan obat seperti salep.

Berikut ini adalah bahan alami yang bisa anda manfaatkan sebagai Pengobatan Dan Pencegahan Kutu Air yang bisa anda terapkan diantaranya :

  • Minyak Kelapa 

    kelapa dan minyak kelapa

    kelapa dan minyak kelapa

Diyakini bahwa kandungan asam laurat dalam minyak kelapa memiliki kemampuan untuk mencegah pertumbuhan jamur penyebab penyakit kutu air.

Caranya cukup mudah yakni hanya tinggal mengoles bagian yang terkena kutu air dengan minyak kelapa secukupnya.

 

  • Minyak Pohon Teh

Ekstrak minyak pohon teh bisa anda gunakan untuk mengatasi penyakit gondok, penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur seperti panu dan kutu air.

Kandungan senyawa dalam ekstrak minyak pohon teh bisa membunuh mikroba jahat pada kutu air sehingga bisa mempercepat masa penyembuhan dari penyakit ini.

 

  • Cuka Apel

Tingkat oksidasi pada buah apel lebih tinggi daripada daun teh dimana tingkat oksidasi yang tinggi ini bisa mencegah kulit terkena jamur kulit dan mencegah kulit kering karena PH kulit terjaga dengan baik.

Masukkan cuka apel secukupnya ke dalam wadah berisi air, kemudian rendam kaki anda ke dalam wadah berisi air tersebut selama sekitar 30 menit untuk menghilangkan jamur-jamur kutu air.

 

  • Air Garam

Fungsi dari air garam hampir sama dengan cuka apel yaitu untuk membunuh jamur kutu air dan mencegah kulit mengalami kekeringan dengan cara mengembalikan PH kulit.

Caranya pun tidak jauh beda dimana anda bisa merendam kaki anda selama 30 menit ke dalam wadah berisi air yang telah diberi garam beberapa sendok.

 

  • Pasta Gigi

Anda bisa menggunakan pasta gigi untuk membunuh jamur kutu air yaitu dengan cara mengoleskan pasta gigi secukupnya pada bagian kaki yang terkena jamur kutu air.

Selain bisa menghilangkan jamur kutu air, perawatan ini juga bisa dilakukan untuk menyembuhkan luka luar, luka bakar dan sebagainya.

 

  • Jeruk Nipis jeruk-nipis

Kandungan senyawa pada jeruk nipis diyakini bisa membunuh kuman jahat dan bakteri sehingga jeruk nipis bisa digunakan untuk mempercepat pemulihan luka luar yang terjadi pada kulit dan membunuh jamur kutu air.

Caranya yaitu gunakan air hangat untuk membasuh kaki anda, kemudian keringkan atau diamkan hingga menjadi kering secara alami.

Kemudian gunakan potongan jeruk nipis untuk digosok-gosokkan pada bagian kaki yang terdapat jamur kutu air.

Untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal anda bisa melakukan perawatan ini secara rutin pada pagi hari dan pada malam hari sebelum tidur.

 

  • Soda Kue

Soda kue yang biasanya digunakan sebagai salah satu bahan untuk membuat berbagai kue yang lezat ternyata bisa anda gunakan untuk menghilangkan jamur kutu air.

Kandungan antiseptik pada soda kue hampir sama dengan garam dapur, yang bermanfaat untuk membunuh jamur dan kuman penyebab kutu air.

Caranya siapkan air hangat ke dalam wadah, kemudian masukkan soda kue dan rendam kaki anda ke dalam wadah berisi air tersebut selama 30 menit.

Untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal ada baiknya anda melakukan perawatan ini pada pagi hari dan sore hari sebelum tidur.

 

  • Bawang Putih

Kandungan minyak atsiri dan allicin yang terdapat dalam bawang putih berfungsi sebagai antiseptik, anti inflamasi dan anti bakteri.

Jika dioleskan pada kaki yang terdapat jamur kutu air maka kandungan senyawa tersebut akan bisa segera membunuh jamur penyebab kutu air.

Kandungan senyawa anti inflamasi pada bawang putih juga memiliki fungsi lain yaitu untuk menghilangkan rasa gatal dan nyeri yang disebabkan oleh jamur kutu air.

Caranya siapkan 1 siung bawang putih kemudian tumbuk hingga menjadi halus kemudian tempelkan pada bagian yang terdapat jamur kutu air.

Disarankan untuk menempelkan tumbukan bawang putih tersebut pada bagian yang terdapat jamur kutu air dengan menggunakan perban atau plester, dan didiamkan selama 6 jam.

 

  • Daun Sirih daun sirih

Daun sirih dikenal sebagai daun yang memiliki kandungan antiseptik yang bisa menghilangkan jamur dan bakteri, termasuk dengan jamur kutu air.

Caranya siapkan daun sirih dan garam secukupnya, dimana keduanya sama-sama memiliki kandungan antiseptik lalu rebus daun sirih dengan garam.

Kemudian diamkan hingga menjadi hangat kuku lalu masukkan ke wadah yang berisi air, setelah itu rendam kaki anda ke dalam wadah berisi air tersebut.

Lakukan perawatan ini secara rutin pada pagi hari dan malam hari sebelum tidur, maka niscaya jamur kutu air pada kaki anda akan segera hilang.

 

  • Singkong
Kandungan racun sianida yang ada di dalam singkong sebenarnya berbahaya bagi tubuh jika anda terlalu sering mengonsumsi singkong, akan tetapi racun tersebut bisa anda gunakan untuk menghilangkan jamur kutu air.
Caranya haluskan singkong kemudian tempelkan pada bagian yang terdapat kutu air lalu biarkan hingga menjadi kering alami.
Setelah terlihat kering anda bisa membasuhnya dengan menggunakan air dingin, dan lakukan perawatan ini secara rutin untuk menghilangkan jamur kutu air.

 

 

Cara Mencegah Kutu Air

Berikut ini adalah cara mencegah kutu air, diantaranya :

  • Rajin mencuci kaki dengan menggunakan air hangat Pengobatan Dan Pencegahan Kutu Air

Dengan rutin mencuci kaki anda dengan menggunakan air hangat maka anda telah melakukan pencegahan terhadap tumbuhnya jamur kutu air.

Selain bermanfaat untuk mencegah tumbuhnya jamur kutu air, merendam kaki anda ke dalam air hangat juga bermanfaat untuk mencegah penyakit yang lain.

 

  • Rajin mencuci dan mengganti kaos kaki 

Sepatu dan kaos kaki merupakan dua media yang sering menjadi sarang kuman, bakteri dan jamur kutu air maka dari itu dengan menjaga kebersihan keduanya maka secara tidak langsung anda telah melakukan tindakan untuk mencegah tumbuhnya jamur kutu air.

Disarankan untuk rutin menjemur sepatu dan mencuci kaos kaki setidaknya 3 hari sekali supaya jamur kutu air tidak mudah berkembang biak.

 

  • Gunakan sendal saat beraktivitas ringan

Ada baiknya untuk lebih memilih menggunakan sandal ketika bepergian dalam jarak atau lokasi yang dekat, dimana penggunaan sandal bisa menghilangkan kelembaban pada kaki anda dan tentunya hal ini bisa mencegah tumbuhnya jamur kutu air pada kaki anda.