Penyebab Bayi Menangis Di Malam Hari

Jika anda termasuk orang tua yang baru memiliki bayi biasanya akan cenderung merasa bingung dan terkadang merasa stres jika sering mendengar suara tangisan bayi anda di malam hari, di saat anda sedang tertidur dengan lelap.

Sebenarnya anda tidak perlu panik dengan berlebihan karena kejadian seperti itu lumrah dan merupakan hal yang wajar apabila bayi menangis di malam hari.

Satu-satunya cara yang diungkapkan oleh bayi untuk mengungkapkan perasaan dan keinginannya hanyalah melalui cara menangis.

Anak bayi biasanya menangis selama 2 sampai 3 jam jika diakumulasikan dalam satu hari, dan terkadang bisa lebih dari itu.

 Penyebab Bayi Menangis Di Malam Hari

Penyebab Bayi Menangis Di Malam Hari

Kolik yaitu kondisi dimana bayi yang sehat menangis dengan berlebihan dimana hal ini merupakan penyebab utama dari bayi yang menangis di malam hari.

Gejala dari kolik bisa ditunjukkan dengan bayi yang menangis setidaknya dalam satu hari dilakukan selama 3 jam atau lebih.

Bayi yang berusia 3 minggu sering menangis di malam hari dan di usia 5 minggu cenderung lebih sering menangis di malam hari.

Ketika bayi menginjak usia 6 minggu biasanya frekuensi menangis di malam hari sudah tidak separah sebelumnya, dan semakin dengan bertambahnya usia hingga menginjak usia 12 minggu frekuensi menangis di malam hari semakin berkurang.

Di masa periode menangis di malam hari ini sebenarnya termasuk bagian dari tumbuh kembang bayi yang normal.

Pendukung teori ini adalah karena pada saat bayi baru keluar dari rahim, bayi mulai melihat dan mendengar hal-hal baru yang sebelumnya tidak pernah dilihat dan didengar dimana hal ini membuat otak bayi bekerja lebih keras dari sebelumnya.

Dengan demikian di malam hari si bayi menjadi rewel dan menangis karena dirinya merasa capek setelah seharian mempelajari hal-hal yang baru diterima oleh otak.

Kolik biasanya dihubungkan dengan masalah pada sistem pencernaan ataupun gangguan masuk angin akan tetapi kondisi ini tidak selalu berhubungan dengan kedua masalah itu.

Walaupun anda melihat bahwa bayi anda terlihat seperti merasa kesakitan dan menderita namun anda tidak perlu merasa risau karena bayi yang menangis karena kolik tidak mengalami masalah kesehatan apalagi bila sebelum menangis si bayi terlihat bergembira.

 

Berikut ini Penyebab Bayi Menangis Di Malam Hari diantaranya :

  • Kesepian Bayi Menangis Di Malam Hari

Ada kalanya bayi anda menangis di malam hari adalah karena merasa kesepian sehingga bayi anda menangis untuk menarik perhatian anda sebagai orang tuanya.

Bilamana bayi anda menangis di malam hari karena merasa kesepian maka untuk mengatasinya anda hanya perlu menunjukkan wajah anda pada bayi anda, bila masih menangis maka anda bisa menghiburnya dengan mengeluarkan suara anda atau lakukan dengan sentuhan anda.

 

  • Ingin bergerak karena bosan

Bayi mudah bosan, meskipun anda sering menggendongnya dalam waktu yang lama namun ketika anda meletakkan bayi anda di tempat tidur maka bayi anda akan menangis untuk menarik perhatian anda.

Untuk mengatasi masalah ini maka anda harus menghilangkan rasa bosan bayi anda dengan mengajaknya bergerak, menggendongnya dan jika meletakkan si bayi di tempat tidur maka anda bisa merubah posisinya karena posisi tidur yang sama bisa membuat bayi anda merasa bosan.

 

  • Lapar menggendong bayi

Kebutuhan gizi bayi sangat tinggi sehingga bayi mudah merasa lapar dan jangan heran jika bayi anda bisa merasa lapar walaupun baru saja makan.

Jam makan bayi juga tidak bisa dipastikan karena dalam beberapa jam sekali si bayi bisa saja merasa lapar sewaktu-waktu termasuk di malam hari ketika anda sedang tertidur lelap dan di saat inilah si bayi akan menangis untuk menunjukkan bahwa dirinya sedang merasa lapar.

Untuk mengatasi hal ini anda disarankan untuk mencatat kebiasaan jam makan di malam hari bayi anda dan sebisa mungkin untuk menyiapkan jam alarm di saat menjelang tibanya kebiasaan jam makan malam bayi.

 

  • Popok bayi anda basah

Popok bayi yang basah bisa membuat bayi anda merasa tidak nyaman dan hal ini bisa membuat bayi anda menangis di malam hari.

Disarankan di malam menjelang tidur anda mengecek kondisi popok bayi anda apakah basah atau kering, dan jika memang ternyata popok bayi anda basah maka anda bisa segera menggantinya dengan popok baru yang kering untuk mencegah bayi anda menangis di malam hari.

 

  • Mimpi buruk

Ketika bayi anda memasuki usia 4 bulan maka dalam usia ini bayi anda memiliki beberapa kesamaan dengan orang dewasa sehingga bisa saja bayi anda mengalami mimpi buruk.

Mimpi buruk yang biasa muncul pada bayi yaitu berbagai kejadian yang muncul sepanjang hari yang telah dilalui oleh si bayi.

Contohnya yaitu pada saat anda sebagai orang tuanya sedang bersenda gurau dengan bayi anda lalu tiba-tiba karena ada keperluan penting maka anda mendadak harus meninggalkan bayi anda.

Tindakan ini akan membuat bayi anda merasa kecewa dan hal ini ternyata bisa menjadi mimpi buruk bagi bayi anda.

 

Walaupun bayi yang menangis di malam hari termasuk hal yang wajar namun sebagai orang tua anda harus ekstra waspada karena bisa saja tangisan bayi anda menunjukkan bahwa bayi anda mengalami masalah dengan kesehatannya.

Ciri-ciri tangisan bayi yang tidak normal adalah bayi akan menangis yang disertai dengan muntah, diare, demam, berat badan yang menurun drastis, nafsu makan yang hilang, tubuh bayi terlihat lesu dan tidak semangat.

Anda juga harus merasa khawatir jika suara tangisan bayi anda ternyata berbeda dengan suara tangisan seperti biasanya, misalnya nada tangisan menjadi lebih tinggi dari biasanya.

Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan maka ada baiknya jika anda segera memeriksakan bayi anda ke dokter terdekat bilamana ada hal-hal atau kondisi yang mencurigakan pada bayi anda.