Penyebab Dan Bahaya Dari Masalah Pada Lambung


kopi

kopi

Mungkin bagi sebagian orang menjalani hari-hari tanpa minum kopi rasanya seperti ada yang kurang. Kopi dipercaya mampu membuat tubuh lebih segar sehingga seseorang merasa lebih siap menjalani hari-harinya.

Namun, kopi juga memiliki dampak yang tidak baik bagi kesehatan. Salah satunya adalah dapat mengganggu system pencernaan khususnya lambung sehingga perlu adanya batasan untuk mengkonsumsi kopi.

Para ahli gastroenterology menjelaskan bahwa, kopi sebenarnya memang memberikan efek yang baik untuk tubuh, namun juga memiliki efek yang buruk bagi kesehatan organ pencernaan. Maka dari itu, kopi sebaiknya tidak dikonsumsi oleh orang-orang yang mengalami gangguan serta memiliki masalah pencernaan.

Menurut beberapa penelitian, konsumsi kopi akan menyebabkan masalah pada lambung seperti meningkatkan asam lambung serta menyebabkan gangguan motilitas pada lambung.

Karena memiliki dampak yang buruk untuk lambung, maka konsumsi kopi secara berlebihan akan meningkatkan resiko terjadinya sakit maag maupun GERD atau gastro esophageal reflux disease. Bahkan bagi orang-orang yang mengidap masalah lambung, konsumsi kopi akan memicu timbulnya gejala bahkan dapat memperparah penyakitnya.

gambaran asam lambung

gambaran asam lambung

Semakin

meningkatnya asam lambung akan menambah tingkat keaktifan asam lambung dalam merusak dinding lambung yang lemah karena adanya penyakit maag.

Akibatnya lambung akan rentan sekali mengalami peradangan. Peradangan lambung yang terjadi secara terus menerus lama kelamaan akan memicu munculnya kanker lambung.

Begitu juga dengan penyakit GERD yang disebabkan karena adanya kerusakan pada klep antara lambung dengan kerongkongan. Bila kadar asam lambung semakin meningkat, maka kemungkinan naiknya asam lambung ke bagian kerongkongan akan semakin sering terjadi. Naiknya asam lambung ke kerongkongan akan mengakibatkan munculnya rasa panas di bagian dada hingga rasa pahit pada bagian lidah.

Namun, bagi orang-orang yang tidak memiliki masalah pada lambungnya, konsumsi kopi tetap diperbolehkan. Asalkan sesuai dengan anjuran.

Mengkonsumsi kopi terbukti dapat memperpanjang umur karena adanya kandungan antioksidan yang baik sekali untuk kesehatan tubuh. Namun untuk orang yang memiliki masalah pada lambungnya sebaiknya jauhi kopi.

Untuk mendapatkan berbagai manfaat dari kopi untuk menunjang kesehatan, sebaiknya konsumsilah kopi tidak lebih dari 2 sampai 3 cangkir setiap hari. Untuk menghindari terjadinya nyeri lambung, sebaiknya jangan minum kopi ketika perut masih dalam keadaan kosong.

gejala GERD

gejala GERD

Peningkatan asam lambung yang terjadi dalam waktu lama nantinya akan menyebabkan kanker kerongkongan bila tidak segera dilakukan terapi untuk menekan peningkatan asam lambung.

Maka dari itu, pengidap gangguan lambung sebagi segera berobat ke dokter ahli serta menjalani pola hidup sehat, termasuk mengurangi konsumsi makanan yang mengandung lemak serta berolahraga secara rutin.

Bila kondisi seperti asam lambung yang naik ke kerongkongan tidak segera diobati, nantinya asam lambung akan menyebar serta memasuki organ tubuh yang lain, seperti paru-paru, yang nantinya akan menyebabkan batuk berkepanjangan, asma, suara serak serta sinusitis. Masalah yang paling buruk yang bisa terjadi dari penyebaran asam lambung adalah dapat memicu kanker.

Masalah pada lambung seperti GERD atau naiknya asam lambung ke kerongkongan sering tidak dapat dikenali oleh penderitanya. Gejala umum dari GERD adalah munculnya rasa panas seperti terbakar pada bagian belakang tulang dada, rasa asam atau pahit di mulut karena naiknya asam lambung ke kerongkongan serta nyeri pada bagian dada.

esophagitisNaiknya asam lambung ke kerongkongan atau esophagus dapat menyebabkan adanya peradangan pada kerongkongan yang dalam istilah kedokteran disebut esophagitis. Paparan asam lambung yang terjadi secara terus menerus akan menyebabkan terjadinya perubahan pada lapisan sel esophagus. Bila tidak segera ditangani serta diterapi nantinya akan menyebabkan terjadinya kanker tenggorokan.

GERD atau naiknya asam lambung ke kerongkongan terjadi karena klep antara lambung dengan kerongkongan tidak dapat berfungsi secara normal. Akibatnya, asam lambung yang seharusnya tetap berada di dalam lambung akan naik ke kerongkongan bahkan sampai masuk ke mulut.

GERD biasanya dialami oleh orang-orang yang berusia 20 sampai 40an karena adanya stress akibat beban pekerjaan yang tinggi serta gaya hidup yang tidak sehat, seperti kebiasaan merokok, kebiasaan minuman minuman beralkohol serta kebiasaan konsumsi kopi yang berlebihan.

Berbagai makanan yang mengandung lemak seperti daging merah, keju serta cokelat, dapat menyebabkan terjadinya proses pengosongan lambung berjalan lebih lambat. Dalam keadaan normal, makanan akan dicerna dalam 6 jam.

Selain itu, sebaiknya jangan biasakan diri untuk tidur setelah makan. Jika anda ingin tidur sebaiknya tunggulah sekitar 2 jam setelah makan.