Penyebab Dan Cara Mencegah Demam Kuning Secara Alami

penyebab dari demam kuning

penyebab dari demam kuning

Demam kuning merupakan sebuah penyakit hemorragik yang disebabkan oleh virus. Virus dari demam kuning ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti dan spesies nyamuk lainnya yang banyak ditemukan di tempat-tempat beriklim tropis dan subtropics.

Meskipun banyak ditemukan di negara-negara beriklim tropis dan subtropics, kasus dari demam kuning jarang sekali muncul di Asia. Virus penyebab demam kuning banyak ditemukan pada hewan primate serta beberapa spesies nyamuk.

Penyakit demam kuning diyakini berasal dari Afrika, kemudian mulai banyak terjadi di Amerika Selatan pada abad ke 16, karena adanya perdagangan budak dari Afrika. Pada abad ke 17, penyakit ini menjadi wabah yang sangat berbahaya di Amerika, Afrika serta Eropa. Pada abad ke 19, demam kuning telah dianggap sebagai salah satu penyakit menular yang sangat berbahaya.

virus demam kuning

virus demam kuning

Beberapa gejala dari demam kuning, meliputi demam, mual, serta nyeri. Gejalanya akan menghilang dengan sendirinya setelah beberapa hari. Pada beberapa pasien, virus dari demam kuning dapat menyebabkan kerusakan hati dan jaundis atau kulit menjadi berwarna kekuningan. Itulah mengapa penyakit ini disebut dengan nama demam kuning.

Kerusakan pada organ hati karena virus demam kuning dapat menyebabkan kematian secara mendadak. Selain itu, pengidap demam kuning juga akan mengalami kecenderungan pendarahan. Maka dari itu, demam kuning termasuk dalam kelompok demam hemorragik.

Cara yang paling baik dalam mencegah demam kuning adalah dengan menggunakan vaksin demam kuning yang sudah ada sejak pertengahan abad ke 20. Beberapa negara mengharuskan para turis untuk melakukan vaksinasi demam kuning.

Selain itu, ada peraturan yang mengharuskan untuk mengurangi populasi nyamuk yang mengangkut virus demam kuning. Pada tahun 1980-an, kasus penyakit demam kuning mengalami peningkatan.

Selain melakukan vaksinasi demam kuning, ada beberapa cara lain untuk mengurangi gejala dari penyakit demam kuning, seperti:

  • Minum air

Minum air akan ikut menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Hal ini penting sekali artinya dalam menjaga fungsi dari organ ginjal agar tetap normal dan juga dalam proses detoksifikasi hati. Cairan tubuh yang selalu terjaga akan ikut merangsang keluarnya keringat, yang nantinya akan mengurangi demam.

  • Mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi
makanan yang mengandung zat besi

makanan yang mengandung zat besi

Tekanan darah tinggi yang terjadi selama demam kuning, akan menekan pembuluh darah serta mengurangi pasokan oksigen ke semua organ tubuh kita. Maka dari itu, mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi akan memperbaiki masalah seperti ini. Zat besi nantinya akan meningkatkan jumlah sel darah merah serta memastikan tubuh kita mendapatkan pasokan oksigen yang memadai agar tubuh kita tetap berfungsi secara normal.

  • Capsicum

Capsicum termasuk dalam keluarga cabai dan paprika yang mengandung capsaicin. Capsicum telah terbukti mampu mengurangi gejala dari penyakit demam kuning. Hal ini mampu mengurangi tingkat kefatalan dari penyakit demam kuning. Demam kuning mampu menguras cadangan energy dalam tubuh, sehingga tubuh cepat kehabisan energy dan membuat penyakit ini tidak kunjung sembuh. Dengan mengkonsumsi capsicum, maka kekebalan tubuh akan meningkat dan pasokan energy akan tetap stabil, sehingga nantinya akan mempercepat proses kesembuhan dari demam kuning.

  • Catnip

Meskipun masih belum diketahui tentang mekanismenya dalam mempengaruhi demam kuning, catnip telah dipercaya mampu mengurangi sakit kepala, demam serta gangguan pencernaan. Mengkonsumsi the catnip mampu mengurangi gejala demam kuning sekaligus memperbaiki kondisi system pencernaan.

  • Fenugreek
fenugreek

fenugreek

Fenugreek juga dikenal sebagai obat alami dalam mengurangi gejala demam kuning. Mengunyah biji fenugreek maupun minum air seduhan biji fenugreek mampu mengurangi gejala dari demam kuning. Fenugreek telah lama digunakan dalam mengurangi demam, memperbaiki system pencernaan, gangguan usus serta mengurangi lendir berlebihan dalam saluran bronkial.

  • Umbi bawang putih

Bawang putih juga bisa digunakan dalam mengurangi gejala demam kuning. Bawang putih mampu mencegah hilangnya nafsu makan dengan cara merangsang hormone rasa lapar dalam tubuh. Selain itu, bawang putih juga ikut berperan dalam mengurangi tekanan darah tinggi yang terjadi karena demam kuning. Bawang putih juga ikut meningkatkan system kekebalan tubuh dan juga bersifat antivirus.

Belum ada obat yang bisa digunakan untuk mengobati demam kuning. Satu-satunya cara yang paling aman adalah dengan melakukan vaksinasi demam kuning. Bila anda akan melakukan perjalanan ke beberapa negara, sebaiknya lakukan vaksinasi demam kuning agar anda tidak mengalami demam kuning.