Penyebab Dan Cara Mengatasi Asam Urat

 asam urat

asam urat

Angka kasus kejadian penyakit asam urat kemungkinan lebih banyak daripada yang kita pikirkan. Pola makan masyarakat di jaman modern seperti sekarang ini kebanyakan kaya akan kandungan purin yang dapat meningkatkan resiko terjadinya asam urat. Maka dari itu, untuk mencegah penyakit asam urat bertambah parah, sebaiknya seseorang yang mengalami asam urat perlu untuk menjaga pola makannya sehari-hari.

Sebenarnya, asam urat merupakan salah satu bentuk dari penyakit artritis atau peradangan pada persendian. Penyakit asam urat menyebabkan munculnya rasa nyeri yang seketika pada bagian persendian terutama pada pergelangan kaki, lutut, jari-jari kaki maupun tangan. Namun kebanyakan kasus asam urat sering dirasakan pada bagian ibu jari kaki.

Penyakit asam urat disebabkan oleh adanya penumpukan atau akumulasi dari senyawa turunan protein purin. Ketika kita mengkonsumsi makanan yang mengandung purin, maka tubuh kita akan memecahkan kandungan purin yang masuk ke dalam tubuh kita. Namun, bila kita mengkonsumsi terlalu banyak purin, maka sisa-sisa metabolisme purin tadi akan disimpan dalam persendian sehingga menyebabkan rasa nyeri di persendian.

Dengan cara mengatur makanan yang kita konsumsi akan sangat baik sekali dalam hal mengelola rasa nyeri karena penyakit asam urat. Jadi, dengan menghindari konsumsi jenis makanan tertentu, rasa nyeri karena asam urat akan dapat kita hindari.

Berbagai jenis makanan yang memiliki kandungan purin tinggi, meliputi sirup jagung tinggi fruktosa, gula, bir, asparagus, kembang kol, bayam, lentil, kacang polong, daging merah serta daging ayam.

Namun anda tidak perlu khawatir, karena ada jenis makanan yang dapat mencegah rasa nyeri karena asam urat, seperti kopi, susu rendah lemak, karbohidrat kompleks serta jeruk.

Selain buah jeruk, ceri juga bisa kita konsumsi ketika anda merasa nyeri karena asam urat. Sebab, ceri dapat mengurangi peradangan atau inflamasi yang terdapat dalam tubuh kita, termasuk peradangan pada persendian karena asam urat.

Rasa nyeri yang ditimbulkan oleh asam urat dapat sangat mengganggu kenyamanan anda. Rasa nyeri yang timbul akibat asam urat umumnya dapat dihilangkan dengan konsumsi obat pereda nyeri. Namun, cara yang paling baik bukan hanya dengan mengkonsumsi obat pereda nyeri saja. Seharunya disertai dengan cara mencegah keparahan asam urat.

makanan kaya purin

makanan kaya purin

Seungguhnya masalah pegal linu, khusunya pegal linu di daerah persendian merupakan keluhan sehari-hari yang paling sering dialami oleh banyak orang. Kebanyakan para ahli kesehatan menyarankan untuk mengkonsumsi obat jenis parasetamol untuk meredakan rasa pegal linu biasa yang terjadi di persendian.Obat jenis parasetamol merupakan obat yang paling mudah didapat serta aman untuk mengobati rasa nyeri dan pegal karena asam urat.

Sebaiknya jangan konsumi jamu ketika anda merasa nyeri karena asam urat. Karena, kita tidak tahu kandungan yang terdapat dalam sebuah produk jamu. Ada beberapa produsen yang sengaja mencampur jamu yang diproduksinya dengan bahan-bahan kimia.

Agar terhindar dari rasa nyeri yang sangat karena asam urat sebaiknya anda mengurangi berat badan anda beberapa kilo. Sebab, resiko terserang asam urat juga akan semakin tinggi bila anda mengalami kelebihan berat badan.

Pola makan rendah lemak merupakan pola makan yang baik sekali untuk menurunkan berat badan anda yang berlebihan. Namun sebaiknya atur pola makan anda agar tetap ada kandungan kalori dan nutrisi lainnya secara seimbang. Sebab, pola makan yang rendah kalori justru akan meningkatkan resiko serangan asam urat. Akibatnya, penyakit asam urat akan datang kembali sewaktu-waktu.

Penyakit asam urat merupakan suatu kondisi dimana adanya peningkatan asam urat dalam darah kita. Asam urat merupakan hasil dari proses metabolisme purin yang kita dapat dari makanan maupun dari dalam tubuh kita sendiri .

Diet rendah purin merupakan cara yang tepat untuk mengendalikan produksi asam urat dalam tubuh kita serta dapat membantu proses pengeluaran asam urat dengan lebih optimal dari tubuh kita.

Pola makan yang rendah purin bagi pengidap penyakit asam urat tentu saja harus memperhatikan angka kecukupan energi serta jenis nutrisi yang terkandung dalam makanan yang dikonsumsi, agar tubuh kita tetap dapat bekerja serta beraktivitas seperti biasa.

Dalam makanan kita sehari-hari, jumlah purin yang mauk ke dalam tubuh melalui makanan yang kita konsumsi sekitar 600 sampai 1000 mg per hari. Diet rendah purin hanya memperbolehkan seseorang untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung purin sebesar 100 sampai 150 mg per hari.

Cara yang paling mudah dalam mengatai masalah asam urat, adalah sebagai berikut:

  • Hindari makanan yang kaya akan purin, meliputi jerohan, roti manis, daging merah, daging ayam, kepiting, lobster, udang, kerang, scallop serta ikan kecil seperti hering, teri maupun sarden.
  • Batasi konsumsi makanan yang mengandung purin dalam jumlah sedang. Makanan yang mengandung purin sedang, meliputi kol, lentil, asparagus, jamur, pisang, bayam, nangka, jagung manis, tauge serta buah-buahan yang dikeringkan.

    makanan rendah purin

    makanan rendah purin

  • Konsumsi makanan yang rendah purin, meliputi pasta, mie, kopi, cereal, susu, yoghurt maupun keju.
  • Kurangi konsumsi lemak jenuh. Lemak jenuh akan menurunkan kemampuan tubuh kita dalam proses mengeluarkan asam urat.
  • Batasi serta jauhi konsumi alkohol, bir maupun makanan yang mengandung ragi.
  • Minum air putih dalam jumlah yang cukup untuk membantu tubuh kita mengeluarkan asam urat.